Konflik Sosial : Pengertian, Penyebab, Jenisnya

Diposting pada

Konflik Sosial – berasal dari bahasa Latin “configure”, yang berarti saling memukul. Berbicara secara sosiologis, konflik adalah proses sosial (perbedaan) antara dua atau lebih orang (bisa jadi kelompok) di mana satu pihak berusaha untuk menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkan atau membuat mereka tidak berdaya.

Konflik dipicu oleh perbedaan karakteristik yang membawa individu ke dalam interaksi. Perbedaan-perbedaan ini termasuk karakteristik fisik, kecerdasan, pengetahuan, adat istiadat, kepercayaan, dll.

 Baca Juga  Faktor Pendorong Terjadinya Perubahan Sosial Budaya 

Perbedaan ini dapat berbentuk perselisihan fisik atau bahkan non-fisik yang biasanya berkembang dari perselisihan non-fisik hingga konflik fisik yang mungkin atau mungkin tingkat rendah atau sebagian kecil atau yang tidak menggunakan kekerasan (tidak – kekerasan) .

Pengertian Menurut para Ahli

  • Menurut James W. Vandeer Zanden.

Dalam bukunya Sociology, konflik diartikan sebagai suatu pertentangan mengenai nilai atau tuntutan hak atas kekayaan, kekuasaan, status atau wilayah tempat yang saling berhadapan, bertujuan untuk menetralkan, merugikan ataupun menyisihkan lawan mereka

  • Menurut Zeiin “2001”.

Menurutnya konflik adalah :

  1. Sebuah perdebatan atau pertandingan untuk memenangkan sesuatu.
  2. Ketidak setujuan terhadap sesuatu, argumentasi, pertengkaran atau perdebatan.
  3. Perjuangan, peperangan atau konfrontasi.
  4. Keadaan yang rusuh, ketidakstabilan gejolak atau kekacauan.

·        Definisi Konflik Menurut Nardjana (1994)

Konflik adalah akibat situasi dimana keinginan atau kehendak yang berbeda atau berlawanan antara satu dengan yang lain, sehingga salah satu atau keduanya salingterganggu

·        Menurut Stoner

Konflik organisasi adalah mencakup ketidaksepakatan soal alokasisumberdaya yang langka atau peselisihan soal tujuan, status, nilai, persepsi, atau kepribadian.(Wahyudi, 2006:17)

Penyebab Konflik

konflik sosial dan budaya
  • Perbedaan individu, yang meliputi perbedaan pendirian dan perasaan.
  • Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda.
  • Perbedaan kepentingan
  • Perubahan-perubahan nilai yang terjadi didalam masyarakat

Jenis Jenis Konflik

jenis-jenis konflik
  • Konflik pribadi

Konflik pribadi adalah konflik yang muncul antara individu dengan individu atau dengan kelompok masyarakat. Jenis konflik ini sangat umum di keluarga, teman, dunia kerja dan lain-lain.

Baca Juga Pengertian Globalisasi: Definisi, Faktor Penyebab, dan Dampak

  • Konflik antar Ras

konflik ras adalah konflik antara suku atau lainnya. Konflik rasional muncul ketika setiap suku merasa unggul dan memprioritaskan kepentingan kelompoknya sendiri.

  • Konflik antar agama

Konflik agama adalah konflik antara kelompok dengan agama dan kepercayaan yang berbeda. Kebanyakan orang melihat agama sebagai panduan dan cara hidup yang harus diikuti.

  • Konflik antar kelas sosial

Pengelompokan kelas di komunitas dapat menyebabkan konflik. Penyitaan dan upaya untuk mempertahankan peran dan status dalam kelompok masyarakat sering kali mengarah pada konflik.

  • Konflik politik

Konflik politik adalah konflik yang muncul dari berbagai pandangan dalam kehidupan politik. Konflik ini muncul karena masing-masing kelompok ingin memerintah sistem pemerintahan. Konflik politik adalah konflik yang sering terjadi sesaat sebelum pemilihan.

  • Konflik sosial

Konflik sosial adalah konflik yang terjadi dalam kehidupan sosial masyarakat. Misalnya masalah sosial, masalah ekonomi, komunikasi dan lain-lain

  • Konflik Internasional

Konflik internasional adalah konflik antar negara di dunia.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih