Air Putih : Pengertian, Manfaat

Diposting pada

Pengertian Air Putih

Pengertian Air Putih – Air putih merupakan minuman pokok bagi keseharian kita, banyak manfaaat yang terkandung dalam air yang jernih ini, sejak kecil kita sudah diberi tahu oleh orang tua untuk sering mengkonsumsi lebih banyak air putih. Idealnya manusia minum dua liter atau delapan gelas air setiap hari. Akan tetapi, orang sering kali lupa menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, berbagai aktivitas yang tak bisa di tunda menjadi salah satu penyebab kita kurang minum air putih.

Pengertian Air Putih

Terkadang kita jarang menyadari akan manfaat dari air putih. Kita lebih sering mengabaikannya dan lebih suka minuman yang manis, padahal air putih sangat mudah ditemukan dimana-mana, saat berpergian pun mudah untuk dibawa, kita juga sangat membutuhkan air putih agar tidak terjdi dehidrasi. Minuman lain sejenis soft drink tergolong tinggi kadar gulanya dan dapat menambah berat badan anda. Minuman berenergi juga termasuk sebagai sumber cairan yang harus dipertimbangkan, karena mengandung gula dan kafein. Demikian pula dengan jus buah kemasan, selalu perhatikan label produknya sebelum dikonsumsi.Padahal manfaat air putih sendiri melebihi minuman yang lainnya. Banyak kandungan dari air putih yang menjadi kebutuhan pokok untuk tubuh kita.

Manfaat Air Putih

Pengertian Air Putih – Manfaat yang terkandung dalam air putih diantaranya adalah :

  • Memperlancar sistem pencernaan

konsumsi air yang cukup setiap hari minimal 8 gelas akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindar dari masalah masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit.Usus pun membutuhkan air agar berfungsi dengan baik.

  • Baik untuk kesehatan kulit

Kulit mengandung banyak air dan beerfungsi untuk mencegah tubuh kehilangan terlalu banyak cairan. Saat kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi, maka kulit akan terlihst kering dan keriput. Karena itu cukupilah kebutuhan cairan, salah satunya yaitu dengan memperbanyak minum air putih.

  • Menyehatkan jantung

Air juga diyakini dapat menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, dan lain­ – lain.

  • Tubuh menjadi lebih bugar

Air putih juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh, kita mungkin lebih dapat bertahan kekurangan makan beberapa hari ketimbang kurang air. Sebab, air ialah bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.

  • Membantu menurunkan berat badan

Selanjutnya Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan merupakan suatu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Minum air putih akan membuat tubuh menjadi lebih berenergi.

  • Melancarkan saluran udara

Ketika mengalami dehidrasi, saluran udara dibatasi oleh tubuh dalam upaya untuk meminimalkan kehilangan air. Hal ini bisa membuat dan alergi lebih buruk.

  • Membantu Menjaga Tekanan darah

Jika kamu kurang mengonsumsi air putih, maka darah juga akan terkena imbasnya. Darah akan semakin mengental, sehingga alirannya pun tidak selancar yang seharusnya. Akibatnya tekanan darah menjadi semakin tinggi.

  • Mengatur suhu tubuh

Merupakan Air yang di simpan di lapisan tengah kulit muncul ke permukaan kulit sebagai keringat pada saat tubuh memanas, saat menuap, itu mendinginkan tubuh saat olahraga.

Beberapa ilmuwan menyatakan bahwa ketika air terlalu sedikit di dalam tubuh, penyimpanan panas meningkat dan individu kurang mampu menahan regangan panas

Cukup banyak air di dalam tubuh dapat mengurangi ketegangan fisik jika tekanan panas terjadi selama latihan. Namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk efek ini.

  • Menyehatkan rongga mulut

Salah satu manfaat air putih yang jarang diketahui adalah peranannya untuk kesehatan gigi dan mulut. Fungsinya ialah Cairan tubuh membantu pembentukan air liur di rongga mulut. Selanjutnya Air liur memiliki fungsi yang sangat penting untuk kesehatan gigi dan mulut, karena komponen ini adalah pembersih alami rongga mulut. Orang yang mengalami kekurangan produksi air liur, beresiko tinggi memiliki gigi berlubang.

  • Meningkatkan fungsi otak

Agar otak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, maka penuhilah kebutuhan cairan harianmu. Kehilangan sedikit saja cairan tubuh, dapat mempengaruhi kinerja otak, seperti gangguan konsentrasi dan suasana hati.

  • Mencegah dan mengatasi sakit kepala

Bagi sebagian orang, dehidrasi dapat memicu terjadinya sakit kepala dan migrain. Oleh karena itu, minum air putih dapat membantu meredakan kedua kondisi tersebut.

  • Membantu melumasi sendi

Sebagian besar tulang rawan di tubuh terbuat dari air. Tulang ini berfungsi untuk menjadi bantalan persendian. Jika tubuh kekurangan cairan, maka tulang rawan dapat kehilangan kemampuannya dan membuat sendi-sendi di tubuh nyeri.

  • Baik untuk sistem sirkulasi tubuh

Cairan penting untuk kelancaran sirkulasi darah di tubuh, 90 % kandungan darah adalah air. Selain itu, air juga akan membantu mengeluarkan zat-zat sisa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh melalui keringat, urinne dan tinja.

Berikut ini ada berbagai tips yang dapat dilakukan untuk mendapatkan manfaat dari minum air putih, antara lain :

  • Biasakan minum air putih tiap waktu makan atau saat mengonsumsi cemilan.
  • Sediakan gelas atau botol berisi air minum di atas meja kerja atau tas yang dibawa saat beraktivitas setiap hari.

Itulah manfaat air putih yang bisa anda rasakan jika minum tercukupi. Marilah mulai sekarang jaga asupan cairan dalam tubuh agar tetap sehat. Demikianlah artikel yang diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima Kasih