Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan

Diposting pada

Alat Musik Sulawesi Selatan – (Makassar) Alat Musik Tradisional, Gambar dan Informasi ialah informasi penting yang perlu diketahui. Mengapa Instrumen ini adalah budaya Indonesia sejati yang harus kita lindungi bersama.

Sulawesi Selatan secara tradisional disebut sebagai seni daerah karena warisan budayanya yang kaya dan nilai sejarahnya. Tidak semua instrumen klasik dapat digunakan kembali, tetapi keberadaannya harus tetap sejauh ini, bagian dari seni musik ini mungkin tidak ditelan dari waktu ke waktu.

Mengenal Alat Musik Sulawesi Selatan

Berikut ini adalah beberapa instrumen tradisional Sulawesi Selatan yang perlu Anda ketahui ialah :

Jalappa

Info terkait dengan alat musik Jalappa Sulawesi Selatan dan Keunikannya
Jalappa via WordPress

Jalappa (Jalappa) ialah alat musik tradisional dari Sulawesi Selatan. Alat ini dibuat dalam bentuk ski yang terbuat dari logam kuningan. Tidak dikenal secara luas, alat ini dimainkan dalam upacara tradisional tertentu. Nama-nama instrumen tradisional di Sulawesi Selatan memiliki nama yang berbeda, yang mirip dengan ukuran tombol besar, kadang-kadang disebut tombol.

Baca Juga Alat Musik Tradisional Provinsi Sulawesi Barat

Penduduk setempat sering memainkan instrumen Jalappa selama upacara tradisional meninggalkan Balboa. Beberapa dari mereka menggunakannya sebagai bagian dari alat penyembuhan tradisional. Sebelum pertandingan, secara umum, jika tarian daerah dimulai di Sulawesi Tenggara, Anda harus terlebih dahulu membaca alat ini bersama dengan instrumen lainnya.

Tolindo/Popondi

Informasi Mengenai alat musik Tolindo Sulawesi Selatan dan cara memainkannya
Tolindo via blogger

Berikutnya adalah alat musik tradisional Sulawesi Selatan. Bentuknya yang unik, alat musik ini terbuat dari busur kayu yang berbentuk seperti batok kelapa. Selama busur ada vena panjang, yang menghasilkan suara. Mayoritas orang Bugis menyebut alat Tolindo, tetapi orang Macas menyebutnya Popundi.

Gendang Bulo

Uraian Mengenai Alat Musik Gendang Bulo Sulawesi Selatan dan Sejarahnya
Gendang Bulo via alatmusik.org

Instrumen tradisional Sulawesi Selatan ini lebih mirip Gendang tanpa membran. Alat musik klasik ini akan memberikan suara ketika menyentuh atau memukul kulit di telapak tangan.

Untuk orang Bugis, alat ini disebut Idiocardo, sedangkan untuk orang MacArar disebut Gendang Bulo.

Baca JUga Alat Musik Tradisional Khas Sulawesi Utara

Keso-Keso

Ulasan tentang Alat Musik Keso-Keso Sulawesi Selatan dan Cara Menggunakannya
Keso-Keso via Thegorbalsla.com

Instrumen Keso-Keso adalah instrumen tradisional Sulawesi Selatan. Ada beberapa kesamaan dengan alat Rebb, tetapi jika kit Rebab memiliki 3-4 pukulan maka Keso hanya 2 baris.

Untuk memainkan instrumen terlebih dahulu, Anda hanya perlu menggesek senarnya, telinga Anda akan berdering. Bagi mereka yang sudah memiliki kesempatan untuk memainkan instrumen rebab, tidak akan ada kesulitan memainkan instrumen Keso.

Suling Lembang

Alat musik tradisional dari Sulawesi Selatan ini adalah alat musik tiup. Karena itu, cara Suling Lembang dimainkan tidak jauh berbeda dengan Suling. Perbedaannya adalah Sulding Lembang cukup besar, panjang 50-100 cm dan diameter 2 cm. Karena suaranya akan berbeda, seruling dilengkapi dengan lubang untuk lebih dari 8 nada.

Puwi-Puwi

Ini ialah adalah instrumen Puick-Puick, juga dikenal sebagai Sulawesi Selatan. Tepatnya terompet, bentuk dan permainan instrumen sama dengan di daerah lain.

Demikianlah artikel diata dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih