Pengertian Manajemen Keuangan : Fungsi, Sumber dan Penggunaan keuangan

Diposting pada

Pengertian Manajemen Keuangan

Pengertian Manajemen Keuangan adalah proses manajemen yang diterapkan pada fungsi fungsi keuangan. Sedangkan fungsi merupakan kegiatan utama yang harus dilakukan oleh mereka yang bertangung jawab dalam bidang tertentu. (Suad Hasan, 2001)

Karena itu, mereka yang bertanggung jawab dala bidang/aspek keuangan, akan melakukan kegiatan kegiatan utama dalam menjalankan tugasnya.

Untuk menjalankan usahanya, perusahaan memerlukan berbagai aktivitas riil. Diantara aktiva aktiva tersebut ada yang berwujud; seperti misalnya, mesin, bangunan, peralatan kantor, dan sebagainya, ada pula yang tidak berwujud; seperti kecakapan teknisdan manajerial, merek dagang dan paten, semua aktiva itu, untuk memperolehnya harus dibayar . untuk memperoleh uang yang diperlukan, perusahaan mungkin menjual surta surat berharga, yang disebut sebagai aktiva financial. Surat surat ini mempunyai harga karena mereka mempunyai claims terhadap aktiva riil perusahaan. Aktiva financial ini terdiri dari atas saham(baik biasa maupun preferen), obligasi, utang bank, kewajiban sewa, dan lain sebagainya.

Karena itu manajer keuangan menghadapi dua masalah utama yaitu :

  1. Berapa banyak perusahaan melakukan investasi, dan pada aktiva apa saja investasi tersebut.
  2. Bagaiman cara memperoleh kas untuk membelanjai investasi tersebut?

Jawaban atas pertanyaan pertama merupakan keputusan investasi atau capital budgeting perusahaan. Inilah yang merupakan salah satu kegiatan utama atau fungsi manajemen keuangan; yang disebut sebagai fungsi penggunaan dana (allocation of fund). Jawaban atas pertanyaan kedua merupakan keputusan pembelanjaan (financing decision) yang harus diambil oleh manajer keuangan, dan ini tidak lain merupakan kegiatan utama atau fungsi manajemen keuangan yang lain, yang disebut sebagai fungsi mendapatkan dana (raising of funds). Dengan demikian maka fungsi fungsi manajemen keuangan ada 2 yaitu :

  1. Fungsi mendapatkan dana (raising of funds)
  2. Fungsi menggunakan dana (allocation of funds)

Dengan penjelasan diatas maka manajemen keuangan sering disebut juga sebagai manajemen aliran dana. Sebabnya tidak lain adalah karena kalau dipandang dari waktu ke waktu, akan dana yang masuk ke dalam perusahaan dan yang keluar dari perusahaan. Dana ini berasal dari berbagai sumber :

  • Pemilik perusahaan ( saham)
  • Pinjaman Lembaga keuangan (Bank)
  • Hasil Perusahaan (Laba)

Dana yang berasal dari berbagai sumber ini dialokasikan untuk berbagai penggunaan, untuk aktiva tetap, fasilitas produksi, dan distribusi, membeli persediaan guna kelancaran produksi, tertanam pada piutang dan lain sebagainya.

Fungsi Manajemen Keuangan

Fungsi manajemen keuangan terdiri dari tiga keputusan utama yang harus diambil oleh perusahaan, yakni :

Keputusan investasi

Termasuk kedalam keputusan investasi adalah :

  1. Investasi modal, yaitu pengalokasian modal ke dalam usaha –usaha investasi yang manafaatnya akan direalisasikan di masa yang akan datang.
  2. Keputusan mengalokasikan kembali modal, apabila modal yang terikat pada suatu aktiva tidak dapat dibenarkan lagi dari segi ekonomi.
  3. Penentuan jumlah aktiva yang dimiliki perusahaan dan  berhubungan dengan jumlah dana/modal yang harus disediakan untuk pembelian aktiva-aktiva tersebut.
  4. Komposisi dari aktiva-aktiva tersebut
  5. Corak resiko bisnis dari perusahaan itu menurut persepsi pensuplai modal.
  6. Keputusan financing (pembelanjaan)

Keputusan ini mencakup penentuan struktur modal yang terbaik, dalam hal ini manajer keuangan harus membuat keputusan mengenai bagaimana kombinasi pembelanjaan yang akan digunakan.

Baca Juga Kepribadian dan Perilaku Manusia : Karakteristik, Sikap

Keputusan Deviden

Keputusan ini meliputi keputusan tentang penentuan pembagian pendapatan antara penggunaan pendapatan untuk dibayarkan kepada para pemegang saham sebagai deviden atau untuk digunakan dalam perusahaan tersebut sebagai laba yang ditahan.

Laba yang ditahan merupakan salah satu dari sumber dana yang dapat digunakan untuk membiayai pertumbuhan perusahaan, sedangkan deviden merupakan alir kas yang dibayarkan kepada [emegang saham.

Penggunaan Dana Keuangan

Sumber dana perusahaan dapat dibagi menjadi 2 )dua) yaitu :

Dari dalam perusahaan

Sumber dana dari dalam perusahaan meliputi :

  • Penggunaan laba perusahaan
  • Penggunaan cadangan
  • Penggunaan laba yang tidak dibagi
  • Dari luar perusahaan
  • Dari pemilik, dalam bentuk saham
  • Dari pinjaman (bangk)

Pinjaman/kredit jangka pendekmerupakan kredit yang jangka waktunya tidak lebih dari satu tahun. Kredit ini antara lain kredit rekening Koran, kredit penjualan, dan kredit pembeli. Sedangkan kredit jangka panjang merupakan kredit yang jangka waktunya lebih dari satu tahun. Termasuk dalam kredit ini antara lain hipotik, obligasi, dan kredit bank.

Demikianlah artikel yang diatas berjudul Pengertian Manajemen Keuangan : Fungsi, Sumber dan Penggunaan keuangan dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima Kasih