Aspek – Aspek Yang Ditonjolkan Dalam Resume

Diposting pada

Aspek – Aspek Yang Ditonjolkan Dalam Resume – Tips Untuk lebih menyakinkan pembaca, maka anda dapat memberikan penekanan pada beberapa aspek tertentu dari latar belakang Anda yang relevan dengan pekerjaan.

dalam rangka memberikan pemahaman kepada pengusaha tentang nilai – nilai pontensial Anda yang akan berguna bagi si pengusaha atau perusahaannya. Berikut ini aspek – aspek yang dapat Anda tonjolkan ialah:

Aspek - Aspek Yang Ditonjolkan Dalam Resume

Penghargaan atau Reward

Aspek – Aspek Yang Ditonjolkan Dalam Resume – Tuliskan yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar.

Contoh: jika Anda melamar sebagai IT Manajer, pihak perusahaan (recruiter) tentu ingin tahu kemampuan Anda di bidang teknik dan bagaimana kemampuan tersebut dibandingkan dengan rekan – rekan yang lain.

seandainya Anda pernah menerima penghargaan di bidang tersebut, maka tuliskanlah? Dengan demikian perusahaan akan tahu dimana tingkatan kemampuan Anda.

Prestasi Akademik

Tuliskan gelar dan prestasi akademik yang anda raih sertakan juga judul tugas Akhir/Skripsi/Thesis/Disertasi.

Kemampuan Tambahan

Kemampuan Tambahan dapat berupa kemampuan mengoperasikan  program computer atau pelatihan – pelatihan khusus yang pernah diikuti.

Indikator Kesuksesan

Anda dapat menuliskan berbagai indicator  kesuksesan yang pernah Anda Peroleh.

Contoh : beasiswa karena kecerdasan Anda, Dikirim training ke luar negeri karena keberhasilan Anda dalam perusahaan, keberhasilan Anda menekan biaya operasional di divisi Anda dll.

Pengalaman yang Berhubungan dengan pekerjaan

Sebutkan dan jelaskan semua pengalaman yang pernah anda alami sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang Anda lamar.

Contoh: seandainya pekerjaan yang Anda lamar menuntut Anda untuk sering melakukan traveling ke luar negeri, pastikan pembaca tahu bahwa Anda mahir berbahasa Inggris.

Yang selalu diperhatikan Menuliskan Hal – Hal Berikut Dalam Resume

sebelum membuat resume pelamar perlu saat berhati – hati dalam mencantumkan atau menuliskan hal – hal antara lain :

Riwayat Gaji

Riwayat gaji adalah gaji yang pernah diterima dan yang diharapkan. Dalam hal pencatuman jumlah gaji yang diterima dan yang diharapkan, pelamar harus sangat berhati – hati dalam memutuskan perlu tidaknya mencatumkan hal tersebut dalam resume.

Untuk pelamar dituntut kejeliannya dalam melihat iklan lowongan kerja atau informasi tentang lowongan kerja tersebut,

Referensi

Dalam hal pencatuman nama orang yang  akan dijadikan referensi, pelamar harus benar – benar yakin bahwa orang tersebut benar – benar yakin bahwa orang tersebut benar – benar mengetahui diri si pelamar dan memiliki keuntungan positif bagi perusahaan yang dilamar.

Jadi Artinya si pelamar tidak boleh asal menyebutkan nama orang sebagai referensi seperti mantan atasan atau dosen. Daripada memaksakan diri untuk menyebut nama – nama orang sebagai referensi, pelamar menuliskan: “Referensi akan diberikan jika diminta”.

Dokumen Pendukung

Meskipun tidak ada keharusan bagi pelamar untuk menyertakan dokumen atau bukti – bukti tentang hal – hal yang dituliskan dalam resume, seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat atau penghargaan, dll.

Jika mengingat kondisi di Indonesia maka alangkah sebaiknya pelamar menyertakan dokumen pendukung tersebut dalam bentuk photocopy. Hal ini penting untuk menyakinkan pembaca bahwa Anda benar – benar menulis resume berdasarkan fakta yang ada.

Yang harus diingat, Jangan sampai dokumen pendukung tersebut menjadi terlalu banyak atau ambil diperlukan saja, Untuk itu Anda harus menyeleksi/ mensortir dokumen mana yang paling pantas dan relevan untuk dilampirkan.

Contoh: Jika Anda pernah mengikuti kursus computer beberapa kali, tidak perlu semua sertifikat dari setiap kursus tersebut Anda lampirkan, tetapi cukup salahsatu yang paling tinggi tingkatnya.

Informasi Pribadi

Pelamara sebaiknya berhati – hati menuliskan hal – hal yang bersifat pribadi. Beberapa hal yang umumnya boleh dituliskan adalah untuk di relokasi  atau melakukan travelling, kesediaan untuk di relokasi atau melakukan travelling ke luar kota/luar negeri.

Di luar hal – hal tersebut pelamar harus benar – benar yakin bahwa informasi pribadi yang ditulisnya akan relevan dengan pekerjaan yang dilamar, jiaka tidak sebaiknya jangan menulis informasi pribadi tersebut.

Para pembaca yang budiman, apapun pilihan karir Anda pastikan untuk membuat resume atau CV secara maksimal.

jikalau memang Anda merasa belum benar-benar yakin dengan apa yang telah anda buat selama ini, cobalah buat sekali lagi dan bila perlu minta orang lain untuk menilai resume atau CV Anda tersebut.

Demikianlah artike diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih