Teknik Dasar Lompat Jauh yang Wajib Dikuasai Pemula

Diposting pada

Teknik Dasar Lompat JauhBagi setiap pemain olahraga lompat jauh, penting untuk mengetahui dan menguasai Teknik Dasar Lompat Jauh. Setidaknya ada empat teknik dasar yang harus bisa dilakukan dengan sesuai urutan yang benar sehingga bisa membuat sebuah lompatan yang sempurna.

Teknik dasar harus bisa dilakukan dengan baik dan benar untuk meminimalisir cedera yang dialami oleh pemain lompat jauh.

Teknik Dasar Lompat Jauh yang Wajib Dikuasai Pemain Pemula

Cabang olahraga lompat jauh merupakan sebuah olahraga yang menggabungkan antara kekuatan, kecepatan dan kelincahan pemain untuk melakukan lompatan dari papan tolak lompat jauh. Tujuan dari dilakukannya lompatan adalah untuk mencapai jarak melompat yang sejauh mungkin dari papan tolakan yang tersedia.

Meski terlihat mudah, untuk bisa melakukan lompatan yang jauh dan sempurna membutuhkan latihan dan kewaspadaan tingkat tinggi sehingga bisa terhindar dari resiko cedera yang bisa di alami jika pemain salah melakukan lompatan tolakan atau ketika melakukan pendaratan.

Di bawah ini adalah 4 teknik dasar dari olahraga lompat jauh sekaligus dengan posisi badan yang benar sehingga terhindar dari resiko cedera saat olahraga.

Teknik Dasar Ancang-Ancang

Teknik dasar yang pertama adalah untuk melakukan teknik ancang-ancang atau awalan dengan cara melakukan gerakan berlari secepat mungkin. Bahwa panjang lintasan lari pada olahraga lompat jauh dari posisi awal sampai di lokasi balok tolakan adalah sekitar 20 meter hingga 30 meter.

Untuk itu posisi badan yang benar untuk memulai gerakan berlari dengan kecepatan tinggi adalah dengan menghadapkan badan ke arah depan atau arah menuju balok tolakan lompat jauh berada.

Dengan tujuan untuk mempersiapkan pemain dengan baik sehingga mempunyai fokus yang bagus untuk melakukan tolakan pada lompat jauh dengan benar dan sempurna.

Melakukan teknik dasar awalan dengan benar akan memberikan manfaat pada kemarin sehingga mempunyai dorongan untuk melompat yang berhasil memperoleh hasil lompatan sejauh mungkin di bak lompat.

Teknik Tolakan

Teknik yang kedua adalah teknik melakukan tolakan yaitu posisi awalan sebelum melakukan lompatan. Bahwa posisi badan yang bagus untuk melakukan teknik tolakan ini adalah dengan posisi berada di kondisi badan tegak kemudian kedua tangan harus di angkat dan di ayunkan ke bagian depan dan atas.

Untuk melakukan teknik tolakan ini, bagian kaki yang di pakai untuk memberikan tumpuan pada balok tolakan adalah kaki yang memiliki kekuatan maksimal untuk berfungsi sebagai tumpuan atau pijakan lompatan. Pastikan untuk mengupayakan kecepatan lari dan kekuatan kaki untuk berpijak harus bisa seimbang sehingga bisa menghasilkan kualitas lompatan yang terbaik.

Teknik Lompatan Melayang Di Udara

Teknik Dasar Lompat Jauh yang berikutnya pada olahraga lompat jauh adalah untuk melakukan teknik lompatan melayang di udara. Gerakan ini adalah gerakan yang lakukan setelah pemain melakukan tolakan papan tolakan, posisi tubuh terangkat ke udara yang terlihat seperti posisi melayang di udara.

Untuk teknik ini harus perhatikan dengan benar karena memiliki pengaruh yang sangat besar pada hasil jarak lompatan pemain di bak lompat jauh. Adapun untuk gaya yang ada teknik melayang ini terdiri dari 3 gaya antaranya adalah :

  • Gaya Jongkok

Posisi mana atau posisi badan ada dalam kondisi tidak melawan arah angin (aerodinamis) sehingga bisa membuat pemain bisa mencapai jarak lompatan yang inginkan.

  • Gaya Terbang Atau Melayang

Adalah sebuah posisi badan pemain yang berada dalam kondisi tegap menghadap ke arah bagian depan lompatan. Namun gaya ini cukup sulit untuk dilakukan karena membutuhkan keseimbangan pemain yang cukup tinggi.

  • Gaya Berjalan Di Udara

Kemudian gaya yang ketiga adalah gaya berjalan di udara yang memiliki posisi kaki ketika melompat adalah berada di udara dalam kondisi bergerak sehingga menyerupai gerakan berjalan di udara. Tujuan gaya ini adalah untuk mendapatkan jarak lompat yang sejauh-jauhnya.

Teknik Mendarat

Kemudian teknik dasar yang terakhir adalah untuk melakukan gerakan untuk teknik mendarat yang benar sehingga tak beresiko untuk mengalami resiko cedera karena melakukan pendaratan yang salah.

Untuk hal ini perlu lakukan latihan khusus dengan posisi kedua kaki dalam kondisi berimpitan sehingga lutut dan kaki tak begitu terguncang atau terbentur terlalu keras ketika mendarat di bak pasir untuk lompat jauh.

Pemain juga harus bisa menghindari melakukan pendaratan dengan menggunakan pantat yang bisa menyebabkan terjadinya resiko cedera parah di tubuh bagian pinggang dan tulang ekor pemain.

Itulah beberapa Teknik Dasar Lompat Jauh yang wajib untuk dikuasai oleh pemain pemula dalam olahraga lompat jauh.

Kami harap Anda menemukan artikel ini bermanfaat dan menghibur. Kami berharap artikel ini adalah pertanda baik dari hidup Anda dan kami berharap Anda menjauh dari hal-hal buruk dan menyakiti diri sendiri.

Ini adalah artikel dari ruangbimbel.co.id. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Terima kasih banyak