Wawasan Nusantara Dan Latihan Soal + Jawaban

Diposting pada

Wawasan Nusantara PPKN Kelas X Latihan Soal   – Ruangbimbel.co.id : rangkuman materi belajar dan soal latihan beserta jawaban mengenai wawasan nusantara dengan tujuan membantu teman teman untuk  lebih mudah  memahami materi ini.

Rangkuman

Pengertian Wawasan Nusantara

Adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya.

Menurut Para Ahli

  • Menurut Prof. Wan Usman :

Wawasan nusantara ialah cara pandangan bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai Negara kepulauan dengan semua aspek yang beragam.

  • Menurut GBHN 1998 :

Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, dengan dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

  • Menurut kelompok kerja :

Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Hakekat Wawasan Nusantara

Adalah persatuan bangsa dan kesatuan wilayah nusantara, setiap warga masyarakat dan aparatur Negara harus berpikir, bersikap dan bertindak secara utuh menyeluruh demi kepentingan bangsa dan Negara Indonesia

Asas Wawasan Nusantara

  • Kepentingan yang sama
  • Keadilan
  • Kejujuran
  • Solidaritas
  • Kerja sama
  • Kesetiaan

Kedudukan Wawasan Nusantara

Adalah Wawasan nusantara sebagai landasan visional dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Fungsi Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara sebagai panduan, motivasi, dorongan dan batasan untuk menentukan semua peraturan atau kebijakan dalam mengambil keputusan yang dibuat oleh pemerintah untuk seluruh rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara

Tujuan Wawasan Nusantaran

Bertujuan mewujudkan nasionalisme yang tinggi disegala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan kelompok golongan , individu, suku.

Aspek Trigatra dan Pancagatra dalam Wawasan Nusantara

Aspek Trigatra

Adalah aspek Alamiah yang meliputi posisi dan lokasi geografis Negara, keadaan dan dan kekayaan alam, dan keadaan serta kemampuan penduduk.

  • Letak dan Geografis

Indonesia terletak di 60 LU – 110 LS, 950 BT- 1410 BT yang ditengah tengahnya terbentang garis equator sehingga Indonesia mempunyai 2 musim yaitu musim hujan dan kemarau.

  • Keadaan dan kemampuan penduduk

Jumlah penduduk berubah karena adanya kematian kelahiran, pendatang baru dan orang orang yang meninggalkan wilayahnya.

  • Keadaan dan Kekayaan Alam
  • Indonesia mempunyai sumber kekayaan alam yang berlimpah ruah yang terdiri dari sumber mineral, flora, fauna. Indonesia mempunyai sumber sumber mineral yang meliputi bahan bahan galian, biji bijian.

maupun bahan bahan galian industry disamping sumber sumber tenaga lain. Bentuk sumber daya alam ada 2, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidk dpat diperbaharui.

Aspek Pancagatra

Adalah aspek kehidupan nasional yang menyangkut kehidupan dan pergaulan  hidup manusia dalam masyarakat dan bernegara dengan ikatan ikatan, aturan aturan dan norma norma tertentu.

Hal hal yang termasuk dalam aspek Pancagatra adalah Ideologi,Politik, Ekonomi Sosial Budaya, Pertanian dan Keamanan.

Pengertian Bangsa

Bangsa adalah orang orang yang memiliki kesamaan asal keturunan, adat, bahasa, sejarah, serta pemerintahan sendiri.

Berbangsa adalah manusia yang mempunyai landasan etika, bermoral, dan berakhlak mulia dalam bersikap mewujudkan makna social dan adil.

Pengertian Negara

Negara ialah sekelompok orang orang yang tinggal bersama sama di suatu wilayah tertentu dan mengakui keberadaan pemerintah yang berurusan dengan ketertiban dan keamanan kelompok tersebut.

Bernegara adalah manusia yang mempunyai kepentingan yang sama dan menyatakan dirinya sebagai satu bangsa serta berproses didalam satu wilayah Indonesia dan mempunyai cita cita yang berlandaskan niat untuk bersatu secara emosional dan rasional dalam membangun rasa nasionalisme secara selektif ke dalam sikap dan prilaku antar sesame yang berbeda ras, agama, asal keturunan, adat istiadat dan sejarah.

Soal Latihan Materi Wawasan Nusantara

wawasan-nusantara-2-soal-latihan-dikonversi

Demikianlah artikel Wawasan Nusantara PPKN Kelas X Latihan Soal diatas. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih