Fungsi Kromoplas

Diposting pada

Fungsi Kromoplas – Jenis ini yaitu bagan dari keluarga plastid / plastida, yaitu unsur atau unsur sel tumbuhan yang menjalankan fungsi dasar organisme tumbuhan.

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan kami tentang bahan sel pigmentasi kertas, pengertian, jenis, struktur, klasifikasi, dan studi sel pigmentasi lengkap dibawah ini.

Pengertian Kromoplas

Apa arti kromoplas? Kromoplas adalah organel, organ atau organel fungsional yang mengumpulkan pigmen karotenoid berwarna jingga, merah dan kuning, warna ini dihasilkan untuk buah tua, kayu. , akar dan bahkan daun.

Sel pigmen ini yaitu bagan dari keluarga plastid / plastida, yaitu unsur atau unsur sel tumbuhan yang menjalankan fungsi dasar organisme tumbuhan.

Selain sel pigmen, ada hal – hal seperti tambalan perekat (tidak memiliki pewarna dan fungsinya untuk penyimpanan saja),

Sel pigmen dapat diturunkan dari salah satu faktor yang disebutkan di atas, meskipun mereka biasanya berasal dari kloroplas. Ini karena pigmen biru karakteristik dalam kloroplas hilang, dan pigmen merah, oranye, dan kuning yang dihasilkan oleh sel pigmen ini dilepaskan.

Baca JUga Fungsi Amiloplas

Fungsi Kromoplas

Fungsi utama sel pigmen ialah memberi / mewarnai bunga, akar, daun tua dan buah.

Sejumlah penelitian menyimpulkan bahwa identifikasi / penerapan warna ini sangat penting untuk membantu penyerbukan, maka nanti menarik perhatian binatang lain yang bertanggung jawab atas penyerbukan. atau mendistribusikan benih.

Karena tujuan dari sel pigmen ialah supaya menarik penyerbuk (pemakan buah) yang akan bantu untuk penyerbukan dan penyebaran benih.

Sel pigmen ini lumayan aktif dalam bidang metabolisme tumbuhan atau organisme tumbuhan, karena akan melakukan aktivitas yang melibatkan sintesis dari unsur khusus untuk organ ini.

Karena itu, penelitian yang baru ini menemukan bahwa sel pigmen ini sanggup menghasilkan energi.

Baca Juga Fungsi Sentrosom

Jenis kromoplas

Ada klasifikasi melanosit meskipun bentuknya ada dalam pewarna atau pigmen. Ada berbagai jenis plastik dalam satu bodi.

Jenis utama plastik non-ferrous dijelaskan dalam tabel berikut : bola, kristal, tubular / serat, dan membran.

Jenis Utama KromoplasikKeterangan
globularSel berpigmen bola ini dibentuk oleh akumulasi pigmen, serta hilangnya pati.
kristalSel pigmentasi kristal ini dicirikan oleh membran seperti bentuknya jarum panjang dan sempit tempat pigmen menumpuk.
tubular / fibrillarCiri dari resin pigmen tubular / serat ini adalah mengandung struktur tubular dan kantong tempat pigmen menumpuk.
membranSedangkan untuk pigmen membran, pigmen / zat warna yang disimpan di dalam membran dibungkus dengan gulungan spiral.

Struktur dan Klasifikasi Kromoplas

Dengan cara menggunakan mikroskop cahaya, sel pigmen dapat dibagi menjadi empat kategori, termasuk sel stroma, termasuk kristal protein dan butiran pigmen amorf, kristal protein dan pigmen, dan hanya partikel. mengandung kristal.

Menggunakan mikroskop elektron akan memungkinkan kita melihat sel pigmen dengan lebih jelas, ada kemungkinan dapat mengidentifikasi bagan contohnya kristal, bola, membran, tabung, dan serat.

Selanjutnya, melanosit dibagi lagi menjadi lima kategori, yakni sel pigmen siklik, sel fibroblast, melanosit kristal, sel kromatografi membran dan sel kromatografi tubular.

Baca Juga Periodisasi Adalah

Penelitian Tentang Kromoplas

Suatu contoh kasus penelitian sel pigmen, tomat sering digunakan sebagai bahan baku penelitian. Bentuk dan ukuran sel pigmen ini sebesar kloroplas sehingga dapat dengan mudah dilihat di bawah mikroskop dengan perbesaran rendah.

Biosintesis karotenoid ini prosesnya pada kloroplas dan sel pigmen. Pada sel pigmen bunga tomat, sintesis karotenoid diatur oleh 4 gen yakni gen Psyl, Pds, REC-b, Lcy-b. Ke 4 gen ini bertanggung jawab atas pembentukan organ dan bagan karotenoid.

Tanaman bunga putih diatur oleh alel resesif pada tanaman tomat. Lalu warna putih kurang populer dikarenakan mempunyai tahap penyerbukan yang kurang.

Satu studi menunjukkan bahwa sel pigmen tetap ada di bunga putih, tetapi dihambat oleh mutasi pada gen CrtR-b2 yang menghambat biosintesis karotenoid.

Sedangkan untuk jeruk, hilangnya klorofil dan sintesis karotenoid disebabkan oleh adanya perubahan warna dari hijau menjadi kuning.

Banyak orang mengira bahwa sel pigmen pada dasarnya adalah tahap akhir ini perkembangannya lewat plastida. Lalu, pada tahun 1966, ditunjukkan bahwa sel pigmen dapat kembali menjadi kloroplas, menyebabkan warna jingga menjadi hijau kembali.

Apa jenis kromoplas yang berbeda ?

Jenis utama plastik non-ferrous dijelaskan dalam tabel berikut : bola, kristal, tubular / serat, dan membran.

Sebutkan struktur kromoplas?

Menggunakan mikroskop elektron akan memungkinkan kita untuk melihat sel pigmen dengan lebih jelas, yang memungkinkannya untuk mengidentifikasi bagan contohnya kristal, bola, membran, tabung, dan serat.

Apa itu kloroplas?

Kloroplas adalah salah satu dari plastida / plastida yang mengandung klorofil. Di dalam kloroplas terdapat fase terang dan gelap dari fotosintesis tumbuhan.

Demikianlah Fungsi Kromoplas diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih

Artikel di bawah ini refrensi siapa tau ada yang diluar yang lainnya.