Contoh Surat Lamaran Yang Baik

Diposting pada

Contoh Surat Lamaran Yang Baik – Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran yang baik dan benar, yaitu sebagai berikut:

Impresif

Tampilkan jati diri kita secara menarik. Isi surat hendaknya dapat memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu arogan tetapi juga tidak terlalu merendah.

Menarik Minat Calon Atasan

Kesan pertama sangant penting. Usahakan untuk menyusun surat yang ketika seseorang mulai membacanya, akan langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakan criteria kita.

Baca Juga Contoh Pertanyaan Dalam Wawancara Kerja

Menyebutkan Kualitas Yang Diraih

Contoh Surat Lamaran Yang Baik – Prestasi kerja maupun pengalaman yang sukses harus disebutkan, untuk menunjukkan bahwa kita mempunyai prestasi dan pengalaman yang patut dipertimbangkan.Menggunakan bahasa yang enak dibaca, ringkas. Kita mempunyai kesempatan untuk menjabarkan semuanya dalam kesempatan wawancara. Untuk saat ini, buatlah penjelasan yang singkat tetapi efektif.

Contoh Surat Lamaran Yang Baik

Kalimat yang efektif.

Selanjutnya Hindari kalimat – kalimat yang tidak efektif, kalimat yang di ulang – ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk.

Yang sering terjadi adalah penggunaan kata keterangan yang berulang – ulang, atau kata sambung yang berulang – ulang yang menyebabkan kalimat terasa janggal, yang persis seperti kalimat yang sedang dan baca saat ini, yang menggunakan kata sambung yang secara berulang – ulang dan berlebihan.

Bahasa Indonesia Saja

Jika tidak diminta penggunaan bahasa inggris kita kurang baik. Jika bahasa inggris kita kurang baik. Jika bahsa inggris kita bagus, boleh saja membuat surat lamaran berbahasa inggris, yang tentu saja merupakan sebuah nilai plus bagi kita.

Tujuan dan alasan melamar.

Cantumkan tujuan dan alasan kita melamar. karena tujuan yang sering disebutkan dalam surat lamaran ialah bahwa kita mempunyai kemampuan dan pengalaman yang memadai dalam bidang pekerjaan tertentu, dan dengan bergabungnya kita ke suatu perusahaan akan dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi perusahaan tersebut.

Kerapian

Gunakan kertas yang bagus, bersih dan rapi, tidak kusut, tidak tebal dan tidak mudah sobek. Jangan menulis atau mencetak  dengan tinta yang terlalu tipis agar surat lamaran mudah di baca, dan hindari penggunaan tip-ex.

Tulis Tangan atau Komputer

Lebih baik menggunakan computer, kecuali perusahaan yang kita tujuh mensyaratkan agar surat lamaran di tulis dengan tangan. Agar diperoleh kualitas tulisan yang setara dengan kualitas tulisan dari mesin cetak, sebaiknya gunakan printer inject atau laser, dan hindari penggunaan printer dotmatrix karena akan member kesan kita orang yang tertinggal dalam hal teknologi. Gunakan jenis font standar, seperti Times New Roman untuk kesan formal.

Sertakan Pas Foto Yang Paling Oke

Banyak hal yang harus di perhatikan dalam mengirim surat lamaran kerja. Selain Curriculum vitae (CV) dan surat lamaran itu sendiri. Jangan ketinggalan satu hal yang tak kalah pentingnya yaitu pas foto dengan ukuran 3×4 atau 4×6.

Selama ini mungkin anda tidak terlalu memperdulikan pas foto yang kirimkan bersama surat lamarandan CV. kebanyakan yang berpikir bahwa yang saat penting menyertakan pas foto karena pas foto sekedar pelengkap surat lamaran.

Padahal tidak sederhana itu. Ada aturan dalam menyertakan foto bersama surat lamaran.

Yang perlu diIngat, foto untuk lamaran kerja jelas harus berbeda dengan foto untuk koleksi pribadi, foto yang dikirim untuk lamaran kerja sifatnya lebih resmi di banding foto pribadi. sebenarnya foto yang anda sertakan harus terlihat menarik.

Tips dan Trik

sehingga cukup menggugah perhatian pihak penyeleksi. Anda yang ingin membuat foto lamaran kerja coba simak aturan berikut:

  • Usahakan untuk mengirim pas foto terbaru dalam surat lamaran. Jangan sekalipun mengirim foto lama, apalagi pas foto masyanga SMA atau pas foto yang sudah mengguning.
  • Ketika berfoto kenakan busana yang sopan dan rapih, seperti kemeja, jas atau blazer. Pilihlah warna busana yang netral dan tidak mencolok, hindari busana yang bermotif atau bercorak ramai.
  • Bagi wanita berambut panjang, biarkan rambut terurai rapih dan tidak menutupi telinga. Hindari penggunaan asesoris rambut yang ramai seperti jepit,  pita warna – warni, atau bando besar, jangan membentuk rambut dengan model tidak lazim untuk lamaran.
  • Posisi tubuh harus tegap tetapi tidak terkesan tegang, posisi tubuh yang membungkuk akan menimbulkan kesan anda pemalas, tidak bergairah, dan tidak bersemangat, hal ini akan mengurangi poin anda di mata penyeleksi.
  • Pandangan sebaiknya lurus ke depan, jangan menatap ke samping kiri atau kanan
  • Posisi kepala lurus ke depan, tidak miring ke kiri , ke kanan atau menunduk, posisi dagu juga sebaiknya sejajar kedepan, tidak  turun dan mendongak.

Demikianlah artikel dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih