Fungsi Epidermis pada Tumbuhan

Diposting pada

Fungsi Epidermis Tumbuhan – dalam biologi mengacu pada jaringan sel pelindung yang terletak di lapisan terluar. Epidermis menjadi bagian dari kulit pada hewan, termasuk manusia. Pada tumbuhan, epidermis adalah lapisan luar sel di akar, batang, daun, dan organ lainnya.

Sel epidermis dalam jaringan tanaman biasanya rata dan tersusun rapi dalam 1 lapisan. Epidermis terdiri dari lapisan sel parenkim yang diproduksi secara akurat tanpa ruang antar sel. Anda harus menggunakan mikroskop untuk melihat jaringan epidermis.

Lapisan sel dalam jaringan epidermis juga berubah, mengatur lokasi dan spesies tanaman. Epidermis tanaman juga memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah perlindungan semua organ tanaman.

Baca Juga Ruang Lingkup Biologi

Fungsi Epidermis

Pada tanaman, epidermis melakukan beberapa fungsi. Berikut ini akan memisahkan peran dan fungsi dan deskripsi lengkap dari jaringan epidermis tanaman.

Melindungi Semua Organ Tumbuhan

Fungsi utama epidermis adalah melindungi semua organ tanaman. Fungsi ini penting ketika epidermis menjadi jaring pelindung semua organ seperti batang, akar, daun, dan semua organ tanaman lainnya.

Ini melindungi organ tanaman epidermis dari pengaruh lingkungan seperti perubahan suhu udara, infeksi patogen, kelembaban dan ancaman eksternal lainnya.

Menyimpan Cadangan Air

Fungsi epidermis pada tanaman lain ialah akumulasi cadangan air. Sel-sel dalam jaringan epidermis memiliki protoplasma datar yang besar, sehingga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan tanaman untuk persediaan air.

Untuk tanaman, penyimpanan air penting untuk memprediksi awal musim kemarau, yang membuat tingkat air tanah tidak memadai, sehingga air dalam protoplasma dapat digunakan untuk fotosintesis.

fungsi epidermis tumbuhan

Membatasi Penguapan Tumbuhan

Epidermis memiliki fungsi membatasi penguapan pada tanaman. Fungsi ini dilakukan oleh stoma, yang merupakan bagian dari jaringan epidermis tanaman selain trikoma.

Pada prinsipnya, jaringan epidermis berfungsi sebagai pengatur proses keringat atau penguapan air dari tanaman. Ketika suhunya tinggi, stoma menutup dengan rapat sehingga laju keringat terbatas, dan sebaliknya, ketika suhunya rendah, mulut akan terbuka penuh.

Menyerap Zat Air dari Unsur Hara

Fungsi Epidermis Tumbuhan – Jaringan epidermis tanaman juga mencoba menyerap air dari nutrisi yang terkandung dalam jaringan epidermis di akar tanaman.

Fungsi ini dilakukan oleh trikoma yang diubah menjadi rambut akar. Air yang diserap oleh nutrisi akan digunakan oleh tanaman selama fotosintesis.

Baca JUga Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

Sebagai Media Difusi Oksigen dan Karbondioksida

Epidermis juga bertindak sebagai media difusi oksigen dan karbon dioksida. Kehadiran jaringan epidermis tanaman meningkatkan difusi oksigen dan karbon dioksida.

Ini terjadi ketika tanaman mengeluarkan dan mengeluarkan hasil fotosintesis. Difusi oksigen dan karbon dioksida biasanya hanya terlihat pada daun stoma sebagai organ pengolah.

Demikianlah artikel Fungsi Epidermis Tumbuhan diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih