Fungsi Sentriol Adalah : Pengertian, Tokoh, Alat dan Struktur

Diposting pada

Fungsi Sentriol Adalah – Pada artikel sebelumnya, kami menggambarkan fungsi lisosom. Oleh karena itu, kami akan mengambil kesempatan ini untuk menggambarkan fitur yang berisi tautan ke fungsi lisosomal artikel, fungsi inti.

Apa yang dimkasud dengan Sentriol?

Kami akan meninjau Centriol berdasarkan pertanyaan di atas. Mungkin Anda sudah tahu dan mengerti Centriol. Namun, tidak dapat disangkal bahwa banyak dari Anda yang belum mengetahui dan memahami centrosome masih ada.

Oleh karena itu, artikel ini ditujukan bagi mereka yang tidak tahu dan mengerti centrosom. Mari kita simak bersama-sama centrosom berikut ini.

Pengertian Sentriol

Centriol ialah bagian dari organel yang terdiri dari dua mikrotubulus. Setiap komponen Centrior terdiri dari sembilan mikrotubulus. Dalam bentuk yang sama, ada tiga silinder serupa (silinder) yang terbentuk dari tubulin, dan sebagian besar sel sentriol ditemukan dalam sel eukariotik.

Dalam dua sentriol di atas, mereka diatur pada sudut yang tepat satu sama lain. Sel-sel centriol ini efektif dalam pembelahan sel dan pembentukan psyllium dan flagella.

Sel-sel centriol juga merupakan pengembangan dari centrosome, pusat sel, dari daerah sitoplasma di sebelah nukleus. Tanaman Centriol ditemukan pada gamet jantan charophytes, bryophytes, tanaman vaskular tanpa biji, sika deer dan ginkgo. Centriol tidak terjadi pada tanaman vaskular dengan biji, bunga, dan jamur.

Baca Juga Daur Biogeokimia : Pengertian, Jenis, Siklus

Tokoh Penemu Sentriol

Penemuan keberadaan centrosome dan centrosome, mekanisme yang berfungsi sebagai organ utama pembelahan sel centriol, pertama kali ditemukan pada tahun 1888 oleh seseorang bernama Theodor Boveri.

Dia adalah ilmuwan kehidupan Jerman. Theodor Boveri lahir pada 12 Oktober 1862 dan meninggal pada 15 Oktober 1915. Theodor Boberg mengusulkan teori pertama bahwa kanker terjadi karena kesalahan yang terjadi selama pembelahan sel.

Dimulai dengan sel-sel yang terdiri dari kromosom dan kemudian berubah secara acak menjadi telur orak, membuat pembelahan sel di luar kendali. Bertahun-tahun telah berlalu, terlepas dari teori Theodor Boveri, di mana banyak yang menolaknya pada saat itu.

Belakangan, kelompok ilmuwan kehidupan lain menyelidiki teori Theodor Boveri. Salah satunya adalah Thomas Hunt Morgan, yang karyanya membuktikan teori Theodor Bobelli benar.

Alat dalam meniliti Sentriol

Ketika Anda memeriksa objek, tentu saja, Anda memerlukan alat yang berguna untuk penelitian. Berikut ini adalah deskripsi alat yang digunakan dalam penelitian centriol.

  • Alat yang digunakan dalam penelitian Sentriol: mikroskop elektron dan mikroskop cahaya.
  • Mikroskopi elektron adalah sistem untuk menciptakan bayangan dan memiliki resolusi tinggi (0,1 nm).
  • Namun dalam praktiknya, resolusi 1 nm tidak cukup untuk diseksi jaringan.
  • Alat ini dapat menawarkan pembesaran hingga 400 kali lebih tinggi daripada dengan mikroskop optic
  • Di bawah mikroskop cahaya, dua sentriol muncul sebagai titik subduksi dalam sitoplasma padat, yang disebut centrosome.
  • Namun, dengan bantuan mikroskop elektron, setiap sentriol terlihat seperti silinder pendek dan kosong.

Silinder adalah 400 nm atau 0,3-0,7 mikron panjang, 150 nm atau 0,15-0,25 mikron (atau 0,8-0,16 mikron dalam beberapa kasus) dengan sudut vertikal tunggal.

Baca JUga Hidrokarbon Adalah – Pengertian, Kegunaan, Tata Nama dan Contoh Senyawa

Struktur Sentriol

Centrosome organel memiliki elemen struktural yang perlu Anda ketahui sehingga Anda dapat memahaminya. Struktur berikut ditemukan dalam sentriol organ:

Di dalam organel ada sel tunggal dengan sepasang sentriol tersusun saling tegak lurus. Organel ini berbentuk seperti tabung (kolom) dan memiliki kerangka mikrotubulus yang tersusun secara radial.

Mikrotubulus terdiri dari tiga frame (triplet), dan setiap sentriol memiliki sembilan frame triplet. Bingkai triplet kesembilan ditutup oleh matriks tebal. Bingkai dan matriks berada di salah satu ujung tubuh pusat dan berbentuk seperti gerobak dorong.

Centriol berdiameter 0,15 μm, panjang 0,3-0,5 μm, dan lebar 0,2 μm, membentuk spindel untuk memisahkan kromosom.

Mikrotubulus diklasifikasikan menjadi tiga mikrotubulus paralel. Dinding pusat dibentuk oleh sembilan kelompok jenis ini, masing-masing kelompok cenderung dan bukan tegak lurus terhadap inti tabung.

Masing-masing dari sembilan kelompok triplet sentriol terdiri dari tiga subunit mikrotubulus, yang kemudian disebut sebagai subunit A, B dan C. ), Diameter masing-masing kapiler adalah 200-260 subunit Å.

Substruktur tabung A, B dan C sama dengan semua substruktur lainnya. Artinya, substruktur A dari satu triplet adalah sama, dan seperti pada subunit B dan C, substruktur A dari triplet lain adalah sama.

Fungsi Sentriol

Centriol organel memainkan peran penting dalam kehidupan di dunia ini. Termasuk:

  • Organel centriol memainkan peran penting dalam pembentukan berbagai struktur seluler yang terdiri dari mikrotubulus, dan dalam pembelahan sel, psyllium, flagella, dan sel koil mitosis dalam beberapa garis sel khusus. B. Sperma filamen aksial. Ini memiliki komposisi 9 + 2 mikrotubulus seperti yang terlihat di centrosome. Fungsi Sentriol Adalah
  • Centriol organel juga berfungsi sebagai dasar untuk pembentukan silylia. Karena tubuh basal berada di lamina basal di bagian atas dan menghadap permukaan sel, strukturnya sedikit berbeda dari sentriol.

Dalam organel motorik ini, sentriol bertindak sebagai badan basal atau kinetosom. Fungsi Sentriol Adalah

Baca Juga Fungsi Lisosom : Pengertian, Pembentukan, Proses, Klasifikasi

Dan lokasi struktur ini berada di bagian bawah psyllium atau flagella, dari mana centrosome yang menghasilkan psyllium atau flagella, centrosome dikenal sebagai tubuh basal atau bertindak sebagai tubuh basal. Nama lain untuk tubuh basal adalah kinetosom, brephalopras, butiran basal, badan basal dan sentriol proksimal.

Demikianlah artikel Fungsi Sentriol Adalah diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih