Cara Menghadapi Psikotes

Diposting pada

Tips Menghadapi Psikotes, TPA atau Tes Psikotes

Cara Menghadapi Psikotes – Pertama kali pada saat anda yang dipanggil untuk menjalani psikotes, sebaiknya anda memperhatikan beberapa saran dan tips di bawah ini.

Sebelum Test

  • Pertama kali ialah kita harus yakin terlebih dahulu, bahwa posisi/pekerjaan yang akan dimasuki lewat psikotes itu benar – benar sesuai dengan kemampuan kita, dan sebaiknya juga sesuai dengan keinginan anda.
  • Persiapkan diri dengan istirahat yang cukup. Seringkali, seseorang sebenarnya mampu mengerjakan tes. Namun, ketegangan atau kondisi tubuh yang tidak prima, dapat membuat hasil tes menjadi jelak. Oleh karena itu anda harus beristirahat satu atau dua hari sebelumnya agar kondisi fisik menjadi prima.
  • Pastikan Anda sudah tahu tempat tes. Untuk itu beberapa hari sebelum tes, Anda sudah mengetahui tempatnya atau survey tempat, bahkan sudah melihat tempatnya supaya tidak bingung lagi mencari pada saat datang hari H.
  • Baca kembali surat lamaran dan CV Anda, karena ada beberapa tes yang menanyakan hal – hal yang terkait dengan surat lamaran dan CV Anda. Jangan sampai jawaban berbeda dengan CV anda.
  • Sebainya anda berlatih berbagai soal psikotestdengan hasil maksimal.
  • Sebelum Berangkat ke tempat tes berdoalah terlebih dahulu sesuai keyakinan masing-masing supaya diberi kelancaran?
  • Usahakan  untuk tiba sepuluh menit lebih awal, dan jangan terlambat. Juga sebelum berangkat, jangan lupa untuk makan dan minum secukupnya agar kondisi fisik tetap prima.
  • Walaupun tidak diminta. Jangan lupa untuk membawa peralatan tulis – menulis (pensil, penghapus, pena, dsb-nya ) dan membawa jam (penunjuk waktu)

Pada Saat Tes

  • Umumnya, pada setiap lembar jawaban/soal psikotes, Anda diminta mengisi isian nama, tanggal, dsb-nya. Begitu Anda diperbolehkan untuk mulai mengisi, jangan lupa dan jangan menunda untuk mengisinya, serta isilah dengan lengkap dan rapi.
  • Dengarkan baik – baik setiap “ucapan/pengarahan” dari pengawas tes, dan ikuti semua di setiap soal tes, jangan lupa untuk membaca petunjuk tersebut terlebih dulu, barulah Anda mengerjakan soal tes –nya. Jadi jangan langsung mengisi/ menjawab soal yang ada, tanpa membaca / mengetahui cara/petunjuk pengisian.
  • Jangan enggan untuk bertanya ke pengawas tes, bila ada sedikit saja yang anda tidak mengerti mengenai soal tersebut, maka langsung tanyakan ke pengawas tes yang ada. selanjutnya jangan pernah bertanya ke peserta di kanan – kiri Anda, tetapi bertanyalah  langsung ke pengawas tes yang ada.
  • Jangan melihatjawaban orang lain, karena akan membuat hasil anda bertentangan dengan kondisi pribadi yang sesungguhnya. Isilah apa adanya. Untuk jenis –jenis soal tertentu, jawaban yang mudah terlebih dahulu.

Selain mengikuti tips – tips di atas, untuk lebih  menguasai soal – soal psikotes kami sarankan Anda membaca “CaraPintar Lolos Psikotes” oleh M. Hariwijaya & Sutanto.

Baca Juga Contoh Surat Lamaran

Kepribadian yang dicari Dunia Industri

Cara Menghadapi Psikotes – Daya saing bagi para lulusan baru atau fresh graduate universitas mulai dirasakan. Baik Itu lulusan dalam – dalam negeri maupun luar negeri, baik itu swasta maupun universitas negeri.

Memperhatikan Situasi

ini tentunya penting bagi para mahasiswa untuk mempersiapkan diri dalam perubahan yang ada.

Dalam bukunya Rhenald Kasali yang berjudul Change Perubahan itu akan terjadi, yang terpenting bukannya kita melihat perubahan dengan termenung duduk diam mengambil tindakan apapun namun bagaimana kita menyikapi perubahan dengan mulai merencanakan.

Perencanan

membuat persiapan diri agar dapat berhasil di terima pada tempat yang sesuai dengan keinginan kita bekerja.

Dewasa ini para mahasiswa lebih jeli, dahulu para mahasiswa mencari kerja jika telah lulus kualiah namun saat ini mereka lebih maju lagi. Para mahasiswa mencari kerja sebelum lulus kuliah khususnya semester akhir.

Hal ini pula di cermati oleh dunia industry /perusahaan dalam membuat penyusunan strategi rekrutmen.

Seleksi yang dilakukan dengan tidak hanya memasang iklan di media massa saja namun dunia industry langsung menuju dunia kampus dengan menjemput para mahasiswa khusunya semester akhir dengan melakukan seleksi.

Hal ini sering di sebut dengan “Campus Hiring”. Pola rekrut ini di rasa penting karena menyikapi era yang cukup kompetitif mendapatkan SDM yang berkualitas dan unggul dalam segala bidang.

Dunia industry dalam melakukan rekrutmen langsung yaitu berusaha mempersiapkan perencanaan SDM yang akan dating di mana seseorang akan di tempatkan.

Oleh karena itu yang terpenting adalah mencari kecocokan antara pencari kerja dengan criteria yang di diinginkan dunia industry. Tidak hanya seorang yang  memiliki kepandaian luarbiasa di cari oleh  dunia industry namun kemampuan beradaptasi dan bekerjasama.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. emoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima Kasih