Lambang Pramuka

Diposting pada

Penjelasan Lengkap Tentang Arti Lambang Pramuka

Lambang Pramuka – Pramuka memiliki simbol yang sering kita lihat adalah pucuk kelapa. Simbol pramuka adalah simbol atau identifikasi untuk organisasi gerakan pramuka, yang bersifat permanen. Simbol pramuka, tunas kelapa, dibuat oleh seorang pegawai Departemen Pertanian, ia juga seorang tokoh pramuka, Soenarjo Adtmodipurwo.

Simbol pramuka ini pertama kali digunakan pada 14 Agustus 1961, ketika Presiden Republik Indonesia Ir. Sukarno mempersembahkan spanduk gerakan pendidikan kepanduan nasional Indonesia kepada organisasi gerakan Pramuuka dengan keputusan Presiden Republik Indonesia. 448 pada tahun 1961.

Baca Juga Daftar Lengkap Nama Menteri Kabinet Indonesia Maju

Bentuk Lambang Pramuka

Scouting silhouette (siluet) dari kecambah kelapa. Penjelasan tentang makna simbol pramuka diatur dalam dekrit Kwarnas No. 06 / KN / 72 tentang makna simbol pramuka yang telah dipatenkan patennya.

Paten diberikan oleh Direktur Jenderal Hukum dan Peraturan Kementerian Kehakiman dengan Ordonansi No. 176634 tanggal 22 Oktober 1983 dan Ordonansi No. 178518 tanggal 18 Oktober 1983 tentang hak paten dari “TOKO KELAPA” yang dikelilingi oleh PADI dan KAPAS dan Keputusan No. 176517 tanggal 22 Oktober 1983 yang berkaitan dengan paten berjudul “SCOUT”.

Penggunaan Lambang Pramuka

Penggunaan simbol pramuka sebagai lencana, yang digunakan dalam bentuk tanda, tanda, bendera, alat manajemen untuk gerakan pramuka dan elemen lain yang ditentukan dalam manual pengguna.

Tujuan dari simbol pramuka adalah untuk mengingatkan semua anggota tentang gerakan pramuka dari karakteristik yang terkandung dalam makna lambang Budam dan untuk menyampaikannya.

Setiap anggota Escuteiros diharapkan dapat mempraktekkan dan menerapkan ilmu dan teknologi yang dimilikinya di masyarakat sekitar, karena generasi muda yang menjadi anggota Gerakan Escuteiros diharapkan menjadi kader pembangunan di masa depan yang memiliki semangat Pancasila.

Arti Lambang Gerakan Pramuka

Simbol gerakan Pramuka Tunas Kelapa memiliki arti sebagai berikut:

  • Buah kelapa atau nyiur tumbuh berarti makna “cikal”

Arti kelapa atau palem yang tumbuh memiliki arti “pelopor” di Indonesia, yang berarti: “orang asli Indonesia pertama yang mewarisi generasi baru”. Menanam buah kelapa atau kelapa sawit memiliki arti yang sama dengan penerima manfaat utama untuk kelangsungan hidup masyarakat Indonesia.

  • Buah Kelapa Dapat Bertahan Lama Dalam Kondisi Apapun

Lambang kelapa dapat memiliki umur yang panjang dalam segala keadaan dan menyatakan bahwa anggota pramuka adalah orang yang spiritual, memiliki tubuh yang kuat, tangguh dan sehat dan tegas dalam menghadapi semua hambatan dalam hidupnya dan siap untuk lulus berbagai tes untuk melayani untuk rumah tercinta saya dan bangsa Indonesia.

  • Buah Kelapa atau Nyiur Bisa Tumbuh Dimana Saja

Ini menunjukkan betapa banyak upaya dan upaya yang diperlukan untuk beradaptasi dengan lingkungan (adaptability). Simbol pramuka ini melambangkan bahwa setiap anggota pramuka dapat beradaptasi di mana saja dan dalam situasi apa pun di masyarakat.

  • Buah Kelapa atau Nyiur Tumbuh lurus dan menjulang tinggi

Pohon kelapa ialah salah satu pohon tertinggi di Indonesia. Atas dasar ini, simbol pramuka berarti bahwa setiap anggota pramuka memiliki atau memiliki cita-cita yang jelas dan tinggi, yaitu cita-cita yang mulia dan jujur ​​dan dapat tetap tegak dan tidak mudah dipengaruhi oleh apa pun.

  • Akar Kelapa atau Nyiur Tumbuh Ke  Tanah dan Kuat

Jadi simbol kepanduan ini berarti bahwa tekad dan keyakinan setiap anggota kepanduan yang menganut dasar-dasar dan fondasi yang tepat adalah baik, kuat dan nyata, tekad dan kepercayaan yang dengannya ia memperkuat untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.

  • Pohon Kelapa ialah sejenis pohon serbaguna, dari akar ke akar

Atas dasar ini, simbol pramuka berarti bahwa setiap anggota pramuka adalah seseorang yang dapat berguna dan bersedia mengabdikan dirinya untuk kepentingan negara asal, agama, bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermnafaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih