Pengertian Komunikasi – Hai sobat ruangbimbel.co.id. di artikel sebelumnya kita sudah membahas artikel mengenai Bunga Adalah : Pengertian, Fungsi, Bagiannya. maka kali ini kita bakal membahas artikel mengenai Pengertian Komunikasi : Definisi, Fungsi dan Tujuan. Nah langsung aja yuk simak artikel ini beserta ulasan lengkapnya dibawah ini.
Definisi Komunikasi
Komunikasi ialah suatu proses penyampaian atau gagasan informasi baik itu pesan, ide, maupun gagasan dari satu pihak kepada pihak lain. Secara Umumnya komunikasi dilakukan secara lisan maupun verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak secara langsung. Apabila tidak terdapat bahasa verbal, dapat menggunakan bahasa isyarat seperti tersenyum, gesture tubuh, menggelengkan kepala atau bisa disebut dengan bahasa tubuh dan lain-lain.
Tujuan Komunikasi
Pengertian Komunikasi – Tujuan dari komunikasi adalah sebagai berikut : Hal yang disampaikan komunikator dapat dimengerti oleh komunikan. Tugas komunikator ialah harus menjelaskan pesan utama dengan jelas dan sedetail-detail mungkin. Orang lain bisa memahaminya. Dengan melakukan komunikasi tersebut setiap individu dapat memahami individu lainnya dengan kemampuan mendengar tentang suatu hal yang sedang dibicarakan orang lain. Supaya apa yang disampaikan dapat diterima orang lain. Jadi Komunikasi itu pendekatan persuasif adalah cara agar sebuah gagasan mudah diterima oleh orang lain. Bertujuan menggerakkan orang lain untuk melakukan suatu hal sesuai dengan keinginan komunikator.
Fungsi Komunikasi
Fungsi dari komunikasi yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari adalah: Sebagai Informasi: Komunikasi menyajikan suatu informasi yang diperlukan dari setiap individu maupun kelompok dalam mengambil suatu keputusan dengan meneruskan data untuk menilai beberapa pilihan yang akan diputuskan. Fungsi komunikasi aialah kendali memiliki arti bahwa komunikasi berperan untuk mengontrol perilaku orang lain maupun anggota dalam beberapa cara yang wajib dipatuhi oleh semua pihak. Untuk motivasi kita Komunikasi memberikan dalam hal memotivasi melalui penjelasan yang dilakukan oleh para motivator.
Syarat-Syarat Komunikasi
Ketika kita hendak melakukan sebuah komunikasi, maka terdapat syarat sebagai berikut:
Source: Source atau sumber adalah bahan dasar dari penyampaian pesan untuk memperkuat pesan itu sendiri. Salah satu contoh komunikasi adalah orang, buku, lembaga dan masih banyak contoh lainnya.
Komunikator ialah seseorang yang menyampaikan pesan, dapat berupa seseorang yang sedang menulis atau berbicara, berupa kelompok orang ataupun organisasi komunikasi seperti film, surat kabar, radio, televisi dan lain sebagainya.
Komunikan: Komunikan adalah penerima pesan dalam komunikasi berupa seseorang, kelompok ataupun massa.
Pesan ialah merupakan keseluruhan hal atau informasi yang disampaikan oleh seorang komunikator. Pesan memiliki tema utama sebagai pengarah dalam usaha untuk merubah tingkah laku serta sikap orang lain.
Saluran bisa disebut dengan media perantara yang digunakan oleh komunikator untuk menyampaikan pesan. Saluran komunikasi ini terbagi beberapa bagian, yaitu saluran formal atau resmi dan saluran informal atau tidak resmi. Effect adalah hasil akhir dari suatu komunikasi yang sudah terjadi.
Model Komunikasi
1. Model S – R
Model stimulus – respon (S – R) ialah sebagai model komunikasi yang paling dasar. Model istimulus ini dipengaruhi oleh disiplin ilmu psikologi, terutama yang beraliran behavioristik. Model ini disebut memberitahukan bahwa komunikasi sebagai aksi reaksi yang sederhana.
2. Model Aristoteles
Model Aristoteles adalah model komunikasi yang paling klasik, sering juga kita sebut dengan model retoris maka Model komunikasi ini terjadi karena seorang pembicara berbicara kepada khalayak dalam upaya untuk mengubah sikap mereka. Komunikator atau komunikan akan mengemukakan 3 (tiga) unsur dasar dalam proses komunikasi yaitu pembicara, pesan, dan pendengar.
3. Model Lasswell
Model komunikasi Lasswell merupakan ungkapan atau berupa verbal yang tersusun sebagai berikut:
Who-Says What-In Which Channel-To Whom-With What Effect?
Model Lasswell ada 3 (tiga) fungsi komunikasi yaitu: pengawasan lingkungan, korelasi berbagai bagian yang terpisah dalam masyarakat untuk merespon lingkungan, dan transmisi warisan sosial dari suatu generasi ke generasi lainnya.
Macam-Macam Komunikasi
Komunikasi berdasarkan penyampaian sebagai berikut:
1. Komunikasi Lisan
Komunikasi lisan merupakan yang dilakukan secara langsung atau tatap muka tanpa ada batas tertentu. Contoh komunikasi lisan seperti obrolan antara dua orang atau lebih, wawancara, diskusi,rapat, presentasi, seminar, dan masih banyak lagi.
2. Komunikasi Tertulis
Komunikasi tertulis dilakukan melalui perantara surat, WhatsApp,messanger, Email, Line, BBM, atau media pengirim pesan lainnya.
3. Komunikasi Berdasarkan Ruang Lingkup
Berdasarkan ruang lingkup atau sistematika komunikasi dibedakan menjadi 2, yaitu komunikasi internal dan komunikasi eksternal. Berikut penjelasannya:
- Komunikasi Internal: Komunikasi ini terjadi dalam ruang lingkup tertentu, misalkan dalam lingkungan organisasi atau dalam lingkungan kerja
- Komunikasi Eksternal: Komunikasi antara individu atau organisasi dengan masyarakat. Contohnya itu ialah konferensi pers, siaran televisi, siaran radio, bakti sosial, dll
4. Komunikasi Berdasarkan Aliran Informasi
Adapun Komunikasi berdasarkan aliran informasi terbagi menjadi 5 jenis yaitu:
No | Nama | Jenis |
1 | Komunikasi ke atas | Komunikasi dari bawahan ke atasan |
2 | Komunikasi ke bawah | Komunikasi ini terjadi antara atasan kepada bawahan |
3 | Komunikasi ke samping | Komunikasi ini dilakukan dengan orang yang memiliki kedudukan yang sama |
4 | Komunikasi satu arah | Komunikasi dari satu pihak saja, komunikasi inibiasanya terjadi di dalam suatu lembaga yang sedang mengalami keadaan darurat, jadi harus terdapat satu pihak yang memberikan instruksi tertentu |
5 | Komunikasi dua arah | Komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih, biasanya komunikasi ini berupa timbal balik antara satu orang dengan orang lain. |
Kesimpulan dari komunikasi adalah suatu hal yang disampaikan guna memberikan pemahaman kepada orang lain dengan berbagai macam teknik yang dapat dimengerti oleh pihak komunikator dengan pihak komunikan.
Demikian ulasan tentang Pengertian Komunikasi : Definisi, Fungsi dan Tujuan dari ruangbimbel.co.id. pentingnya dalam dunia bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih