Daur Hidup Hewan : Cara dan Peliharaannya

Diposting pada

Pernahkah Anda melihat telur ayam atau telur ular? Anak ayam dan anak ayam ular yang berasal dari telur tetas memiliki bentuk tubuh seperti ibu.

Bagaimana dengan kupu-kupu, nyamuk, dan katak? Kupu-kupu, nyamuk, dan katak memiliki bentuk tubuh yang berbeda dari induknya. Seekor kupu-kupu adalah ulat, nyamuk adalah larva, dan katak baru saja menetas.

Kupu-kupu, nyamuk, dan katak akan memiliki bentuk yang sama dengan induknya setelah mereka mengalami proses deformasi. Proses perubahan bentuk pada hewan-hewan ini disebut metamorfosis.

Daur Hidup Hewan

Metamorfosis Sempurna dan Metamorfosis Tidak Sempurna

Ada dua jenis metamorfosis dalam pertumbuhan hewan: metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis ideal pada serangga selalu melewati fase kepompong (murid). Misalnya, serangga, kupu-kupu, nyamuk, dan lalat. Pada saat ini serangga tidak mengalami kepompong metamorfosis. Misalnya belalang dan naga.

Selain itu, pada bayi dengan metamorfosis sempurna, bentuk bayi yang baru lahir sangat berbeda dengan ibu. Hanya setelah melewati tahap kepompong formulir akan tetap sebagai orangtua. Sementara itu, pada bayi dengan metamorfosis sempurna, bentuk bayi yang baru lahir mirip dengan ayah mereka.

Tahapan Daur Hidup Beberapa Hewan

Daur Hidup Kupu-Kupu

Pernahkah Anda menemukan ulat hijau di atas daun jeruk? Pernahkah Anda melihat dua kupu-kupu terbang di sekitar pohon jeruk? Satu kupu-kupu berwarna hitam dan yang lainnya hitam dan putih. Penampilan, warna dan lapisan larva pada dasarnya berbeda dari kupu-kupu. Apakah Anda pikir ulat itu akan berubah menjadi kupu-kupu? Tahukah Anda bahwa ada kelapa yang bisa dijadikan zat?

Kehidupan kupu-kupu dimulai dengan telur. Telur-telur itu menetas menjadi ulat. Kemudian larva berubah menjadi kepompong. Akhirnya kepompong berubah menjadi kupu-kupu. Ngengat itu muncul lagi. Dan sebagainya. Langkah-langkah dimana organisme hidup terus berjalan disebut siklus hidup. Perubahan bentuk atau adaptasi terjadi selama siklus hidup kupu-kupu.

 Baca Juga Alat Indra Manusia : Fungsi dan Merawatnya

Daur Hidup Katak

Metamorfosis katak sangat unik dan melewati tiga tahap: telur, berudu dan katak dewasa. Katak bertelur di air. Anda dapat melihat bahwa telur katak terlipat dalam air karena keberadaan lendir, seolah-olah mereka terhubung. Selain itu, telur menetas menjadi berudu atau berudu yang terlihat seperti ikan.

Setelah beberapa saat, kecebong memiliki kaki belakang, kemudian pijakan depan mengikuti. Berudu semacam ini disebut berudu dengan kaki dan ekor. Setelah beberapa hari, ekor kecebong dikompresi dan kemudian menghilang. Pada akhirnya, berudu berubah menjadi katak yang menjadi dewasa.

Daur Hidup Lipas (Kecoa)

Kecoak juga berkembang biak dengan bertelur. Telur kecoak ditetaskan oleh induk jantannya setelah pembuahan. Telur terjebak dalam kecoak muda.

Bentuk kecoa muda tidak jauh berbeda dengan bentuk kecoa dewasa. Perbedaannya adalah kecoak muda itu bukan sayap. Selain itu, orang dewasa dengan sayap kecoa muda tumbuh kecoak. Kecoak bertelur setelah dewasa. Dan sebagainya.

Daur Hidup Capung

Capung adalah serangga, suatu metamorfosis yang tidak lengkap melalui berlari. Metamorfosis pada capung tidak melewati tahap kepompong. Ketika seekor capung betina bertelur, ia akan menyimpan telurnya di dalam air. Capung dengan lebih dari 100 telur kemudian menetas menjadi larva. Larva juga melepaskan kulit mereka dan berubah menjadi capung muda (nimfa). Nimfa hidup di air dan memakan hewan kecil. Sebagai orang dewasa, nimfa terbang keluar dari air dan berubah menjadi capung dewasa.
Beberapa contoh metamorfosis yang dijelaskan di atas menunjukkan bahwa selain perubahan bentuk, pembesaran juga terjadi pada setiap tahap. Proses ini disebut pertumbuhan dan perkembangan.

Cara Merawat dan Memelihara Hewan Peliharaan

Hewan membutuhkan perawatan khusus. Hewan juga perlu makan dan minum secara teratur. Banyak hewan peliharaan mati karena salah urus. Semua hewan membutuhkan jenis pakan tertentu. Berikut adalah beberapa contoh cara memelihara hewan peliharaan.

Memelihara Kelinci

Kelinci, termasuk hewan yang mudah dirawat. Apakah Anda memegangnya? Pertama, persiapkan kotak bekas dengan panjang 120 cm, lebar 80 cm, dan tinggi 60 cm. Kemudian buat kandang kelinci berdasarkan ciptaan Anda sendiri. Tapi ingat, kelinci adalah hewan yang suka bermain dan berlari-lari.

Karena itu, perlu disediakan sedikit ruang untuk bermain dan berlari. Tempat harus ditutup dengan kawat. Pagar berguna untuk mencegah kelinci melarikan diri dan hewan lain memasuki area tersebut.

Makanan dan minuman kelinci harus disediakan secara teratur. Ini untuk mencegah rasa lapar dan haus. Makan kelinci seperti sayuran, terutama wortel.

Kandang juga harus tetap bersih. Kandang yang bersih mencegah kelinci jatuh sakit. Selain itu, kandang yang dibersihkan secara teratur tidak menimbulkan bau tidak sedap dan dapat mengganggu lingkungan.

Memelihara Ayam

Ayam adalah jenis hewan yang dijinakkan oleh manusia. Cara memelihara ayam dengan sistem baterai sehingga hanya ada satu ayam di setiap umur kandang.

Kandang ayam dapat dibuat dari kayu atau bambu dan dibungkus atau ditumpuk di sisinya. Ukuran setiap plot adalah sebagai berikut.

  • Panjang : 1,5 m (150 cm)
  • Lebar       : 0,8 m (  80 cm)
  • Tinggi      : 0,6 m (  60 cm)

Kandang ayam sebaiknya menghadap ke timur agar bagian dalam kandang dapat terkena sinar matahari pagi.

Dasar dan dinding teluk harus terbuat dari kain kasa atau bambu. Bambunya sekitar. Potong menjadi celah bambu selebar 2 cm. Bilah bambu kemudian dipaku. Jarak antara pedang sekitar 1,5 cm sehingga tikus dan hewan lain tidak bisa masuk kandang.

Dinding depan sangkar terbuat dari bilah bambu selebar 2 cm dan selebar 3 cm dari bilah bambu lainnya. Sudah cukup untuk masuk dan keluar dari kepala penis. Bagian dari dinding depan dibuat untuk didorong atau dibuka. Dinding depan akan digunakan sebagai semacam pintu, cara yang berguna untuk masuk dan mengeluarkan ayam.

Wadah makanan dan minuman ayam digantung di kandang. Tempatnya sangat tinggi, sekitar 3 cm di atas badan ayam. Ini mencegah kaki ayam menurunkan wadah makanan, sehingga mengurangi jumlah makanan dan minuman yang diukur. Kebersihan esensial harus selalu dijaga agar ayam tetap sehat. Baki pria dapat terbuat dari seng atau kayu, yang dapat dipotong jika kotoran dihilangkan.

Plastik juga perlu disiapkan. Tujuannya adalah untuk menutupi teluk di malam hari, hujan dan angin. Perhatikan bahwa ventilasi harus di atas kandang. Oleh karena itu, penggabungan plastik harus dikontrol sehingga katup udara tidak ditutup dengan plastik sehingga ayam terus menerima udara segar. Mintalah bimbingan guru Anda sebagai orang tua.

Memelihara Burung Merpati

Merpati termasuk spesies yang paling rentan. Merpati membutuhkan kandang dan mata sekaligus. Makanannya adalah nasi standar, dll., Jagung, kacang hijau, dan nasi.

Apakah Anda memelihara merpati? Kandang untuk semua burung memiliki tubuh yang sama? Lihat gambar burung merpati di gambar berikutnya. Kemudian buat ekor burung merpati sebagai desain Anda sendiri. Lakukan dengan teman-temanmu. Setelah kandang selesai, rawat beberapa merpati! Daur Hidup Hewan

Untuk memastikan merpati yang sehat, usahakan makanan dan minuman tersedia setiap hari. Juga, perhatikan membersihkan kandang agar merpati tidak terkena penyakit. Jika Anda memiliki masalah, tanyakan informasi kepada guru atau orang tua! Daur Hidup Hewan

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih