Alat Musik Tradisional Khas Sulawesi Utara

Diposting pada

Alat Musik Sulawesi Utara – ialah alat musik tradisional (Manado) bagian dari seni dan budaya Indonesia, dan keberadaannya adalah jenis musik yang harus dipelihara oleh semua warga negara.

Tidak semua orang ingin melihat warisan budaya negara karena kekhawatiran dan wawasan yang sangat rendah. Jika ada wawasan dan kepedulian yang luas, maka secara alami keinginan untuk melestarikan dan merawat budaya bangsa akan muncul.

Daftar Isi

Macam-macam Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara

Beri tanda bahwa negara Indonesia benar-benar kaya akan budaya artistik. Dan ini adalah modal bagi Indonesia untuk menjadi negara yang menarik secara internasional. Budaya yang dilestarikan ini dapat berfungsi sebagai objek wisata. Kantor budaya dapat bekerja dengan kantor pariwisata untuk memperkuat program kerja bersama untuk berbagai strategi taktis dan strategis.

Baca Juga Alat Musik Tradisional Khas Kalimantan Tengah

Dalam uraian alat musik tradisional Sulawesi Utara, kami juga menyajikan cara memainkan alat musik khas Manado ini, yang lebih lengkap daripada informasi yang tersedia di halaman Brainly. Oh ya, kami menulis alat musik tradisional Sulawesi Barat, alat musik tradisional Sulawesi Tenggara dan alat musik tradisional Sulawesi Tengah, yang merupakan artikel tentang topik ini.

Berikut adalah nama-nama alat musik tradisional Sulawesi Utara yang perlu Anda ketahui.

Yori

Alat musik tradisional Sulawesi Utara bernama Yori. Alat ini dikenal sebagai mulut Warfare, di mana mulut pemain Yori bertindak seperti resonator nada. Fungsi tali pada tubuh Yori berfungsi sebagai penyelenggara tirai.

Dikabarkan, alat musik Yoti dikenal sebagai alat musik yang agak mistis. Pada dasarnya, karena alat musik Yori ini biasanya dimainkan oleh suku Kulawi saat gerhana bulan atau gerhana matahari.

Beberapa sumber mengatakan alat musik Yori juga berasal dari negara Sulawesi Tengah. Saya tidak tahu apakah instrumen ini masih dimainkan oleh masyarakat setempat. Jika pembaca tahu, silakan tulis di kolom komentar.

Santu

Alat musik Santu ialah alat musik tradisional Sulawesi Utara yang dimainkan. Alat musik Santu terbuat dari bambu dan kayu. Selain mengoleksi instrumen ini, ia juga bisa dimainkan dengan memukulnya menggunakan tongkat.

Di berbagai pertunjukan, pemain musik sering memainkan Santu dalam posisi duduk bersila dan Santu berada di lengan pemain musik. Pada zaman kuno, instrumen ini dimainkan oleh petani sambil memanen banyak.

Baca Juga Alat Musik Tradisional Kalimantan Utara

Lalove

Lalove adalah sejenis alat musik tiup dari Sulawesi Utara. Alat ini digunakan sebagai pendamping ansambel tari tradisional. Hampir sama dengan alat musik Yori, alat musik Lalove ini juga agak mistis. Jika seseorang telah diambil alih oleh jiwa, maka hanya dengan mendengarkan alunan lalove, orang tersebut akan kehilangan kesadaran dan akan ditangkap lagi.

Sifatnya, jadi alat musik ini tidak boleh dimainkan dengan sembarangan. Ketika instrumen ini dimainkan oleh orang-orang yang tidak terbiasa memainkan instrumen Lalove, hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi.

Momongan

Pada titik ini, alat musik tradisional Sulawesi Utara dikenal sebagai Momongan. Ibu memastikan ini bukan bayi dari bayi :).

Alat Musik Momongan berkembang di wilayah Minahasa. Dan cara memainkan ini dengan menembak Momongan menggunakan papan atau tongkat. Biasanya Momongan terbuat dari campuran logam perunggu. Di masa lalu, masyarakat setempat memiliki acara hiburan rakyat atau jika Anda ingin melihat alat musik Momongan ini diiringi dengan seni tradisional Minahasa.

Tetengkoren

Ulasan Mengenai Alat Musik Tetengkoren Sulawesi Utara dan Sejarahnya
Tetengkoren via suaramanado.com

Berikut ialah alat musik Tetengkoren dari wilayah Sulawesi Utara, tepatnya alat musik bambu Minahasa ini dan para petani bermain untuk menghibur hati atau untuk menghancurkan hama burung di ladang.

Jika kalau diamati, bentuk Tetengkoren sama seperti Kentongan. Cara bermain adalah dengan memukul. Yang unik dari alat musik ini adalah Tetengkoren ternyaat digunakan sebagai alat musik, sekaligus berfungsi sebagai alat untuk mengusir hama burung.

Sasesahang

Uraian tentang alat musik Sasesahang Sulawesi Utara dan Ciri Khasnya
Sasesahang via alatmusik.org

Alat musik tradisional Sasesahang berasal dari wilayah Sulawesi Utara, yang memiliki bentuk seperti garpu yang terbuat dari bagian bambu. Nada nada yang diberikan oleh Sasesahang tergantung pada ketinggian segmen tabung bambu. Secara umum, untuk pertunjukan atau pertunjukan seni musik, dibutuhkan sekitar 5 atau 6 lembar Sasesahang dalam nuansa yang berbeda.

Bagi mereka yang ingin tahu cara memainkan alat musik Sasesahan secara sekilas, ia ditembak menggunakan tongkat berlapis karet.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih