Alat Musik Tradisional Sulawesi Tengah

Diposting pada

Alat musik Sulawesi Tengah – ialah alat musik tradisional yang lukisan dan interpretasinya merupakan bagian dari budaya Indonesia. Bentuk dan model yang berbeda memiliki karakteristik dan fitur unik sendiri. Tidak semua orang dapat dengan mudah memainkan alat musik klasik ini.

Sulawesi Tengah memiliki banyak fitur instrumental dari musik kuno, seperti media hiburan, media upacara dan banyak lagi. Seperti hiburan sebagai acara publik seperti pernikahan, sunat, atau Thanksgiving. Menyediakan alat upacara tradisional untuk masyarakat setempat dan fungsi lainnya.

Daftar Isi

Mengenai Alat Musik Tradisional Sulawesi Tengah

Seiring waktu, instrumen tradisional Sulawesi Tengah mulai mengancam instrumen modern dengan banyak variasi. Produksi instrumen modern di negara maju terus berlanjut, dan itu belum diketahui.

Baca Juga Alat Musik Tradisional Sulawesi Tenggara

Penting untuk mengetahui alat tradisional Sulawesi Tengah di sini.

Santu

Instrumen tradisional pertama Sulawesi Tengah adalah Santu. Instrumen bambu ini dapat dimasukkan dalam jenis harpa dan termasuk ke dalam grup video cordophone. Di tengah, kulit bambu menusuk seperti resonator, dan kemudian Anda dapat sedikit memperkuat suara.

Umumnya, alat musik Santu ini sering dimainkan oleh orang Sulawesi Tengah untuk waktu luang mereka. Mereka melihat awan dan memainkan musik. Dari usia yang sangat muda, mereka kadang-kadang menggunakan alat sebagai alat untuk komunikasi kelompok saat bermain perang.

Talindo

Info tentang alat musik Talindo Sulawesi Tengah dan Ciri Khasnya
Talindo via blogger

Selanjutnya, instrumen tradisional Sulawesi Tengah adalah Talindo. Kit ini terbuat dari 3 buah bahan yang mudah ditemukan: kayu, batok kelapa, string.

Alat dari batok kelapa ini berperan sebagai resonator, sedangkan pohonnya adalah tubuh dan talinya adalah transmisi. Di Harvest Party, instrumen dinyanyikan oleh pemuda dan pemuda Sulawesi pada waktu itu.

Ganda

Ganda adalah instrumen tradisional Sulawesi Tengah yang bermain seperti drum. Perangkat ini memiliki 2 kulit di setiap sisi, sehingga hampir semua orang dapat dengan mudah mempelajari alat tradisional ini.

Nama lain untuk Ganda adalah Kanda, yang sedikit lebih kecil dan lebih tipis dari drum Jawa. Secara teknis juga tergantung pada keinginan pemain dan jenis acara apa yang mereka gunakan.

Baca Juga Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan

Geso-Geso

Geso-geso adalah sejenis stringer. Musik instrumental dari Sulawesi Tengah, serta gasso-geso, seperti tuba dan tigali, adalah instrumen biasa dari suku To Vana. Namun, di kabupaten Saluputti ada instrumen serupa yang digunakan oleh orang Toraja atau tepanya.

Geso-geso terbuat dari kayu dan batok kelapa yang memberinya benang. Cara cincin adalah membedakan kawat dari bambu dengan alat khusus yang terbuat dari tali dan tali. Alat memancarkan suara sesuai dengan tekanan jari-jari di telepon pemain.

Gimba

Gendang atau gendang itu bulat dan panjang dan terbuat dari bahan seperti kayu, kulit ana, kulit sapi atau kulit kerbau, rotan. Alat ini digunakan untuk menari di upacara Bali dan sering digunakan untuk kompetisi dan latihan seni bela diri.

Alat dimainkan dengan pukulan dengan tangan Anda, sementara yang lain dipukuli dengan tongkat. Gimba berbeda karena mereka mengenai kedua tangan dengan satu sama lain dan menghasilkan suara berirama di sepanjang gerakan tarian.

Di kabupaten lain di Donggala, instrumen ini disebut gimba, meskipun memiliki sejumlah kecil bentuk tetapi nama kecil. Tidak ada penjelasan yang jelas tentang apa arti sebenarnya dari Gimba. Hanya orang yang tahu bahwa namanya adalah Gimba sejak awal. Ada banyak jenis gimba, ada pula yang besar, ada yang kecil dan masing-masing memiliki fungsi tertentu.

Tatali

Tatali Instrumental Tradisional ialah instrumen tradisional yang berasal dari Sulawesi Tengah. Instrumen ini dimainkan dengan meniup instrumen biasa dari suku To Vana. Tidak semua orang dapat dengan mudah memainkan alat musik yang disebut Tatali. Karena diameternya 50 cm dan diameternya 2 cm.

Baca Juga Alat Musik Tradisional Provinsi Sulawesi Barat

Hanya ada tiga lubang di Tatali yang memainkan peran akurasi udara, tentu saja hanya ada 3 pilihan dan itu tergantung pada ketajaman para pemain yang memainkan Tatali. Untuk kenikmatan mendengarkan, ada teknik khusus meniupnya yang harus dimanfaatkan oleh perasaan.

Demikianlah artikel Alat musik Sulawesi Tengah diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih