Energi dan Penggunaannya

Diposting pada

Energi dan Penggunaannya – Hai sobat ruangbimbel.co.id. diartikel sebelumnya kita sudah membahas artikel mengenai Sifat dan Perubahan Wujud Benda. maka kali ini kita bakal membahas artikel mengenai Energi dan Penggunaannya. Nah langsung aja yuuk simak artikel ini beserta ulasan lengkapnya dibawah ini.

Energi

Energi dari suatu benda adalah ukuran dari kesanggupan benda tersebut untuk melakukan suatu usaha.

Energi Panas

  • Energi panas adalah segala kemampuan yang terjadi akibat adanya pengaruh dari panas.
  • Sumber energi panas : semua benda yang menghasilkan panas, misalnya matahari.
  • Sifat-sifat energi panas : tidak dapat dilihat, tidak dapat didengar, tidak berbau, dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain.
  • Macam-macam perpindahan panas : radiasi (pancaran), konduksi (hantaran), konveksi (aliran).

Energi Bunyi

  1. Energy bunyi dihasilkan oleh sumber bunyi, yakni semua alat yang dapat menghasilkan bunyi.
  2. Bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar, misalnya dawai gitar yang dipetik.
  3. Jenis-jenis bunyi :
  4. Bunyi infrasonic – bunyi yang bergetarnya kurang daro 20 getaran per detik. Bunyi ini sangat lemah dan hanya bisa disengar oleh binatang tertentu seperti anjing dan jangkrik.
  5. Bunyi audiosonik – bunyi yang getaranya berkisar antara 20-20.000 getaran per detik. Bunyi ini bisa didengar oleh manusia.
  6. Bunyi ultrasonic – bunyi yang getarannya lebih dari 20.000 getaran per detik. Bunyi ini sangat kuat dan hanya bisa didengar oleh binatang tertentu seperti kelelawar.
  7. Sifat energy bunyi
  8. Sifat dapat merambat melalui zat cair, gas, dan padat.
  9. Bunyi dapat diserap dan dipantulkan.

Energi Alternatif

  • Matahari

Sumber energy utama di bumi yang menghasilkan energy cahaya dan panas. Cahaya matahari berfungsi untuk menerangi bumi dan berperan dalam proses fotosintesis, sedang panas matahari dapat digunakan untuk proses pengeringan, pemanas air, dan menghasilkan energy listrik.

  • Angin

Aingin adalah sumber energy alternative yang bnayak dimanfaatkan manusia untuk berlayar dan kincir angin tradisional.

  • Air

Air adalah sumber energy alternative yang di ekstraksi dari panas yang tersimpan di dalam bumi. Energy panas bumi ini berasal dari aktifitas tektonik di dalam bumi yang terjadi sejak planet ini diciptakan. Pembangkit listrik tenaga panas bumi hanya dapat dibangun di sekitar lempeng tektonik dimana temperature tinggi dari sumber panas bumi tersedia di dekat permukaan.

Baca Juga Bioteknologi Konvensional dan Modern (Pengertian, Manfaat, Dampak)

Energi Kimia

Energy kimia adalah energy yang dihasilkan oleh reaksi kimia. Contoh : makanan diproses secara kimia oleh tubuh untuk menghasilkan energy bagi manusia.

Energi Listrik

Energy listrik merupakan salah satu bentuk energy yang dihasilkan oleh sumber listrik.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih