Alasan Gagal Melamar Kerja

Diposting pada

Penjelasannya

Alasan Gagal Melamar Kerja – Alasannya ialah Sering kegagalan pelamar pekerjaan tidak terletak pada kemampuan akademisnya, melainkan pada aspek “mental” nya.

Kegagalan 1

Alasan Gagal Melamar Kerja – Sewaktu seorang pencari  kerja di Tanya,  sudah berapa banyak lamaran yang dibuat ? jawabannya, sudah banyak sekitar 10 buah lamaran. Oleh karena itu contohnya ada pelamar yang membuat lamaran 100 bahkan 1000 buah, baru mereka terperangah bahwa mereka pikir sudah berbuat banyak, tetapi sesungguhnya baru mulai.

Kegagalan 2

Alasan Gagal Melamar Kerja – Sudah berapa “cara” yang mereka lakukan ? Jawabannya tergantung iklan di surat kabar. Padahal mereka bias memburunya di internet, buku directory, Yellow pages, Tanya teman, dsb, Kelemahan melalui iklan lowongan, biasanya jumlah pelamar terlalu banyak, sehingga lamaran Anda harus betul – betul “sexy” agar dapat menarik perhatian HRD manajer.

Alasan Gagal Melamar Kerja

Kegagalan 3

Hanya mengandalkan pada iklan lowongan kerja. Padahal membuat lamaran, tidak harus tergantung pada ada tidaknya iklan. Pada perusahaan yang tertib administrasi, biasanya data lamaran Anda di simpan dan digunakan sewaktu  waktu jika di perlukan. Keuntungannya, saingan Anda tidak terlalu banyak.

Kegagalan 4

Jangan “curhat” apalagi “mengemis” disurat lamaran Anda. Surat lamaran Anda akan langsung di teruskan ke tong sampah pada kesempatan pertama. Juallah “diri” Anda, kelebihan dan prestasi anda. Berikan alasan mengapa perusahaan harus menggunakan anda.

Kegagalan 5

Format Curriculum vitae (CV) sangat kuno. Jangan gunakan form CV yang dijual di took buku. Korbankan sedikit uang Anda untuk membuat format surat lamaran dan CV di rental computer, kecuali sebagai persyaratan, lamaran menggunakan tulisan tangan sudah tidak lazim.  Tidak semua  perusahaan mensyaratkan surat kelakuan baik ataupun surat ketarangan dokter, kalaupun diminta biasanya dapat disusulkan setelah Anda diterima. Lalu Demikian surat  lamaran tidak perlu dibuat diatas materai, kalaupun anda harus membuat pernyataan di atas materai  biasanya setelah Anda dinyatakan diterima.

Kegagalan 6

Format CV berantakan, susun CV Anda dalam format yang focus, sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda inginkan. Pengalaman pekerjaan anda yang terlalu beragam mengindikasikan ketidakseriusan Anda dalam bekerja, hilangkan bagian-bagian yang tidak relevan. Tetapi jika berhubungan dengan pengalaman berorganisasi Ataupun ketrampilan individu dapat Anda masukkan sebagai nilai tambah.

Kegagalan 7

Memilih jenis pekerjaan asal asalan. Pilih jenis pekerjaan yang betul Anda sukai. Ketertarikan Anda pada jenis pekerjaan akan memberikan hasil yang maksimal pada psikotes dan memberikan antusias yang alami dan terpancar sangat kuat pada waktu wawancara.

Menulis Surat Lamaran Kerja Di Email

Menarik sekali penggunaan Email khususnya dalam konteks melamar pekerjaan. Proses mencari pekerjaan ialah masa paling mendebarkan sekaligus melelahkan. Banyak tenaga, waktu dan biaya yang terbuang saat melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan. Tapi keadaan ini dapat berubah dengan adanya e-mail sebagai salah satu cara alternative mengirimkan surat lamaran

Mungkin banyak perusahaan yang memperbolehkan para calon karyawan untuk mengirimkan lamarannya lewat email. Hal ini saat menentukan menguntungkan baik bagi perusahaan maupun pelamar. Bagi perusahaan, ini akan mengurangi jumlah surat lamaran  dalam bentuk yang harus mereka terima dan arsipkan. Saelain itu, lebih mudah bagi perusahaan untuk mem-forward surat lamaran berbentuk email  ke para usernya.

Jadi, ini akan menolong mereka untuk mengirimkan lamaran secara cepat, Jika  anda mengirimkan lamaran ke banyak perusahaan, dengan  mudah anda dapat mengkopi email lamaran Anda sebelumnya dan Menyesuaikan.

Tips Membuat  surat lamaran pekerjaan di email

Oleh karena itu Tentu saja semua tips umum menulis surat lamaran tetap  perlu diikuti diantara lain :

  • Judul Email

Yang pertama kita ambil contoh tentang Judul email Anda haruslah menolong penerimanya untuk segera mengetahui maksud dari email Anda. Karena dapat menuliskannya sebagai berikut “Lamaran untuk posisi Manajer Pemasaran “. Catatan: Baca dengan baik iklan lowongan kerja tersebut. Selanjutnya mereka meminta kepada Anda menuliskan kode tertentu di judul atau subject email Anda. Terutama jika pada saat yang bersamaan mereka mempunyai beberapa lowongan pekerjaan.

  • Dimana surat lamaran di tulis

Sering kali kita bingung apakah perlu menuliskan di badan email atau di file tersediri. Menurut seorang pakar yang bekerja di bidang recruiting sebuah perusahaan multinasional, Anda dapat menuliskan surat lamaran (cover letter) Anda di badan email , Artinya, perusahaan tetap akan menerima surat lamaran. Anda dengan baik. Oleh karena itu Tidak pernah ada perusahaan yang menolak lamaran yang suratnya dituliskan di badan email.

  1. Bagaimana dengan resume?
  2. Word, PDF, atau Text?
  3. Ukuran Email
  4. Email Signature.    7. Test Kirim

demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. terima kasih