METABOLISME : Pengertian, Proses, Fungsi, Contoh

Diposting pada

Pengertian Metabolisme

Pengertian Metabolisme adalah kata yunani dan akrab bagi sebagian besar telinga, sebagian besar bagi mereka yang berjuang di dunia medis. Orang awam sering dapat mengatakan kata untuk menyebabkan obesitas karena metabolisme yang buruk. Kata itu juga tidak asing bagi mereka yang belajar di dunia sains atau ilmu alam (IPA).

Meskipun istilah ini sering digunakan dalam produksi kalimat atau ungkapan, banyak yang tidak mengerti arti kata metabolisme. Faktanya, beberapa orang mengerti bahwa kata metabolisme memiliki arti yang sama dengan sistem kekebalan tubuh dan ini tidak benar. Ini bisa disebabkan oleh sejumlah hal, salah satunya adalah kurangnya pengetahuan akan dunia sains.

Pengertian Metabolisme

Metabolisme atau metabolisme mengubah makna bahasa Yunani dan ditafsirkan oleh para ahli dalam banyak hal. Metabolisme adalah semua reaksi kimia yang terjadi atau terjadi dalam tubuh pada level seluler atau rendah. Metabolisme juga merupakan produksi atau produksi energi atau energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk makhluk hidup.

Dengan kata lain, metabolisme adalah cara tubuh untuk mengubah nutrisi energi. Energi dari metabolisme akan digunakan untuk semua kegiatan seperti meditasi, pernapasan dan berbicara. Ini akan mempersulit hewan yang hidup dengan metabolisme rendah untuk menjalankan fungsinya.

Meskipun keduanya memiliki perbedaan luar biasa yang belum banyak diketahui, metafornya sering sama dalam proses pencernaan. Pencernaan makanan adalah proses dalam tubuh dengan nutrisi yang membantu menghasilkan dan memecah nutrisi. Setelah itu, metabolisme muncul sebelum metabolisme itu sendiri.

Saluran pencernaan dimulai ketika makanan memasuki mulut dan kemudian rusak dengan bantuan enzim di dalam mulut. Setelah makan berubah bentuk atau bentuk, itu diserap oleh nutrisi dan diubah menjadi energi yang dibutuhkan. Bahkan ketika menyangkut metabolisme, nutrisi seperti karbohidrat diberi energi oleh aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya ditafsirkan sebagai perubahan saja, metabolisme juga ditafsirkan sebagai proses kimiawi tubuh. Proses kimia yang dihasilkan mengubah senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana dan sebaliknya.

Proses Metabolisme

Proses metabolisme terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

Metabolisme Karbohidrat

Sebelumnya, karbohidrat untuk tubuh adalah sumber energi yang terdiri dari tiga unsur, yaitu karbon dan hidrogen dan oksigen. Karbohidrat juga merupakan nutrisi yang digunakan dalam tubuh dan ditemukan dalam banyak makanan. Karbohidrat akan hadir dalam nasi, gandum, jagung, dan makanan serupa lainnya. Harap perhatikan juga bahwa fungsi karbohidrat adalah sebagai berikut:

1. Sumber energi

Karbohidrat adalah komponen utama glukosa dan merupakan sumber energi utama bagi tubuh, terutama otak dan mata. Dengan 1 gram glukosa, Anda mendapatkan 4,1 kalori. Karena itu pengaruhnya terhadap kekuatan tubuh sangat besar. Karena itu, tidak mengherankan bahwa banyak orang mengatakan bahwa seseorang yang tidak memiliki karbohidrat akan kekurangan energi.

2. Pembentuk senyawa yang lain

Karbohidrat adalah penyusun senyawa yang lain seperti asam lemak.

3. Penyusun gen

Kita tidak tahu banyak tentang fakta bahwa karbohidrat adalah bagian integral dari gen yang ditemukan dalam inti sel. Gen adalah sel yang mewarisi sifat orangtua dari anaknya, sehingga perannya sangat penting. Gen adalah sel yang terdiri dari dua karbohidrat, berjumlah lebih dari 5 c, yaitu RNA dan DNA.

Proses metabolisme karbohidrat adalah proses kimia yang terjadi dalam tubuh. Seperti halnya karbohidrat, bentuk yang paling penting atau paling penting disebut gula, gula sederhana atau monosakarida. Olahan gula yang tidak sederhana atau kompleks disebut polisakarida. Zat tersebut kemudian melalui proses penambahan air ketika proses pencernaan terjadi atau organisme menurun dalam tubuh. Hidrolisis adalah proses memecah polisakarida menjadi monosakarida dengan bantuan atau penggunaan molekul air atau H2O. Penurunan karbohidrat dalam mulut difasilitasi oleh enzim yang disebut bialin yang mengandung hidrolisis pati.

Metabolisme Protein

Protein adalah protein yang berasal dari bahasa Yunani senyawa kompleks polimer atau monomer asam amino. Metabolisme protein adalah proses penjelas, proses fisik dan kimia yang mengarah pada produksi asam amino sebagai protein. Karena itu, asam amino yang menyusun protein adalah nitrogen atau N.

Senyawa asam amino sangat penting bagi tubuh karena senyawa ini berfungsi sebagai bentuk senyawa penting lainnya seperti histamin. Selain itu, senyawa penting lainnya yang terbentuk adalah neurotransmiter dan nuklei dan asam amino, yang dapat dikonversi menjadi lemak. Minyak ini diubah menjadi energi tubuh.

Selain itu, hati adalah pusat yang efektif untuk memecah protein dan mendistribusikan asam amino ke seluruh tubuh selama metabolisme protein. Tidak hanya itu, hati juga bertindak sebagai aliran limbah atau aliran limbah dari sisa metabolisme. Protein membentuk struktur sel dan mengatur reaksi biokimia.

Metabolisme Lemak

Mengetahui kolesterol adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh, dengan kata lain, makrokristalin. Lemak terdiri dari gliserol dan asam lemak, dan gliserol ditambahkan ke molekul organik dalam hidroksil yang berbeda. Asam lemak juga merupakan bentuk hidroksil dan memiliki rantai karbon yang panjang. Lemak tidak larut dalam air, tetapi jika pelarutnya adalah pelarut organik seperti benzena, ia akan larut. Lemak paling sering digunakan atau digunakan dalam mRNA dan dapat berkomunikasi dengan asam lemak lainnya. Lemak adalah sumber energi lain selain karbohidrat, sering disebut trigliserida. Selain itu, metabolisme lemak adalah proses kimia yang melibatkan proses katabolik dan anabolik dengan produk-produk energi. Metabolisme lemak juga dikenal sebagai proses yang kompleks dan melibatkan berbagai reaksi dan jalur.

Fungsi Metabolisme

Seperti yang dijelaskan dalam paragraf sebelumnya, metabolisme harus terjadi agar organisme dapat bertahan hidup. Karena fungsinya yang penting, fungsi metabolisme meliputi: penyerapan energi.

Metabolisme adalah proses yang memberi energi pada tubuh, sehingga ketiga proses itu akhirnya menjadi energi. Energi ini berasal dari perubahan zat yang ada dalam makanan dan kemudian dikendalikan oleh air dan enzim. Otot digunakan untuk melakukan berbagai fungsi termasuk meditasi, berbicara dan berlari.

1. Pengganti sel atau jaringan yang rusak

Salah satu metabolit yang terlibat adalah metabolisme protein, yang merupakan polimer dari monomer asam amino protein. Polimer, yang merupakan protein, memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah arsitektur atau penggantian sel yang rusak. Diet sehat dapat didefinisikan sebagai diet sehat.

2. Respirasi jaringan pada tubuh

3. Pertumbuhan jaringan tubuh

4. Penyusun unit pembangun sel

Macam-Macam Metabolisme

Pengertian Metabolisme – Adalah energi yang dihasilkan oleh proses metabolisme yang panjang dan kompleks dibagi menjadi dua bagian, yaitu katabolisme dan anabolisme. Definisi metabolisme adalah proses memecah atau menghancurkan sendi dari fragmen menjadi potongan yang lebih berat. Penghapusan lain dilakukan ketika katabolisme dibantu oleh enzim dalam tubuh.

Maka interpretasi dari anobolisme adalah bagaimana merancang atau menyiapkan mesin sederhana untuk komputer atau makromolekul. maka kedua perubahan metabolisme tersebut adalah anabolisme dan katabolisme memiliki arti berbeda. Jadi apa yang dikatakan di atas adalah dua hal, yaitu bahwa anabolisme harus memiliki energi bebas untuk proses tersebut.

Katabolisme

Pengertian Metabolisme – Katabolisme memiliki dua fungsi, khususnya sebagai sumbangan hal-hal, yang dilakukan oleh organisme lain. Selain itu, ini adalah penjualan pengecer tingkat kedua yang membutuhkan keadaan darurat. Dia kemudian menjadi terlibat secara emosional dalam proses katabolisme menggunakan energi bebas dan enzim yang sebenarnya.

Ada empat jenis utama katabolisme: glikolisis, stres oksidatif, konversi asam sitrat dan transpor elektron. Glikolisis terjadi dalam sitoplasma yang mengandung substrat glukosa dan mengandung 2 ATP, 2 asam piruvat, dan 2 NADH. Penggantian molekul akan menjadi fokus enzim yang kuat.

Glikolisis dapat didefinisikan sebagai proses yang mengubah glukosa menjadi molekul yang menghasilkan NADH dan ATP. Seperti biasa, ketika NADH adalah bagian dari medan listrik dan meningkatkan ATP, energi ATP tampaknya dilestarikan. Juga, untuk glikolisis, itu membutuhkan ATP energi.

Setelah dekarboksilasi oksidatif mitokondria kedua terjadi dan substrat adalah asam pirovinavaya dan asetil-Co A. paling cocok untuk proses ini adalah sepanjang membran mitokondria, proses yang sering mengganggu seperti DO. dekarboksilasi reaksi oksidatif adalah untuk perubahan asam kiri baru atsetylnyya senyawa CO-A.

Metode ketiga – siklus asam sitrat, proses yang ditemukan dalam matriks mitokondria dan DH2 substrat ditambah ATP. Proses yang dijelaskan di atas adalah untuk menciptakan sebanyak 2 ATP, NADH dan 6 2 dan 4 FADH2, yang menghasilkan CO2. Tahap ini sering disebut siklus Krebs, dimana panimukyun bernama Hans Krebs berguna untuk mendapatkan sejumlah besar elektron.

Sementara langkah terakhir adalah transfer elektron, fase ini sering disebut pemanenan energi dari NADH dan FADH2. Pengangkutan elektron juga dikenal sebagai transfer elektron, yang pada gilirannya menciptakan koneksi H2O air.

Anabolisme

Pengertian Metabolisme – Seperti yang dijelaskan di atas, anabolisme adalah proses penciptaan yang sejalan dengan proses katabolisme .Proses ini membutuhkan energi yang dapat berupa energi kimia dan energi cahaya. Energi ini diperlukan untuk mengikat berbagai senyawa untuk membuat senyawa kompleks.

Anabolisme memiliki tiga tahap, yaitu:

1. Produksi monosakarida, asam amino dan nukleotida

Definisi Metabolisme – Monosakarida Berarti kata gula Yunani, untuk ditafsirkan sebagai senyawa karbohidrat paling sederhana. Contoh monosakarida adalah glukosa, yang memiliki rasa manis, sedangkan asam amino adalah monomer protein. Arti nukleotida adalah molekul dari kelompok gula dan konstituen piridin.

  1. Selain itu, ATP juga digunakan sebagai energi untuk mengubah asam amino, monosakarida dan nukleotida menjadi bentuk reaksi.
  2. Dan akhirnya, asam amino, monosakarida dan nukleotida, reaksi diubah menjadi molekul kompleks. Hasilnya adalah molekul asam amino kompleks, yaitu protein. Monosakarida adalah polisakarida dan nukleotida adalah asam nukleat.

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Berolahraga

Pengertian Metabolisme – Olahraga adalah jenis aktivitas yang dapat membakar kalori atau lemak dalam tubuh dan paling efektif. Aktivitas ini juga dapat meningkatkan massa otot dan merampingkan pembakaran, meskipun dengan cepat menyebabkan rasa lapar. Mungkin Anda bisa berkeringat beberapa menit berolahraga untuk mendukung metabolisme tubuh Anda.

Minum cukup

Seperti diketahui, 80% dari tubuh manusia terdiri dari air, sehingga jika tidak ada air atau cairan itu akan menyebabkan masalah. Salah satu masalah adalah dehidrasi, yang nantinya dapat menyebabkan penyakit dan efek samping. Air minum yang teratur, terutama air, mengisi cairan tubuh dan meningkatkan metabolisme hingga 40%.

Kurangi minuman soda

Minuman dengan soda akan meningkatkan berat badan Anda dan meningkatkan keinginan Anda untuk makan makanan manis. Bukan hanya itu, tetapi minuman beralkohol dapat menyebabkan peradangan bagi sebagian orang, bahkan jika mereka minum terlalu banyak. Selanjutnya, sebagian besar minuman beralkohol memperlambat proses metabolisme dalam tubuh.

Makan

Memahami metabolisme – Makanan yang dimaksud makan pada intensitas yang sama, tetapi dengan sedikit atau tanpa sajian. Kami sering menganggap metode ini sebagai penambah metabolisme, dan pada saat yang sama, kami dapat membantu proses makan yang ingin Anda lakukan. Ini karena makan berlebihan membakar banyak kalori, sehingga menghambat program penurunan berat badan.

Makan porsi kecil bisa dilakukan empat hingga empat kali sehari dan ditambahkan ke berbagai makanan ringan. Jika Anda tahu, sering ada rasa lapar, tetapi cobalah minum ketika datang ke air. Jika ini belum efektif, Anda dapat melakukan perubahan dengan cepat, misal. Puasa Senin Kamis.

Konsumsi teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan yang bagus untuk tubuh, sehingga tidak mengherankan jika teh ini sering masuk dalam menu hidup sehat. Bentuk teh ini membantu program penurunan berat badan dan meningkatkan metabolisme orang yang meminumnya. Untuk kesehatan Anda, Anda dapat secara teratur mengonsumsi dua cangkir teh hijau sehari.

Pantau terus artikel dari ruangbimbel.co.id yaa.. suwuuunnnn