Macam – Macam Vaksin

Diposting pada

Macam Macam Vaksin – Dalam keadaan suatu Negara yang tidak sehat saat ini, tentu saja, kita sering mendengar istilah vaksin, yang sering kita dengar di media cetak, radio, elektronik dan internet.

Namun, masih banyak dari kita yang bahkan tidak tahu apa itu vaksin. Vaksin apa yang digunakan? dan apa saja tipenya?

Untuk membantu Anda mengetahuinya, Rangbimbel.co.id akan menjelaskan vaksin lengkapnya kepada Anda. Mari kita simak diskusi berikut ini …

Definisi Vaksin

Yandito BLOG: MACAM-MACAM VAKSIN UNTUK UNGGAS

Vaksin ialah sebuah zat atau senyawa yang dirancang untuk membuat sistem kekebalan atau sistem kekebalan yang kebal terhadap sejumlah penyakit.

Pada prinsipnya, vaksin dibuat dari bahan yang berbeda, contohnya racun, bakteri dan virus yang menyebabkan berbagai penyakit dan yang telah terbunuh di masa lalu.

Ketika vaksin ditambahkan ke tubuh manusia, itu merangsang sistem kekebalan untuk menghasilkan antibodi. Proses pembuatan antibodi disebut imunisasi.

Maka gejala umum yang timbul dalam tubuh setelah vaksin diberikan adalah demam dan peningkatan suhu tubuh. Ini terjadi dalam bentuk respons alami tubuh terhadap pengangkutan benda asing dan proses membangun kekebalan untuk mencegah penyebaran virus.

Baca Juga Macam – Macam Sendi

Macam – Macam Vaksin

Setelah diskusi di atas, yang terbaik adalah mengetahui vaksin untuk orang dewasa dan anak-anak yang termasuk:

1. Vaksin Polio

Polio adalah jenis vaksin yang biasanya diberikan untuk mencegah penyebaran polio. Vaksin polio ini disuntikan selama empat kali kepada bayi secara bertahap pada usia 0, 2, 3 tahun sampai 4 bulan.

Pada umumnya ada 2 jenis vaksin polio, contohnya vaksin yang mengandung virus polio tidak aktif, yang kemudian disuntikkan ke dalam tubuh dengan injeksi dan beberapa diberikan secara oral.

2. Vaksin Pneumonia

Pneumonia adalah pneumonia yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus. Bakteri ini menyebar ke pernapasan bagian bawah dan ditransmisikan melalui udara, contohnya ketika Anda batuk, bersin sampai Anda berbicara.

Serangan pneumonia jauh lebih rentan terhadap orang di bawah usia 60 tahun atau orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah.

3. Vaksin Influenza

Influenza ialah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menginfeksi saluran pernapasan. Tujuan pemberian vaksin influenza adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit ini.

Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), penyebaran vaksin influenza ialah bentuk atau cara paling mudah atau cepat untuk mencegahnya tersebarnya virus flu. Vaksinasi diberikan dalam setahun sekali untuk mencegah serangan dan penyebaran influenza secara efektif.

4. Vaksin HPV

Kanker serviks atau HPV adalah kanker yang disebabkan oleh infeksi yang disebabkan oleh human papillomavirus yang menyebar melalui kontak seksual.

untuk disarankan supaya vaksin ini diberikan sebelum hubungan seksual, karena pemberiannya lebih awal dapat menumbuhkan efektivitas vaksin dalam mencegah kanker serviks.

Vaksin HPV dapat diberikan kepada wanita berusia 11 hingga 12 tahun. Maka vaksin ke 2 dapat diberikan 1 hingga 2 bulan setelah vaksin pertama. Vaksin ke 3 dapat diberikan enam bulan setelah vaksin HPV pertama.

5. Vaksin Hepatitis A

Hepatitis A adalah penyakit akut yang disebabkan oleh virus hepatitis A, yang ditularkan dari feses pasien. Penyakit ini dikenal biasanya menyerang anak-anak, tetapi vaksinnya juga harus diberikan setiap 10 tahun.

6. Vaksin Hepatitis B

Hepatitis B adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B yang menyebabkan peradangan hati akut atau kronis.

Namun dalam kasus ini lainnya, virus ini menimbulkan memicu kanker hati atau disebut juga sirosis. Vaksin untuk penyakit ini disuntikan diberikan saat lahir, tetapi bisa diberikan setiap 6 bulan.

7. Vaksin MR

MR atau kependekan dari campak-rubella adalah penyakit yang terinfeksi dengan infeksi virus pada saluran udara. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang cukup diperhatikan contohnya pneumonia, ensefalitis, diare, kebutaan, dan bahkan kematian.

Tidak ada obat pasti untuk campak dan rubella, tetapi penyakit ini masih bisa dicegah dengan vaksinasi. Vaksinasi dengan vaksin MR adalah pengobatan yang efektif untuk mencegah ke 2 penyakit.

F.A.Q

Sebutkan Apa itu Vaksin?

Vaksin ialah suatu zat atau senyawa yang dirancang untuk membangun sistem kekebalan atau sistem kekebalan yang kebal terhadap sejumlah penyakit.

Mengapa Vaksin sangat penting bagi tubuh?

Karena vaksin ialah suatu zat yang bisa pergunakan untuk pencegahan penyebaran berbagai penyakit dan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Apakah Tindakan pemberian Vaksin disebut?

Vaksinasi ialah pemberian vaksin kepada seseorang dengan cara disuntikkan atau diteteskan ke mulut.

Demikianlah artikel  diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih

Artikel di bawah ini refrensi siapa tau ada yang diluar yang lainnya.