Usaha Rumahan : Online, Rumahan Desa, Makanan

Diposting pada

Usaha Rumahan – Hai sobat ruangbimbel.co.id. di artikel sebelumnya kita sudah membahas artikel mengenai Pengertian Manajemen : Online, Ruamahan Desa, Makanan. maka kali ini kita bakal membahas artikel mengenai Usaha Rumahan. Nah langsung aja yuk simak artikel ini beserta ulasan lengkapnya dibawah ini.

1. Peluang Usaha Rumahan Berjualan Pulsa Elektrik

Berkomunikasi dengan HandPhone sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat saat ini, tidak perduli profesinya apa. para pengguna handphone ini akan membutuhkan pulsa atau kouta agar dapat menggunakan gadget mereka tersebut.

Inilah peluang usaha rumahan yang bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena memiliki potensi keuntungan yang lebih besar.

Untuk menjalankan bisnis berjualan pulsa elektrik, kita tidak membutuhkan modal yang terlalu besar yang perlu dipersiapkan untuk menjalankan usaha ini yaitu sebuah perangkat handphone untuk melakukan pengiriman pulsa elektrik.

Namun agar bisa menjalankan bisnis jualan pulsa elektrik ini, kita harus mendaftarkan diri ke distributor pulsa sebagai agen penjual pulsa elektrik. distributor pulsa elektrik yang bisa rekomendasikan diantaranya Pulsa-Online.com, Centerpulsa.com, Venuspulsa.com, Istanareload.com. Biasanya masing-masing distributor tersebut akan menjelaskan cara kerjanya.

Jika ingin menjalankan usaha ini dengan membuka konter karena ingin berjualan hp juga, maka modal yang dibutuhkan tentunya akan lebih besar. Selain biaya menyewa tempat, Anda juga harus mempertimbangkan biaya-biaya lain dalam menjalankan bisnis, misalnya biaya listrik, membuat etalase, dan lainnya.

Bila modal kita dibilang pas-pasan, kita menyarankan untuk menjalankan bisnis menjual pulsa elektrik saja karena modalnya jauh lebih kecil. Modal kecil bukan berarti untungnya kecil lho. Ada banyak penjual pulsa elektrik yang memiliki penghasilan puluhan juta rupiah hingga ratusan juta rupiah.

2. Peluang Usaha Rumahan Berjualan Makanan/ Camilan

Usaha makanan atau camilan ini bisnis yang sangat potensial karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia dan selalu dibutuhkan. Ketika kita perlu mempelajari usaha makanan/ camilan apa yang cocok dikerjakan di rumah dengan modal yang kecil. Ini beberapa contoh usaha makanan yang cocok dijalankan di rumah ialah:

a. Bisnis Rumahan Berjualan Aneka Kue

Mayoritas masyarakat Indonesia menyukai camilan seperti; brownies kukus, kue bolu, kue lapis, lumpia, donat, risoles, dan kue-kue lainnya. Jika rumah Anda berada di tempat yang cukup strategis, Anda bisa berjualan camilan ini di depan rumah dengan memasang display camilan Anda. untuk promosikan usaha kue ini ke teman-teman, tetangga, dan keluarga. Dan manfaatkan momen-momen penting untuk meningkatkan penjualan usaha kue Anda, misalnya acara ulang tahun, lebaran, hari natal.

b. Bisnis Rumahan Berjualan Gorengan

Hampir semua orang pasti menyukai gorengan. Hampir semua kalangan di masyarakat kita suka makan gorengan, seperti; pisang goreng, tahu goreng, tempe goreng, mendoan, bakwan, dan lain-lain. Jika Anda mampu membuat fariasi gorengan yang unik dari gorengan biasa, kemungkinan besar untuk sukses dalam usaha gorengan ini akan semakin besar.

c. Bisnis Rumahan Buka Warung Makan

Jika kita punya Kemampuan dalam memasak makanan enak dapat dimanfaatkan jadi peluang usaha rumahan, tentu saja modal yang diperlukan juga kecil. kita bisa mendesain ruangan di rumah kita menjadi tempat usaha warung makanan. bila kita memiliki resep keluarga yang unik dan enak tentu saja ini sebuah nilai tambah yang membuat warung makan Anda unik.

3. Usaha Rumahan Membuka Jasa Pengetikan Naskah

Biasanya bisnis ini akan berjalan baik bila berada di dekat kampus. Ada cukup banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mengetik dan mem-print naskah yang sudah mereka buat, mereka inilah calon pelanggan potensial Anda.  Apa saja dipersiapkan dalam memulai usaha ini adalah perangkat komputer, printer, dan juga scanner. Alangkah baiknya kita juga harus memiliki tempat, kemampuan mengetik cepat, dan waktu yang cukup banyak untuk menjalankan bisnis ini.

Karena bisnis ini sebenarnya cukup menguntungkan karena bisa mendapatkan pelanggan secara offline ataupun online. Kita juga bisa mendapatkan order dari pelanggan di dunia nyata, misalnya dari pelanggan yang datang ke tempat usaha jasa pengetikan milik Anda, dan juga bisa mendapatkan order dari pengguna internet yang membutuhkan jasa ketik naskah. jika Kita saat ini menjalankan bisnis ini, maka sangat disarankan untuk memiliki website/ blog juga. untuk meningkatkan peluang kita mendapatkan orderan dari pengguna internet yang membutuhkan jasa pengetikan naskah.

4. Menjalankan Bisnis Online dari Rumah

Bisnis online adalah salah satu bisnis yang sangat booming saat ini. karena cenderung lebih mudah, lebih banyak jenisnya, biaya menjalankan bisnis online juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan bisnis konvensional. tidak semua jenis-jenis bisnis online bisa cocok dengan masing-masing orang. karena lebih cocok menjalankan bisnis dropshipping, tapi sebagian lainnya lebih nyaman menjalankan bisnis MLM online. Ini tergantung minat dan kemampuan masing-masing orang.

Untuk bisa menjalankan bisnis online, seseorang harus belajar dan praktek dengan serius. Memang bisnis online ini bukanlah bisnis cepat kaya karena memang membutuhkan proses untuk bisa menghasilkan uang secara konsisten dari internet. Namun, bisnis online cenderung lebih cepat menghasilkan ketimbang bisnis konvensional.

5. Usaha Fashion dari Rumah

Bisnis fashion ialah bisa disebut sebagai bisnis yang sangat potensial setelah bisnis makanan. Era  dunia fashion saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat saat ini, dan mungkin akan terus terjadi di masa-masa yang akan datang. Beragam jenis fashion punya pangsa pasar masing-masing. Mulai dari anak-anak, orang dewasa, busana muslim, dan lain-lain.

Kalau kita yang bermodal minim, bisnis fashion sebenarnya bisa dijalankan walaupun modal yang kita miliki sangat terbatas. Ada beberapa suplier pakaian yang menawarkan kerjasama untuk memasarkan produk-produk mereka.

Salah satu supplier pakaian yang menawarkan kerjasama dengan modal kecil adalah DeltaGrosir.com. kalau kita punya modal awal sebesar Rp 3,5 juta, kita bisa langsung mulai berbisnis pakaian dengan potensi keuntungan bisa mencapai Rp 2 juta per bulan.

Selain tempat grosir sebenarnya masih ada banyak sekali supplier pakaian jadi yang bisa Anda temukan via internet. Yang perlu Anda lakukan pertamakali adalah menentukan jenis pakaian apa yang ingin Anda jual. Anda bisa menemukan supplier untuk bisnis fashion yang ingin Anda jalankan dengan mengetikan kata kunci tertentu di Google. Bila Anda ingin berjualan fashion korea, fashion untuk anak, big size fashion, baju anak, dan jenis fashion lainnya, gunakan kata kunci yang tepat.

6. Peluang Usaha Rumahan Bisnis Laundry Pakaian

Kita boleh membandingkan jasa pengetikan dokumen, usaha laundry pakaian sangat cocok bila dijalankan di dekat kampus dan juga kost-kost mahasiswa dan pekerja kantoran. Oleh karena itu kita tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencuci dan menyetrika pakaian kita. setelah hasil cucian dan setrikaan yang kita lakukan sendiri sering tidak rapih sehingga kita cenderung memilih untuk menggunakan jasa laundry.

Sekarang sangatnya banyak orang yang menggunakan jasa loundry pakaian, selain karena harganya yang sangat terjangkau juga karena hasil cucian dan setrikaan yang diberikan oleh penyedia jasa loundry biasnya lebih rapih dibandingkan bila mengerjakan sendiri. Melihat situasi yang baik dari bisnis ini, tentunya kita harus mempertimbangkan untuk membuka usaha loundry pakaian.

Bilamana kita tidak mau repot memulai dari nol, saat ini bisnis laundry sudah ada waralabanya juga lho. kita perlu menyediakan modal awal dan juga tempat untuk mulai berbisnis. Bila Anda tidak memiliki modal yang cukup untuk membeli waralaba, sebaiknya Anda memulai sendiri bisnis laundry ini.

7. Bisnis Rumahan Kerajinan Tangan

Dibutuhkan seseorang yang memiliki kreatifitas tinggi untuk mengubah barang-barang bekas menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat. Salah satu contoh adalah memanfaatkan kain perca atau kain bekas yang diubah menjadi sebuah tas unik atau boneka cantik. Banyak halnya kita belum pernah melihat langsung proses pembuatannya, akan tetapi ada banyak orang yang berhasil memanfaatkan bahan-bahan bekas di sekitar kita menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

8. Warung Kelontong

Yang satu ini sudah terbukti. Warung manisan atau bias yang kita sebut dengan istilah kelontong yang menyediakan kebutuhan sehari-hari adalah jenis usaha yang sudah lazim dilakukan. Ketersediaan barang yang beragam dan harga adalah salahsatu kunci keberhasilannya.

Maka, kita harus pintar mencari toko distributor/grosir alias tempat kulakan yang murah. Meski bukan termasuk usaha yang bisa menghasilkan laba besar dan cepat tetapi keuntungan besar mengelola usaha ini adalah selalu ada cash flow alias uang setiap hari  sehingga keluarga Anda tidak perlu terancam kelaparan karena kehabisan amunisi. Mau toko Anda cepat mengembang?

kita harus menciptakan ide-ide terbaru atau sistem pelayanan yang baik bagi semua pembeli yang notabene sebagian besar adalah tetangga Anda. Salahsatu caranya dengan menyisihkan keuntungan dari hasil penjualan toko Anda dan setiap setahun sekali misalnya sebelum lebaran Anda membagi-bagikan bingkisan lebaran bagi tetangga Anda. Selain itu kita juga bisa menjaga silaturahmi, ini adalah salah satu cara untuk mengikat mereka menjadi pembeli fanatik di toko kita. Satu lagi, selalu ramah-tamah pada semua orang. Soalnya, ada banyak toko di desa ditinggalkan pembeli karena pemiliknya pelit senyum, ini fakta.

Kesimpulan:

Arti dari artikel yang kita bahas diatas adalah Apapun peluang usaha rumahan yang kita kerjakan sekarang ini atau buat nantinya baik itu dengan modal kecil ataupun dengan modal yang besar, kita harus fokus, tekun dan kerja keras dalam menjalankannya baik itu mudah maupun susah. Ada banyak sekali usaha rumahan dengan modal kecil yang awalnya dimulai dari nol akhirnya menjadi sebuah usahanya besar. Semoga artikel ini yang berjudul Usaha Rumahan : Online, Rumahan Desa, Makanan dari ruangbimbel.co.id bisa memberikan inspirasi atau motivasi tentang ide usaha rumahan di sekitar kita.