Manfaat Kiwi dan Labu : Kandungan Gizi, Serba Serbi

Diposting pada

Manfaat Kiwi dan Labu – Hai sobat ruangbimbel.co.id. di artikel sebelumnya kita sudah membahas artikel mengenai Manfaat Jeruk Bali dan Jeruk Lemon. maka kali ini kita bakal membahas artikel mengenai Manfaat Kiwi dan Labu. Nah langsung aja yuk simak artikel ini beserta ulasan lengkapnya dibawah ini .

Manfaat Kiwi dan Labu

Manfaat Kiwi

Buah kiwi memiliki bentuk yang mirip dengan buah sawo yakni berwarna cokelat, daging buahnya berwarna hijau terang dan bisa langsung dimakan. Dengan banyak mengonsumsi buah kiwi, berbagai problem kesehatan yang selama ini di derita bisa segera teratasi oleh khasiat yang dimiliki oleh buah kecil yang menakjubkan ini. Berikut beberapa khasiat yang dapat diperoleh dari buah kiwi.

  1. Meningkatkan metabolisme dan fungsi kerja saraf
  2. Membantu mencegah penyakit kanker usus besar
  3. Membantu dalam melawan virus influenza
  4. Menyediakan berbagai vitamin dan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuuh.
  5. Mencegah penyakit asma
  6. Mencegah impotensi
  7. Membantu megobati penderita depresi
  8. Menangkal radikal bebas
  9. Menjaga kesehatan mata
  10. Membantu mengatasi kekurangan zat besi
  11. Menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung
  12. Mengurangi risiko terkena penyakit alzheimer

Kandungan Gizi dan Fitokimia Kiwi

Mengenal Buah kiwi telah lama dikenal kaya akan vitamin C dan vitamin E. Kandungan vitamin C pada buah kiwi dua kali lebih tinggi dibandingkan jeruk dengan perbandingan berat yang sama. Buah kiwi mengandung serat dan enzim unik actinidin yang berfungsi membantu pencernaan protein sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Berikut beberapa kandungan gizi dan firokimia buah kiwi.

  • Protein
  • Karbonhidrat
  • Kalori
  • Lemak
  • Ribovlavin
  • Besi
  • Magnesium
  • Fiber
  • Besi
  • Thiamin
  • Niasin
  • Retinol
  • Pottassium
  • Vitamin A
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Sodium
  • Magenesium
  • Kalium
  • Folat
  • Vitamin C,E,K dan B6
  • Natrium
  • Lutein dan zeaxanthin

Serba serbi Buah Kiwi

  1. Mengonsumsi 3 buah kiwi sehari dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan kita, khususnya bagi penderita hipertensi
  2. Kandungan antioksidan pada kulit buah kiwi tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan daging buahnya.

Manfaat Labu

Labu merupakan tanaman yang mermabat ditanah. Labu memiliki tekstur yang lembut jika dimasak dengan daging berwarna kuning. Labu biasa dikenal masyarakat sebagai sayura. Selain itu, labu juga biasa dihidangkan setelah direbus begitu saja. Berikut beberapa manfaat labu bagi kesehatan.

  1. Membantu menurunkan kolesterol
  2. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh
  3. Melawan radikal bebas
  4. Membantu mengurangi risiko kanker
  5. Mengurangi risiko serangan jantung
  6. Membantu melawan hipertensi
  7. Meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang
  8. Memiliki indeks glimik yang rendah sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

Kandungan Gizi dan Fitokimia Labu

Labu merupakan salah satu jenis buah yang mengenyangkan. Sebab, didalamnya mengandung banyak serat yang menyehatkan tubuh. Selain itu, ada banyak kandungan gizi dan fitokimia lain di balik buah labu yang perlu kita ketahui. Berikut kandungan gizi dan fitokimia yang terdapat dalam labu.

  • Serat
  • Zat besi
  • Kalium
  • Vitamin A,K, dan K
  • Magnesium
  • Folat
  • Mangan
  • Zinc
  • Protein
  • Tembaga

Serba Serbi Labu

  1. Secangkir labu yang direbus setidaknya mengandung 3 gram serat atau 11 persen saran harian asupan serat.
  2. Satu porsi kecil labu mengandung sekitar 250 mg kalium dan zat besi. Oleh karena itu, tidak seperti sumber zat besi lain, labu bebas lemak.
  3. Labu berwarna pink pertama kali ditemukan oleh petani dari colorado sekitar tahun 2005 yang lalu. Lalu Para petani labu lain pun selanjutnya memulai untuk mengembangkan benihnya. Varietas labu pink tersebut lalu diberi nama porcelain doll.

Baca Juga : Manfaat Jeruk Bali dan Jeruk Lemon : Kandungan Gizi, Serba Serbi

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih