Tips Mendapatkan Pekerjaan dengan Cepat

Diposting pada

Tips Mendapatkan Pekerjaan – Melamar kerja diperusahaan tidak semudah ketika mendaftarkan diri masuk sekolah atau kuliah. Melamar kerja perlu persiapan matang agar dapat diterima diperusahaan yang dituju. Kesan yang baik perlu ditunjukan ketika melamar pekerjaan, karena pada dasarnya kamu sebagai pelamar kerja akan bersaing dengan banyak orang untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Untuk itu, beberapa hal yang harus kamu miliki sebagai pelamar kerja, sebagai berikut

Memiliki motivasi yang tinggi

Kamu harus memiliki motivasi dan atusiasme karena dua aspek tersebut merupakan modal untuk kesiapan dalam menghadapi dunia kerja yang kompetitif.

Percaya pada diri sendiri

Tips Mendapatkan Pekerjaan – Merupakan modal dirimu dalam memenangkan persaingan dengan kandidat lainnya yang melamar di suatu perusahaan. Kamu harus tahu bahwa diri sendirilah yang harus diandalkan. Buang pikiran negatif yang dapat mempengaruhi usaha mu untuk mencapai keberhasilan. Misalnya, kamu melamar di perusahaan A dan selain kamu, ada 15 orang juga melamar di posisi yang sama, sedangkan yang dibutuhkan perusahaan hanya satu orang. Dengan bekal percaya diri, kamu akan menjadi salah satu nominasi yang akan dipilih oleh perusahaan.

Memiliki pengetahuan dan wawasan dalam pekerjaan.

Pengetahuan dan wawasan terhadap posisi kerja yang akan diinginkanmerupakan modal dasar dalam bekerja. Tidak menutup kemungkinan ketika tawaran pekerjaan yang datang tidak sesuai latar belakang pendidikan, nukan berarti kamu tidak memiliki pengetahuan dan wawasan atas pekerjaan tesebut. Kamu perlu meningkatkan pengetahuan terhadap pekerjaan itu dengan banyak cara, misalnya melakukan pencarian di intenet dan bertanya kepada pakar atau rekan kerja yang sudah bepengalman di bidang tesebut.

Memiliki strategi dalam memilih perusahaan

Tips Mendapatkan Pekerjaan – Strategi ini bisa kamu gunakan sebagai alat untuk memenangkan persaingan pada saat proses rekrutmen dan seleksi karyawan. Adapun strategi tersebut, yaitu memilih perusahaan yang cukup baik dan sesuai latar belakang keahlianmu. Disarankan tidak melamar pekerjaan untuk posisi yang kurang sesuai dengan kualifikasimu karena kamu akan kalah bersaing dengan kandidat lain yang lebih sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan tersebut.

Memiliki strategi dalam melakukan wawancara.

Hampi sebagian besar pelamar kerja menganggap sesi wawancara merupakan momok yang luar biasa. Kebanyakan pelamar akan merasa panik jika dihadapakan pada situasi tersbut. Bahkan tidak sedikit yang meminta wejangan atau nasihat dari orang terdekat. Kondisi tersebut merupakan hal yang wajar, khususnya bagi pemula.

Dalam wawancara kerja, kamu harus menanamkan rasa percaya diri dengan memberikan informasi secara baik dan sistematis. Hampir sebagian besar pelamar kerja khususnya pemula atau fresh graduate, dalam memberikan informasi saat wawancara kerja tidak sistematis, sehingga tidak terarah dan konsisten antara pertanyaan dan jawaban yang diberikan. Hal ini akan berdampak pada penilaian saat sesi tersebut.

Memiliki Link atau Relasi yang Banyak.

Sebagai mahluk sosial, kita telah terbiasa menjalin hubungan dengan orang lain, baik secara formal maupun informal. Secara tidak langsung, menjalan relasi hukumnya wajib, meskipun tidak diatur dalam undang undang dan kita sangat membutuhkanmya. Bayangkan jika tidak ada interaksi dengan orang lain, ibaratnya kita hidup di hutan belantara, entah seperti apa kita disana.

Banyak informasi yang akan didapatkan denganmenkalin relasi, misalnya pengetahuan, pertemanan, dan yang paling utama adalah informasi lowongan pekerjaan, tidak dipungkiri, sebagai fresh graduate, pelamar kerja sangat menantikan informasi tersebut. Ada beberapa perusahaan yang tidak memasang iklan lowongan kerja di media cetak, tetapi melalui karyawannya sendiri atau dari mulut ke mulut. Disamping mendapatkan informasi lowowngan kerja, dengan menjalin relasi kita akan mendapatkan informasi mengenai perusahaan tersebut, sehingga dengan mudah mengetahui secara besar kondisi perusahaan tersebut.

Cara Mencari Informasi Lowongan Pekerjaan

Untuk mendapatkan pekerjaan, kamu dilarang berdiam diri. Ibarat menunggu durian runtuh, hal tersebut harus dihindari agar kamu tidak menjadi pengangguran terlalu lama. Banyak orang terlena dengan waktu, khusunya bagi yang baru lulus dari banguk pendidikan. Banyak alas an mengapa seseorang tidak bergegas mencari pekerjaan yang sesuai ke ahlian atau kompetensi yang dimiliki seperti ingin menghabiskan waktu untuk bersenang senangkarena sudah relalu pusing belajar dan mengikuti serangkaian ujian semasa pendidikan. Ada juga yang memilih melakukan kegiatan lain, selain bekerja, mengamnggap bahwa mencari pekerjaan itu sulit, dan masih banyak alas an lainnya.

Melihat kondisi terburuk tersbut bahwa seseorang yang memiliki banyak alas an demi menunda mancari pekerjaan seperti itu akan kalah dalam kompetisi di dunia kerja. Kamu harus menyadari bahw setiap tahun angka kelulusan kian bertambah, di tambah lagi dengan kebijakan AFTA tahun 2015 ini, sehingga banyak tenaga asing hijrah ke negri ini demi mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, daya saing di sunia pekerjaan semangkin ketat, sehingga kamu harus bersaing sedini mungkin.

Beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat, adalah sebagai berikut :

  1. Jadilah detektif dalam mencari pekerjaan
  2. Cari informasi lowongan kerja melaui relasi internal dan eksternal
  3. Cermati poin poin penting pada iklan lowongan kerja
  4. Temukan pekerjaan sesuai impianmu

demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id . terima kasih