Manfaat Bengkoang : Kandungan Gizi, Serba Serbi

Diposting pada

Manfaat Bengkoang – Hai sobat ruangbimbel.co.id. di artikel sebelumnya kita sudah membahas artikel mengenai Manfaat Asam Jawa. maka kali ini kita bakal membahas artikel mengenai Manfaat Bengkoang. Nah langsung aja yuk simak artikel ini beserta ulasan lengkapnya dibawah ini.

Manfaat Bengkoang

Daftar Isi

Bengkuang

Bengkuang termasuk jenis umbi – umbian yang mempunyai rasa yang manis dan segar, serta memiliki kandungan air yang cukup banyak. Bentuknya bulat dan meruncing pada ujungnya.s ekilas kalau kita lihat dari luar buah ini kurang terlihat begitu menarik. Tetapi begitu sudah dikupas kulitnya, terlihat daging buah berwarna putih seperti air susu (mungkin karena itu juga orang jawa menyebutkan dengan nama besusu) dengan tekstur menyerupai buah pir. Bengkuang sering dijadikan bahan campuran membuat rujak atau es buah. Namun untuk saat ini, bengkuang juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan produk kosmetik karena bisa berfungsi menghaluskan kulit. Berikut beberapa manfaat lain bengkuang.

  1. Melembapkan dan menghaluskan kulit
  2. Menurunkan kadar kolesterol darah
  3. Membantu menghambat terjadinya kanker,
  4. Membantu mengatasi diare
  5. Mengatasi penyakit ginjal dan empedu,
  6. Mempercepar penyembuhan kulit yang terkena luka bakar,
  7. Kandungan sertanya bisa memperlancar sistem pencernaan.

Kandungan Gizi dan Fitokimia Bengkuang

Bengkuang termasuk dalam kategori buah – buahan yang memiliki kandungan nutrisi cukup tinggi. Meskipun buah bengkuang tidak mengandung vitamin A, tetapi kandungan vitamin C nya cukup tinggi. Hal ini saja sudah dapat memberikan nilai pluas pada bengkuang karena kadar vitamin C yang sangat berperan dalam menetralisir radikal bebas. Apalagi ditambah dengan kandungan protein dan kalsiumnya. Berikut beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam bengkuang.

  1. Energi
  2. Protein
  3. Lemak
  4. Kalsium
  5. Kalium
  6. Fosfor
  7. Zat besi
  8. Seng
  9. Vitamin C
  10. Serat

Serba – serbi Bengkuang

Bengkuang adalah salah satu umbi yang banyak mengandung air. Dalam 100 gram  bengkuang mengandung sekitar 85 gram air. Dengan kandungan air yang cukup besar, menyatap bengkuang akan memberi sumbangan kalori dan tidak berpotensi untuk meningkatkan indeks Glikemik.

Warga dusun suka cinta, kelurahan atung bungsu, kecamatan Dempo Selatan menemukan buah bengkuang raksasa pada tanggal 27 September 2012. Pada umumnya, berat bengkuang maksimal mencapai 5 kg. Namun, bengkuang raksasa ini memiliki tinggi 40 cm dan lebar 36 cm serta berat 25 kg.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih