Jantung : Pengertian, Gejala, Penyebabnya

Diposting pada

Jantung – Hai sobat ruangbimbel.co.id.  diartikel sebelumnya kita sudah membahas artikel mengenai Hipertensi. maka kali ini kita bakal membahas artikel mengenai Jantung. Nah langsung aja yuuk simak artikel ini beserta ulasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Jantung

Pengertian JantungPengertian Jantung adalah organ tubuh paling vital. Kerja jantung snagat unik dibandingkan organ tubuh lainnya yakni memompa darah tanpa ada perintah dari otak sadar manusia. Jantung memompa darah rata-rata 70 kali per emnit dan sebanyak 70 ml per tiap kali denyut. Sehingga jantung dapat memompa darah dalam satu menit sebanyak 4.900 ml darah atau 4,9 liter darah. Dalam satu jam 4,9 liter x 60 menit = 294 liter darah dipompa oleh jantung. Dan daam 24 jam x 294 =7.056 liter darah dipompa oleh jantung.

Jantung memompa darah untuk diedarkan ke seluruh jaringan tubuh. Darah yang beredar akan membawa oksigen dan zat –zat makanan yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, jantung juga bekerja mengangkut sampat metabolisme dari seluruh jaringan tubuh untuk diantarkan pada organ tubuh yang bekerja mengeluarkan sampah tersebut dari tubuh. Apabila fungsi jantung terganggu maka akan mempengaruhi zat-zat penting yang seharusnya dibagikan ke seluruh tubuh menjadi terhambat. Padahal sampah metabolisme dama tubuh manusia dapat meracuni tubuh jika tidak dapat dikeluarkan secara optimal.

Pengertian Jantung – Begitu berat tugas jantung. Oleh karena itu cara bijak agar jantung kita tetap sehat adalah dengan merawatnya sejak dini agar fungsi jantung tetap awet dan tidak mudah rusak. Ada beberapa usaha yang perlu kita lakukan untuk mencapai itu semua. Berikut ini langkah-langkahnya.

Baca juga Hipertensi : Pengertian, Gejala, Penyebab

  • Berjalan kaki

Jalan kaki adalah kegiatan sederhana yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Berjalan kaki di pagi selama 30 menit dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, berguna untuk melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi atau mengendalikan berat badan.

  • Banyak beraktivitas

Memiliki aktivitas sehari – hari dapat mengurangi risiko serangan jantung. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa orang-orang yang menghabiskan lebih dari 2.000 kalori untuk beraktivitas selama satu minggu. Jika dihitung – hitung sama saja dengan melakukan jogging sejauh kurang lebih 32 km.

  • Berhenti merokok

Hentikanlah kebiasaan merokok apabila anda ingin terbebas dari risiko terkan penyakit jantung dan penyakit lainnya karena merokok dapat menyebabkan kerusakan pada arteri dan paru-paru

  • Istirahat yang cukup

Tidur yang berkualitas pada malam hari sangat membantu kerja jantung. Orang-orang yang mengalami kurang tidur berisiko 2 kali lipat terkena serangan jantung. Istirahatlah sebanyak 8 jam dalam sehari. Hal ini juga sangat membantu seseorang dalam mempertahankan berat badannya dan esehatan tubuh.

  • Hindari makanan cepat saji

Kurangi makanan yang lemak jenuh, garam, gula, bahan pengawet dan penguat rasa. Makanan tersebut berisiko merusak kesehatan tubuh manusia sehingga efeknya muncul berbagai macam penyakit seperti jantung koroner, obesitas, dan penyakit kronis lainnya. Sebaiknya perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran.

  • Lakukan cek kesehatan

Periksalah tekanan darah dan kolesterol anda secara berkala. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan bantuan alat sphymomanometer yang dapat dibeli dengan biaya terjangkau. Atau bila perlu anda dapat melakukan tes EKG dengan alat elektro-kardiograf guna mendeteksi adanya kelainan jantung sejak dini.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawsan kita semua. Terima kasih