Evaporasi Adalah : Proses, Faktor dan Jenisnya

Diposting pada

Evaporasi Adalah – Ada banyak hal yang saling berhubungan dan kompleks di bumi. Karena itu, setiap elemen di planet ini memiliki kelebihan yang berbeda.

Demikian pula dalam berbagai bentuk fenomena alam yang sering terjadi dalam kehidupan kita. Secara umum, sepertinya menarik untuk membahas banyak fenomena alam.

Salah satu fenomena alam yang sangat menarik dikenal sebagai evaporasi atau penguapan. Buat kamu yang tidak mengerti fenomena alam ini. Jangan khawatir, Ruangbimbel.co.id akan sepenuhnya menjelaskan penguapan pada kesempatan yang baik ini.

Evaporasi Adalah?

Evaporasi adalah proses perubahan bentuk yang terjadi pada benda cair, sebuah fenomena alami yang juga dikenal sebagai evaporasi. Penguapan ini disebabkan oleh proses yang mengubah molekul dalam keadaan cair, yang secara alami berubah menjadi gas.

Fenomena alam di atas dibuktikan oleh fakta bahwa cairan tersebut secara bertahap menghilang ketika terkena sinar matahari dan menjadi volume gas yang sangat besar.

Perubahan ini terjadi karena air terpapar panas dan berubah bentuk. Proses penguapan terbesar lebih umum di laut daripada di darat. Ini tentu saja karena persediaan air laut yang tidak terbatas.

Yang lain telah menunjukkan bahwa penguapan adalah salah satu komponen dalam siklus air. Ini diartikan sebagai penguapan air dari permukaan air, tanah dan elemen lainnya.

Baca Juga Karakteristik Benua Amerika Adalah

Proses Terjadinya Penguapan

Hasil gambar untuk Evaporasi Adalah

Penguapan terjadi ketika laju penguapan lebih tinggi dari tingkat kelembaban. Kejenuhan terjadi ketika tingkat penguapan dan tingkat kelembaban sama.

Kelembaban saat jenuh biasanya 100%. Kondensasi, sebagai lawan penguapan, terjadi ketika jumlah udara jenuh didinginkan di luar titik embun.

Titik embun adalah suhu di mana udara terus ditekan ke air jenuh penuh. Faktanya, panas menguap dari atmosfer. Ini menjelaskan efek pendinginan pada tubuh manusia akibat penguapan air dari kulit.

Faktor-faktor yang mempengaruhi penguapan

Di bawah ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan penguapan atau penguapan.

1. Radiasi Matahari

Bagaimanapun, perubahan dalam bentuk materi membutuhkan sinar matahari dan panas laten (laten panas) yang dihasilkan dari tanah.

Radiasi matahari adalah sumber utama panas dan dapat mempengaruhi penguapan permukaan, tetapi juga tergantung pada lokasi lintang dan musim.

2. Temperatur

Suhu udara pada permukaan penguapan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap laju penguapan. Semakin tinggi suhunya, semakin baik udara dapat menyerap uap air.

Semakin tinggi suhunya, semakin tinggi energi kinetik molekul air, sehingga semakin banyak molekul air dalam bentuk uap air mencapai lapisan udara di atas.

Oleh karena itu, daerah dengan iklim tropis memiliki tingkat penguapan yang lebih tinggi daripada iklim kutub (iklim dingin). Fluktuasi harian dan bulanan dalam suhu Indonesia relatif kecil.

3. Kelembaban Udara

Ketika penguapan terjadi, tekanan di lapisan udara langsung di atas permukaan air menjadi lebih rendah dari tekanan permukaan air.

Perbedaan tekanan atmosfer menyebabkan penguapan. Ketika penguapan terjadi, uap air bergabung dengan udara di atas permukaan air. Akibatnya, udara mengandung uap air.

Baca Juga Contoh Cerita Jenaka Adalah : Pengertian, Ciri, Karakteristik

4. Kecepatan Angin

Penguapan akhirnya menjenuhkan udara dengan uap air dan udara di atas permukaan air menjadi lembab sampai proses penguapan berhenti.

Untuk melanjutkan proses penguapan, lapisan udara jenuh harus diganti oleh udara kering. Angin dapat menyebabkan acara pertukaran.

Karenanya, kecepatan angin merupakan faktor yang sangat penting dalam proses penguapan. Itu terjadi di daerah terbuka dan menguap lebih kuat di angin kencang daripada di daerah yang dilindungi dan udara tenang.

Jenis – Jenis Evaporasi

Secara umum, evaporasi dapat dibagi menjadi tiga jenis. Berikut ini adalah deskripsi dari setiap bentuk penguapan yang diketahui.

  • Penguapan pembakaran bawah air adalah suatu bentuk penguapan yang terjadi ketika dipanaskan oleh api yang membakar di bawah permukaan dan melepaskan gas panas melalui cairan.
  • Penguapan, yang menguap dengan cepat, adalah bentuk penguapan yang terjadi dengan pengapian langsung, di mana api mendidih cairan yang menyebar melalui dinding besi atau permukaan yang dipanaskan.
  • Penguapan pemanasan uap adalah suatu bentuk penguapan yang terjadi dengan panas stereo, dan uap kental adalah sumber panas. Uap mengembun di satu sisi permukaan yang dipanaskan dan bergerak melalui dinding ke cairan mendidih.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terma kasih