Kawasan Asia Tenggara Beserta Ibukota

Diposting pada

Daftar Isi

Kawasan Asia Tenggara

merupakan salah satu bagian dari Benua Asia. Di Kawasan ini terdapat 11 negara, yaitu berikut ini :

  1. Brunei Darusalam dengan ibu kota Bandar Seri Begawan
  2. Filipina dengan ibu kota Bandar Manila
  3. Indonesia dengan ibu kota  Jakarta
  4. Kamboja dengan ibu kota BandarPhnom Penh
  5. Laos dengan ibu kota Bandar Vientiane
  6. Malaysia dengan ibu kota BandarKuala Lumpur
  7. Myanmar dengan ibu kota BandarYangon
  8. Singapura dengan ibu kota Bandar Singapura
  9. Thailand dengan ibu kota Bangkok
  10. Timor Leste dengan ibu kota
  11. Vietnam  dengan ibu kota Hanoi

Letak  Kawasan Asia Tenggara

Secara astronomi, Kawasan Asia Tenggara terletak antara 22 o  LU – 11 o LS dan 92 o BT – 141o BT. Didilihat dari letak geografisnya, kawasan Asia Tenggara Terletak antara Samudra Pasifik Dan Samudra Hindia,  Serta antara Benua Asia dan Benua Australia.

Baca Juga Tujuan Negara : Pengertian, Unsur, dan Bentuknya

 Batas Wilayah kawasan Asia Tenggara ialah antara lain :

  1. Sebelah Utara berbatasan dengan nrgara Cina, dan Laut Cina Timur.
  2. Sebelah Barat berbatasan dengan Teluk Belangga, Laut Andaman, dan Samudra Hindia.
  3. Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan Benua Australia
  4. Sebelah Timur Berbatasan dengan Negara Papua Nugini dan Samudra Pasifik.

Luas Wilayah Seluruhnya Mencapai 4.595.332 km2. Lua daratan Asia Tenggara sekitar 2. 257.784 Juta km2. Negara yang memiliki wilayah paling luas adalah Indonesia (1.904.570 km2), sedangkan Negara dengan wilayah paling sempit adalah Singapura (685 km2). Adapun luas masing – masing Negara di Asia Tenggara adalah sebagai berikut.

Kawasan Asia Tenggara

Keadaan Alam

Negara – Negara di kawasan Asia Tenggara sebagian bergabung dengan Daratan Asia dan sebagian lagi merupakan Negara kepulauan yang terpisah dari daratan Asia. Negara – Negara yang menyatu dengan Benua Asia adalah Kamboja, Laos, Malaysia, (Bagianbarat), Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam, Sedangkan  Negara – Negara yang bentuk kepulauan adalah Brunei Darusalam, Filifina, Indonesia,, Timor Leste,, dan Malaysia (bagian timur).

Kawasan Asia Tenggara memiliki bentuk muka bumi yang sangat bervariasi, seperti pegunungan, perbukitan, daratan rendah, lembah, sungai, laut, dan danau. Pegunungan Mediterania dan Pegunungan Sirkum Pasifik. Di kedua kawasan ini banyak terdapat gunung api yang masih aktif, khususnya di  Indonesia, dan Filipina. Gunung api tersebut sering kali meletus dan menimbulkan bencana. Namun dapat menyuburkan tanah di sekitarnya.

Dataran rendah kawasan Asia Tenggara terhampar di daerah sepanjang aliran sungai – sungai besar. Benteng alam dataran rendah dan lembah – lembah sungai amat bermanfaat bagi kegiatan pertanian. Sungai Besar di Kawasan Asia Tenggara antara lain Sungai Mekong yang melintasi Laos, Kamboja, Vietnam, Thailand, dan Myanmar; Sungai Chao Praya di Thailand; Sungai Salwen dan Sungai Irawadi di Myanmar; serta sungai Kapuas di Indonesia.

Laut – laut yang ada di kawasan Asia Tenggara, antara lain Laut Cina Selatan, Laut Andaman, Laut Jawa, Lut Sulawesi, Laut Maluku, Laut Natuna, Laut Arufuru, Luat Timor, dan Laut Banda.

Adapun Danau – danau terkenal di Asia Tenggara, Seperti Danau Thale Luang di Thailand, Danau Tonle Sap di Kamboja, dan danau Toba serta Danau Poso di Indonesia. Kawasan Laut serta danau – danau tersebut merupakan tempat reaksi yang banyak menarik wisatawan.

Iklim

Secara keseluruhan kawasan Asia Tenggara beriklim tropis, dengan cirri – cirri suhu udara antara 24o C – 28o C. curah hujan cukup tinggi, dan ditumbuhi hutan hujan tropis. Kaesan Asia Tenggara yang beriklim tropis dipengaruhi angin muson yang bersifat selalu basah dan hangat. Tiupan angin muson di sekitar khatulistiwa menimbulkan dua macam musim, yaitu musim kemarau selalu bergantian setiap setengah  tahun sekali.

Penduduk

Jumlah Penduduk di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2006 sekitar 565,2 juta jiwa. Lebih dari setengah jumlah penduduk Negara – Negara di asia tenggara terdapat asia tenggara terdapat di Indonesia. Adapun pertumbuhan  penduduknya masih relative tinggi, yaitu rata – rata 1,6 %. Sedangkan pertumbuhan penduduk rata – rata di dunia baru mencapai 0,5 %.

Penduduk di kawasan Asia Tenggara terdiri atas ribuan etnis. Sebagian besar di antaranya ter – golong ke dalam ras Melayu Mongoloid yang berkulit sawo matang. Penduduk asli, seperti orang Negrito di Filipina; orang Semang dan Sakai di Malaysia; serta orang Kubu di Indonesia.

Sumber Daya Alam

memiliki sumber daya Alam yang melimpah dan menguntungkan, seperti pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan, dan pertambangan. Contohnya yaitu dibidang Pertanian, Hampir seluruh kawasan Asia Tenggara merupakan Negara agraris yang melaksanakan kegiatan pertanian. Kegiatan pertanian terutama mengusahakan penanaman padi. Selain padi , diusahakan pula jagung, sayur – sayuran, buah – buahan, ka cang – kacangan, dan tanaman palawija lainnya. Kegiatan pertanian ini dilakukan di wilayah – wilayah yang mempunyai system irigasi, SEdangkan bagi wilayah yang kekerangan air, dilakukan  pertanian tanah kering (dry farming).

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih