Bunga Adalah : Pengertian, Fungsi, Bagiannya

Diposting pada

Bunga Adalah – Hai sobat ruangbimbel.co.id. di artikel sebelumnya kita sudah membahas artikel mengenai Perilaku Masyarakat Indonesia Pasca Proklamasi . maka kali ini kita bakal membahas artikel mengenai Bunga Adalah : Pengertian, Fungsi, Bagiannya. Nah langsung aja yuk simak artikel ini beserta ulasan lengkapnya dibawah ini.

Bunga Adalah

Pengertian Bunga

Secara etimologis (bahasa), istilah bunga berasal dari bahasa Latin. Flos adalah hasil gabungan (modifikasi) yang terbentuk dari tunas (batang dan daun) dengan warna dan bentuk yang berbeda yang memenuhi kebutuhan tanaman itu sendiri.

Bunga juga merupakan alat reproduksi seksual milik tanaman benih tertutup (Magnoliophyta atau klasifikasi angiosperma), yaitu adanya prangko dan benang sari.

Fungsi Bunga yaitu:

1.. Fungsi bunga yang paling penting adalah sebagai alat untuk pembiakan generatif.

2. Fungsi kedua bunga adalah untuk menarik, menyerbuki dan menyerbuki burung, serangga, dan lebah.

3. Fitur ketiga yang menarik adalah wadah atau tempat untuk penyatuan gamet jantan dan betina.

4. Fungsi keempat bunga adalah produksi biji.

5. Fitur ketiga yang menarik adalah wadah atau tempat untuk penyatuan gamet jantan dan betina.

Struktur Bagian Bagian Bunga

Secara umum, bunga memiliki bagian struktural berikut dengan fungsi berbeda untuk pengembangan atau pertumbuhan :

1.    Tangkai Bunga

Bagian terendah dari struktur bunga. Tangkai ini memiliki fungsi penyangga dan koneksi antara batang dan cabang.

2.    Dasar Bunga

Dasar bunga ini di bawah dan sedikit di atas gagang bunga. dasar bunga memiliki fungsi tempat di atas mahkota.

3.  kelopak

Bagian terluar yang menutupi mahkota sementara bunganya masih bertunas. Kelopak memiliki fungsi melindungi mahkota saat kuncup terbuka, sampai nanti mahkota bunga mekar. Kelopak biasanya berwarna hijau atau berdaun. Setiap kelopak  disebut daun kelopak.

4. Mahkota bunga

Bagian paling indah dari bunga dengan warna-warni dan disebut sebagai hiasan bunga. Warna yang indah ini menarik serangga dan membantu penyerbukan.

5. Benang Sari

Posisi benang sari terletak di tengah mahkota Benang sari terdiri dari beberapa bagian, termasuk tangkai (filamen), kepala sari (Anthera) dan serbuk sari (pollen). Pollen adalah apa yang dihasilkan gamet jantan pada tanaman.

6. Kepala Putik

Berfungsi sebagai tempat serbuk sari yang terdapat di kepala sari menembus dan menempel. Ini kemudian ditransfer ke ovarium.

7.  Putik

Terletak di tengah-tengah bunga atau inti bunga. Putik memiliki lembar kompilasi yang disebut karpel, jumlah karpetnya satu, ada juga lebih dari satu. Di karpel ini ada ovarium yang menyimpan telur. Di ujung atas ovarium adalah tangkai putik (stylus) sebagai penopang putik (stigma). Batang adalah saluran sempit yang bertindak sebagai bagian serbuk sari selama proses penyerbukan.

Organ reproduksi lengkap ini tidak selalu ada di setiap bunga. Ada bunga yang hanya memiliki benang sari, yang disebut bunga jantan. Ada juga bunga yang hanya memiliki perangko yang disebut bunga betina. Sedangkan bunga yang memiliki benang sari dan putik disebut bunga hemafrodial

8.    Tangkai Putik

Berfungsi sebagai tempat penopang kepala putik supaya tetap dalam posisisi yang telah ditentukan.

9.    Bakal Biji

Berfungsi sebagai tempat pembentukan benih dewasa dan berperan aktif dalam konservasi bagi generasi selanjutnya.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih