Macam – Macam Sendi

Diposting pada

Macam Macam Sendi – Tubuh manusia dewasa biasanya memiliki organ yang sangat kompleks yang terdiri dari 206 tulang yang dihubungkan dari tulang rawan (hialin, serat, dan elastin), ligamen, otot, dan banyak sendi.

Pada pembahasan yang kali ini, Ruangbimbel.co.id membahas berbagai sendi yang membantu menghubungkan tulang manusia sehingga mereka dapat bergerak.

Sendi adalah bagian dari organ dalam tubuh yang bertindak sebagai penghubung antara tulang dan lainnya sehingga orang dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Maka dari itu, fungsi atau kegunaan dari sendi ini ialah memberikan kelenturan supaya bisa bergerak bebas serta gerakan pada posisi dan anggota tubuh.

Macam – Macam Sendi

SISTEM GERAK. - ppt download

Di bawah ini terdapat beberapa kelompok atau kategori dari sendi yang ada di dalam tubuh manusia. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing kategori Sendi, yaitu :

Berikut ini ialah salah satu kelompok atau kategori persendian dalam tubuh manusia. Berikut ini ialah pembahasannya dari tugas atau fungsi kategori umumnya, ialah :

Baca Juga Fungsi Amiloplas

1. Sendi Berdasarkan Sifat

Secara alami, sambungan atau sendi di bagi beberapa bagian sesuai jenisnya, termasuk :

  1. Syninarthrosis atau persendian yang mati bertanggung jawab atas hubungan antara 2 tulang atau lebih, tetapi mereka tidak menciptakan gerakan secara otomatis. Contoh persendian yang mati adalah persendian di tulang – tulang tengkorak yang disebut jahitan dan gomfosis (menghubungkan gigi dan tengkorak).
  2. Amphiarthrosis atau sendi kaku bertanggung jawab untuk hubungan antara 2 tulang atau lebih dan memungkinkan gerakan, bahkan sampai batas tertentu. Jenis sendi ini biasanya terjadi di vertebra dan juga di pub simfisis tulang pinggul.
  3. Artritis atau gerakan sendi ialah jenis persendian yang dapat digerakkan secara bebas dan juga bebas. Sendi ini juga disebut sinovial. Karena ada cairan dalam sendi yang disebut fluida sendi yang bertindak sebagai pelumas. Cairan ini memungkinkan sendi bergerak.

2. Sendi Berdasarkan Arah Gerak

Berdasarkan arah gerakan, sambungan dibagi menjadi beberapa jenis, termasuk:

  1. Sendi engsel adalah jenis sendi yang terhubung antara 2 tulang yang memungkinkan tulang membuat arah maju atau mundur. Contohnya, ialah sendi lutut, siku dan sendi yang terletaknya di antara ruas jari.
  2. Sendi peluru (bullet joints) ialah jenis sendi yang tugasnya tulang bergerak ke segala arah. Sebagai contoh, sendi terletak di antara tulang paha dan panggul dan juga di ujung lengan.
  3. Rotating joints (rotating joints) adalah jenis sambungan yang tugasnya tulang untuk bergerak di sekitar tulang lainnya dalam satu sumbu. Sebagai contoh, sendi terletak di tulang tengkorak dengan atlas dan jahitannya juga di siku dengan leverage.
  4. Sliding joints (sambungan geser) adalah jenis sambungan yang tugasnya tulang pipih bergerak ke tulang lainnya. Contohnya, seperti persendian intercarpal yang menghubungkan beberapa tulang yang ditemukan di pergelangan tangan.
  5. Sendi pelana adalah jenis sendi yang tugasnya tulang melakukan 2 gerakan tegak lurus. Contohnya, itui persendian di tulang tumit dan juga di tibia.

3. Sendi Berdasarkan Jangkauan Gerak

Melihat strukturnya, sambungan dibagi menjadi beberapa jenis, termasuk:

  1. Sendi berserat ialah jenis persendian yang terbuat dari serat kolagen, untuk sebagian besarnya persendian berserat tidak bisa bergerak, dikarenakan jarak dari tulang sangat terpisah dari lapisannya jaringan ikat berserat. Contohnya, sambungan jahitan yang letaknya di bagian tulang tengkorak.
  2. Sambungan ekspansi (tulang rawan) ialah bagian dari jenis sambungan dengan arah gerakan yang sangat terbatas. Sendi ini terhubung sama tulang rawan hialin. contohnya, seperti iga.
  3. Sendi sinovial (sendi) ialah bagian dari jenis sendi yang arah pergerakannya sangatlah bebas atau gratis. Sendi ini adalah yang paling umum di tubuh manusia. Contohnya, ialah siku, lutut, bahu, pinggul dan sendi lainnya.

F.A.Q

Sebutkan Apa itu Sendi ?

  • Sendi ini bagian dari atau organ tubuh manusia yang bertanggung jawab untuk terhubungnya tulang ke tulang lainnya sehingga bisa bergerak.
  • Dislokasi sendi adalah suatu dimana kondisi seperti ini sendi dipindahkan ke lokasi yang salah, dan biasanya kondisi ini dapat terjadi pada setiap sendi.

Gangguan apa yang bisa menyerang persendian?

1. Inflamasi

2. Degeneratif

Demikianlah artikel  diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih

Artikel di bawah ini refrensi siapa tau ada yang diluar yang lainnya.