Jaringan Komunikasi Data : Pengertian, Manfaat, Komponen

Diposting pada

Pengertian Jaringan Komunikasi Data – Hai sobat ruangbimbel.co.id. di artikel sebelumnya kita sudah membahas artikel mengenai Pengertian Jaringan Akses. maka kali ini kita bakal membahas artikel mengenai Pengertian Jaringan Komunikasi Data. Nah langsung aja yuk simak artikel ini beserta ulasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Jaringan Komunikasi Data

Pengertian Komunikasi Data

Pengertian Jaringan Komunikasi Data – adalah bagian dari koneksi telekomunikasi dan transfer atau transmisi data dan informasi antara komputer dan perangkat lain dalam format digital ditransmisikan melalui pembawa data komunikasi. Data adalah informasi yang telah disediakan oleh sinyal digital.

Transfer data adalah informasi penting yang mereka berikan ke infrastruktur dasar yang memungkinkan komputer berkomunikasi dengan perangkat.

Jaringan Komputer

Antarmuka online adalah serangkaian komputer, printer, dan perangkat lain yang terhubung ke perangkat. File dan file yang diekspor ke komputer online atau secara nirkabel, untuk berbagi dan distribusi file, pencetakan dan perangkat lunak jaringan / perangkat lunak untuk printer yang sama.

Sebuah komputer dapat memiliki 2, yaitu, ribuan, bahkan milyaran. Secara umum, komputer dibagi menjadi lima jenis:

Local Area Network (LAN)

Jaringan pribadi hingga beberapa kilometer di dalam gedung atau kampus. Jaringan lokal sering digunakan untuk menghubungkan sumber daya pribadi atau workstation di kantor perusahaan atau pabrik ke sumber dan informasi referensi.

Metropolitan Area Network (MAN)

MAN pada dasarnya adalah versi LAN yang canggih dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN.

Struktur MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berlokasi di atau dekat kota dan dapat digunakan untuk keperluan pribadi atau publik.

Wide Area Network (WAN)

Ini mencakup wilayah geografis yang luas, sering kali meliputi negara atau bahkan benua. WAN memiliki seperangkat mesin yang dirancang untuk menjalankan program pengguna.

Internet

Bahkan, ada beberapa jaringan di dunia ini, biasanya dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda. Orang yang terhubung ke jaringan seringkali diharapkan dapat berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lain. Kepentingan seperti itu seringkali membutuhkan koneksi antara keintiman dan jaringan yang berbeda.

Kami tidak dapat mengizinkan akses ke jaringan yang terhubung ke Internet.

Manfaat dan Keuntungan Komunikasi Data

Keuntungan komunikasi data termasuk kemampuan untuk memproses, menghitung, menyimpan, mengirim dan menerima data melalui komputer.

Keuntungan komunikasi data

Data diintegrasikan ke dalam basis data, sehingga mengurangi kebutuhan untuk:

  1. Pembukuan
  2. Pencatatan
  3. Pengetikan
  4. Berlubang
  5. Kontrol

Data yang dimasukkan lebih akurat karena

  • Dimasukan dari sumbernya
  • Oleh orang yang sudah biasa mengerjakan pekerjaan tersebut
  • Pimpinan dapat mengakses data yang masih segar dan akurat.

Komponen Sistem Komunikasi Data

Komponen Sistem Komunikasi:

  1. Host dan peripheralnya
  2. Adaptor (penyesuai)
  3. Arsip data
  4. Modem
  5. Kanal komputer (saluran fisik dan nonfisik)
  6. DTE

Sistem Operasi Jaringan

Untuk mengelola konektivitas jaringan, operator jaringan diperlukan. Sistem operasi jaringan dibagi menjadi 2 berdasarkan jenis jaringan, yaitu sistem operasi klien dan sistem operasi jaringan bersama.

Jaringan Client Server

Server dan klien yang memiliki jaringan komputer lain dan komputer menyediakan sumber daya untuk akses atau dengan jenis objek server.

Berbeda dengan model tingkat jaringan, jaringan model klien-server juga dapat digunakan untuk mengakses TPS. Sistem komputasi ini mengharuskan satu atau lebih aplikasi komputer spesifik digunakan sebagai klien / hub.

Keunggulan dari jaringan client server adalah:

  1. Kecepatan akses lebih tinggi karena konfigurasi jaringan dan perangkat manajemen dijalankan secara eksklusif oleh satu komputer, dan komputer tidak menanggung beban tugas lain (seperti workstation).
  2. Keamanan jaringan dan sistem manajemen lebih baik karena ada pengguna manajemen jaringan untuk mengelola manajemen jaringan dan sistem keamanan.
  3. Sistem cadangan data lebih baik karena jaringan klien cadangan terletak di server, yang mendukung semua data yang digunakan di jaringan.

Kelemahan dari jaringan client server adalah:

  1. Biaya operasi adalah biaya rendah
  2. Server dirancang sebagai komputer khusus dengan lebih banyak fitur.
  3. Lanjutkan. Kontinuitas jaringan tergantung pada server. Jika server tidak aktif, seluruh jaringan aktif.

Jaringan peer to peer

Jaringan peer-to-peer adalah salah satu model jaringan komputer lokal yang dapat didistribusikan di stasiun jaringan atau terminal. Siapa pun yang terhubung ke jaringan lokal, seperti printer, drive, drive CD-ROM, dan perangkat lain yang terhubung ke jaringan lokal, dapat digunakan di komputer mana saja dan semua orang dapat menggunakan semua alat yang terkait dengan jaringan. penggunaan komputer.

Ada perangkat lunak pada setiap komputer peer-to-peer yang memungkinkan Anda untuk membuang komputer. Dalam hal ini, komputer dapat mengakses komputer dan komputer lain untuk setiap komputer.

Keunggulan dari jaringan peer to peer

  • Komputer dapat saling mengakses melalui banyak fitur: hard disk, drive, modem, printer.
  • Biaya pengoperasian relatif murah dibandingkan dengan pelanggan layanan jaringan, karena server dengan kemampuan khusus tidak harus merencanakan dan memberikan fasilitas jaringan.
  • Konsistensi jaringan tidak tergantung pada satu server. Jadi, jika komputer / pemimpin mati atau rusak, seluruh jaringan tidak akan terganggu.

Kelemahan dari jaringan Peer to Peer

  • Lebih sulit untuk memecahkan masalah jaringan karena setiap komputer dapat berpartisipasi dalam komunikasi saat ini melalui jaringan yang seragam. Dalam jaringan klien / server, komunikasi terjadi antara server dan workstation.
  • Kinerja lebih rendah daripada jaringan klien-server karena semua rekan harus menggunakan fungsi jaringan untuk mengelola tugas dan aplikasi.
  • Setiap pengguna jaringan menentukan sistem keamanan jaringan dengan mengelola keamanan setiap fasilitas.
  • Data jaringan didistribusikan ke semua komputer di jaringan, sehingga semua komputer harus didukung.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini  bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih