Jaringan Telekomunikasi : Pengertian, Proses, Komponennya

Diposting pada

Pengertian Telekomunikasi – Hai sobat ruangbimbel.co.id. di artikel sebelumnya kita sudah membahas artikel mengenai Pengertian Basis Data . maka kali ini kita bakal membahas artikel mengenai Pengertian Telekomunikasi. Nah langsung aja yuk simak artikel ini beserta ulasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Telekomunikasi

Pengertian Jaringan

Kata telekomunikasi berasal dari kata Yunani Tele dan kencan. Tele berarti jarak, sedangkan komunikasi berarti transmisi informasi atau koneksi dari satu simpul (titik) ke simpul lain.

Pengertian Telekomunikasi – Jadi ketika diterjemahkan secara langsung, panggilan berarti mengirim pesan atau koneksi dari node tertentu ke lokasi yang jauh. Akibatnya, jika Anda melihat model berikut, algoritme salah. Beberapa contoh adalah:

Interkom: Hubungan dekat dalam percakapan antara dua orang, dan telepon dapat dipanggil antara, hanya 1-2 m, dipisahkan oleh dinding tipis. Tetapi bahkan jika itu di kejauhan, di kejauhan, percakapan telepon juga dikenal.

Orang-orang berteriak: komunikasi jarak jauh, atau tanpa bantuan 50-70 meter. Namun, bahkan sejak pertemuan pertama, itu tidak disebut tautan.

Jadi, dari contoh-contoh sebelumnya, dapat dikatakan bahwa telekomunikasi melibatkan jarak dengan jenis peralatan tertentu. Oleh karena itu, definisi telekomunikasi yang lebih akurat dari definisi di atas adalah hubungan antara satu node dan node lainnya menggunakan kotak penyimpanan atau peralatan khusus. Dapat dilihat bahwa hubungannya tidak dekat. Namun, penting untuk menggunakan bantuan peralatan khusus. Peralatan khusus dalam “telepon” telekomunikasi mungkin tidak dalam bentuk peralatan listrik, tetapi mungkin dalam bentuk asap, bendera, atau jenis kelamin untuk mengatur sistem.

Proses Telekomunikasi

Telekomunikasi adalah komunikasi informasi (dalam hal ini, perubahan “bentuk informasi”), yang merupakan komunikasi listrik / elektronik dari transmisi informasi dari sumber ke sumber. ‘Penerima media komunikasi yang mengandung perangkat atau komponen komunikasi:

  • Sumber (suara manusia, speaker dan sumber bunyi lainnya)
  • Penerima (telinga, mikrofon dan sebagainya)
  • Meida (udara, kabel)

Telekomunikasi primitif dasar adalah point-to-point, yaitu, ada asal (origin) dan sinking (tujuan). Untuk memulai dan mengakhiri komunikasi antara kedua pihak, harus ada sinyal yang diketahui kedua belah pihak. Fungsi alarm PtP adalah sinyal untuk memulai dan mengakhiri koneksi.

Telekomunikasi modern memiliki format point-to-multipoint (PtM), tanpa perlu pensinyalan PtM ke arah yang sama, sedangkan pensinyalan PtM 2 arah diperlukan. Telekomunikasi adalah bentuk bertingkat yang terjadi dalam hubungan hierarkis bertingkat.

Berdasarkan uraian di atas maka teknologi telekomunikasi bila dilihat berdasarkan taksoomi teknologi telekomunikasi mencakup:

  1. Sumber (sources)
  2. Jaringan telekomunikasi (sistem telekomunikasi, switching, signalling)
  3. Tujuan (destinations)

Pengertian Telekomunikasi – Perangkat telekomunikasi bertanggung jawab untuk menghubungkan satu pengguna ke pengguna lainnya. Kedua pengguna bisa sangat terpisah atau sangat berdekatan. Awalnya, teknik telekomunikasi yang dikembangkan oleh orang-orang untuk menembus jarak bisa tak ada habisnya, dalam perkembangannya, telekomunikasi lebih berkembang pada kebutuhan pengguna yang tidak terkait dengan jarak.

Dibandingkan dengan sistem lain, proses komunikasi antar panel benar-benar sederhana, tetapi ini adalah sistem dua arah, di mana kedua belah pihak berbicara dan mendengarkan.

Alarm bayi terlihat seperti interaktif, tetapi lebih mudah karena mereka adalah sistem yang sama. Sistem ini mencakup mikrofon, dipasang di kamar anak-anak, dan sistem suara di kamar orang tua. Suara output bayi diubah menjadi sinyal elektronik melalui mikrofon, sinyal ini ditransmisikan melalui kabel, disesuaikan dengan amplifier dan diubah menjadi transmisi audio. Transduser dan dua komponennya membentuk sistem komunikasi.

Dari proses komunikasi di atas, jenis-jenis sistem komunikasi dapat diklasifikasikan sesuai dengan metode:

Simplex : satu arah, contoh radio, tv

Half Duplex ;  dua arah contoh radio CB

Full Duplex : dua arah dan simultan contoh telephone

Arus yang digunakan :

Sinyak arus searah : kode morse

Sinyal arus bolak – balik : semua jenis media trasmisi dapat merambatkan arus bolak-balik, contoh gelombang radio, kabel, dan serat optic

Kapasitas Saluran

Jika ada sumber informasi yang memungkinkan untuk 2 sinyal yang mungkin dari masing-masing p1 dan p2, maka nilai rata-rata informasi untuk setiap sinyal dapat dihitung dengan mengambil laporan yang memiliki panjang N yang sama dan mengurangi nilai absolut dari informasi berikut:

Simbol Jumlah simbol dalam berita Nilai informasi setiap simbol Jumlah nilai informasi
I Np1 -log2p1 -Np1 log2p1
II Np2 -log2p2 -Np2 log2p2

Komponen Jaringan Telekomunikasi

Jaringan telepon adalah jaringan telepon terbesar di dunia. Bentuk lain, seperti siaran data atau televisi, biasanya ditransmisikan melalui telepon melalui terminal yang sesuai. Jaringan kabel adalah jaringan terbesar, dan selain menghubungkan jaringan pusat, Anda memerlukan sakelar pusat dan beberapa terminal di seluruh dunia.

Dari konsep dasar telekomunikasi, hingga telepon, telekomunikasi dibutuhkan. Itu terhubung ke kata-kata di dalam atau di sekitar jaringan. File transfer dapat digunakan dalam berbagai format, tetapi seringkali merupakan output audio ponsel, atau dengan kata lain, jaringan telekomunikasi terbesar di dunia. Telegram, file atau telepon, juga disebut telepon, yang merupakan grup terbesar, karena selain komunikasi terminal, penutupan pusat juga sangat penting dan luas. Dunia Alamat Rapat Umum.

Dalam jaringan telekomunikasi, terminal berbeda, misalnya, telepon, teleks, radio, televisi dan sebagainya. Saluran media juga berbeda – ranjau darat dan udara. Selain itu, svichingnya berbeda – beberapa bahkan tanpa koneksi.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih