Pengertian Demografi Lengkap

Pengertian Demografi – Istilah ini mungkin terdengar umum bagi sebagian orang, tetapi bagi Anda yang masih bingung, kali ini kita akan membahas demografi. Berikut pembaca ruangbimbel.co.id berbagi artikel berikut ini.

Pengertian Demografi Adalah

Secara umum, istilah demografi berasal dari bahasa Yunani “demo”, yang berarti orang atau penduduk, dan “Graphein”, yang berarti menggambar atau melukis. Arti demografi dapat didefinisikan sebagai cerminan dari populasi, termasuk jumlah, pernikahan, kelahiran, kematian dan migrasi.

Demografi juga mengajarkan tentang berbagai perubahan dalam komposisi dan dinamika populasi di suatu daerah. Dengan cara ini, demografi dapat digunakan sebagai sarana untuk analisis populasi di suatu daerah berdasarkan berbagai kriteria seperti etnis, ras, kewarganegaraan, agama dan pendidikan.

Baca Juga 15 Macam Ilmu Penunjang Geografi

Tujuan Demografi

Istilah di atas untuk kepentingan kelompok sasaran itu sendiri adalah sebagai berikut:

  • Ada sebab dan akibat antara pertumbuhan populasi dan berbagai aspeknya.
  • Menjelaskan tren populasi masa lalu, pertumbuhan yang menurun, dan pertumbuhan populasi.
  • Periksa jumlah dan distribusi populasi di wilayah tertentu dan bahkan negara.
  • Dapat memprediksi populasi masa depan dan kemungkinan konsekuensinya.

Manfaat Demografi

Setelah Anda lebih memahami tujuan di atas, demografi juga memiliki beberapa keunggulan. Ada juga beberapa manfaat demografis:

  • Mendukung pemerintah dalam mengevaluasi kinerja pembangunan, dengan mempertimbangkan komposisi populasi masa lalu dan sekarang dan berbagai aspek yang memengaruhi ini.
  • Mendukung pemerintah dalam mengembangkan rencana pembangunan di berbagai bidang, termasuk pendidikan, kesehatan, pertanian, dll.
  • Memberikan data tentang pertumbuhan ekonomi suatu daerah atau suatu negara, khususnya berdasarkan jumlah pekerjaan, jumlah karyawan dan orang lain.
  • Menyediakan data tentang tingkat kemakmuran dan harapan hidup rata-rata populasi di suatu daerah atau negara.

Variabel-Variabel Demografi

Ada banyak variabel demografis, tetapi secara umum yang berikut adalah:

  • Kelahiran (kesuburan atau melahirkan)
  • Kematian (death/mortalitas)
  • Migrasi (perpindahan)
  • Jenis kelamin
  • Umur
  • Jumlah
  • Penghasilan
  • Agama

Aspek Komponen Demografi

Ada 4 aspek komponen yang terkait dengan demografi, termasuk yang berikut:

  • Jumlah Penduduk

Populasi adalah jumlah orang per kapita yang digunakan sebagai referensi untuk menghitung demokrasi. Jika populasinya sangat besar, pendapatan per kapita sangat besar.

  • Komposisi Penduduk

Komposisi tingkat konsumsi terdiri dari tiga orang: pertama, semakin banyak orang rata-rata dalam usia kerja produktif antara 15 dan 64 tahun dan semakin tinggi tingkat konsumsi. Semakin banyak orang bekerja, semakin tinggi pendapatan.

Yang kedua adalah: semakin tinggi pendidikan, semakin tinggi konsumsi, sehingga seseorang membutuhkan lebih banyak ketika mereka menerima pendidikan tinggi.

Semakin banyak orang yang tinggal di daerah perkotaan, semakin tinggi pengeluaran konsumen. Secara umum, penduduk kota mengkonsumsi lebih banyak daripada daerah pedesaan.

Distribusi Penduduk

Distribusi populasi dalam kaitannya dengan aspek geografis tempat tinggal seseorang. Wilayah. Faktornya adalah geografis, ekonomi, sosial dan politik. Jika seseorang berbicara tentang distribusi populasi, itu berarti ia juga mengacu pada pola populasi populasi.

Baca JUga Jaringan Akses : Pengertian, Arsitektur, Layanan User

Faktor- faktor Non Ekonomi

Aspek ekonomi seperti gaya hidup sehat, kebiasaan makan, perubahan etika.

Pengaruh  Aspek Demografi Dalam Pemasaran

Ada hubungan antara demografi dan pemasaran, hubungan antara keduanya berputar di sekitar profil pasar sasaran. Data demografis dapat digunakan sebagai langkah pertama dalam memasarkan barang atau jasa.

Data demografis adalah statistik tentang jenis kelamin, usia, dan informasi pendapatan. Data perusahaan kemudian digunakan untuk mengidentifikasi tujuan untuk perusahaan Anda.

Data demografis memudahkan dan lebih efisien bagi perusahaan untuk mengidentifikasi target pasar mereka. Perusahaan sangat berharap pemerintah akan memiliki data populasi penuh.

Manfaat Segmentasi Pasar

Setelah kita mempelajari tentang hubungan demografis dengan segmentasi pasar, ada keuntungan dalam aplikasi, misalnya:

  • Ketika menerapkan segmentasi pasar, pasar dapat dibagi menjadi kelompok-kelompok yang variabelnya meliputi usia, pekerjaan, pendidikan, agama, jenis kelamin, ukuran keluarga, siklus keluarga, pendapatan dan kebangsaan.
  • Harapan segmentasi dapat meningkatkan alokasi strategis sumber daya pemasaran, manajemen segmentasi pasar, penempatan target pasar, hubungan pasar dan positioning produk.
  • Bisnis sekarang dapat memprediksi lebih banyak lagi tentang perubahan tren pasar.
  • Menerapkan desain produk dengan benar dan ramah sesuai dengan segmentasi pasar.
  • Penerapan segmentasi pasar dapat digunakan sebagai ukuran tindakan periklanan di saat reaksi pasar cukup besar.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih