Tanaman Pohon Singkong : Pengertian, Manfaat, Cirinya

Diposting pada

Pengertian Pohon Singkong

Pengertian Pohon Singkong – Tanaman pohon singkong (Manihot utilissima) atau disebut juga ubi kayu adalah salah satu tanaman dikotil yang berasal dariĀ  negara Amerika Selatan yang sangat mudah untuk dibudidayakan dan banyak mempunyai manfaat bagi kehidupan sehari-hari.Hampir semua masyarakat mempunyai pohon singkong dilingkungan rumahnya. Karena memang sangat mudah untuk menanamnya, cenderung pohon singkong meskipun tidak harus disiram setiap hari akan tetap hidup dan tumbuh subur. Walaupun mudah dibudidayakan pohon singkong susah untuk bisa hidup ketika musim panas terus menerus ataupun musim hujan terus menerus karena batang pohon singkong cenderung mudah kering ataupun busuk. Pohon singkong dimanfaatkan mulai dari daun,batang,dan umbinya.

Pengertian Pohon Singkong

Ciri-ciri Pohon Singkong:

  • Memiliki batang berwarna coklat yang ada bintik-bintik
  • Memiliki daun sejajar atau melengkung 
  • Memiliki akar
  • Bunga
  • Umbi

Macam-macam pohon singkong:

  • Singkong kasesa
  • Singkong thailand
  • Singkong mentega
  • Singkong susu
  • Singkong gajah
  • Singkong mukibat
  • Singkong Emas
  • Singkong manggu

Manfaat batang singkong:

Luka yang bernanah

Pengertian Pohon Singkong – Batang singkong bisa digunakan untuk mengobati luka yang bernanah dengan cara batang daun singkong ditumbuk setelah ditumbuk hasil tumbukannya bisa langsumg ditempelkan diluka yang bernanah lalu diperban dan diamkan dalam waktu satu minggu maka luka akan perlahan sembuh. Contohnya Dapat digunakan sebagai kayu bakar

Manfaat daun singkong

Merendahkan tekanan darah tinggi

Pengertian Pohon Singkong – daun singkong dapat merendahkan tekanan darah tinggi karena daun singkong memiliki serat yang sangat tinggi yang dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh.

Mengatasi stroke

Daun singkong bisa digunakan untuk mengatasi stroke karenma daun singkong memiliki zat isoflavon yang merupakan salah satu jenis dari flavonid.Zat ini mampu untuk mengobati stroke karena menurunkan kadar kolestrol LDL yang merupakan kolestrol jahat yang bisa mengakibatkan penyakit stroke.

Baik  untuk ibu hamil

Daun singkong baik untuk ibu hamil karena mengandung vitamin C dan folat.Semangkung sayur daun singkong mengandung 15 persen kebutuhan folat untuk tumbuh dan 47 persen kebutuhan kalsium yang dibutuhkan tubuh dalam sehari.

sebagai obat cacing

Daun singkong dapat menjadi obat cacing herbal karena kandungan yang ada pada daun singkong bisa menghancurkan cacing yang ada didalam tubuh kita karena racun yang ada pada daun tersebut.

Membantu mengobati diare

Jika anda mengalami diare daun singkong bisa menyembuhan dengan cara direbus dan dimakan bisa untuk lalapan atau bisa dibuat sayur tetapi untuk airnya tidak boleh dimunum karena mengandung racun.

Meredakan rematik

Penyakit rematik merupakan salah satu penyakit yang menyerang organ kaki.Ternyata daun singkong dapat menjadi obat rematik karena mengandung zat-zat yang bersifat  antiinflamasi. Zat tersebut akan mencegah terjadinya pelepasan zat lain didalam tubuh yang akan menyebabkan peradangan dalam tubuh.Selain itu ini merupakan obat herbal yang tidak mengandung efek samping oleh karena itu ini sangat baik bagi tubuh.

Manfaat ubi singkong :

Menurunkan berat badan

Dapat membantu menurunkan berat badan karena ubi singkong merupakan makanan yang kaya serat dan rendah kalori jika dikomsumsi setiap hari maka berat tubuh kaya turun karena tubuh tidak banyak mengkomsumsi makanan yang berkalori dan tidak menimbulkan efek samping karena ini merupakan diet alami.

Pencernaan tubuh

Ubi singkong sangat baik untuk pencernaan karena ubi mengandung serat yang tidak larut dalam air maka hal ini membantu tubuh dalam penyerapan racun yang masuk dalam  usus lalu diproses sehingga dapet menimbulkan hal yang baik bagi pencernaan.

Baik untuk mata

Singkong sangat baik untuk mata karena mengandung vitamin A dan mempunyai senyawa seperti betakaroten yang dapatbmembuat mata jernih dan tidak kabur.

Daya tahan tubuh

Ubi mengandung beta karoten,vitamin B ,zat besi dan fosfor yang dapat untuk menjaga kekebalan tubuh dan daya tahan tubuh sehingga dapat membuat tumbuh menjadi seimbang.

Jajajan Tradisonal

Ubi singkong juga dapat dimanfaatkan untuk membuat jajanan tradisional masyarakat indonesia seperti; cenil, tape, timus, oncom, gethuk, rondo royal, sawut singkong, ongol-ongol, cemplon, dan kolak singkong.

Kesimpulan

Menurut pengertian diatas kita dapat simpulkan bahwa kita sebagai warga indonesia yang kaya akan sumber daya alam terutama untuk tumbuh-tumbuhan singkong yang banyak kita jumpai di indonesia, kita harus menjaga dan melestarikannya agar tumbuhan ini tidaklah rusak, karena banyak sekali masyarakat yang salah memanfaatkannya,terkadang tumbuhan ini terutama untuk daunnya sering dimanfaatkan untuk makanan hewan, sebagian masyarakat ada yang mengambil daunnya hanya untuk kepentingan sendiri dan membiarkan tumbuhan tersebut rusak begitu saja, padahal banyak sekali manfaat yang dapat kita ketahui dari pohon singkong tersebut, marilah kita menjaga pohon singkong ini dengan baik.

demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. terima kasih