Biodiversitas : Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Diposting pada

Biodiversitas – Bagi para pecinta kucing atau cat lovers, pasti sudah tidak asing dengan istilah kucing persia, himalaya, anggora dan lain-lain.

Sama halnya pecinta anjing maupun tanaman hias, pasti sudah familiar dengan istilah bulldog, german sheperd, cihua-hua, tanduk rusa, lidah mertua, kuping gajah dan lain sebagainya. Semua ini merupakan biodiversitas.

Mau tahu lebih lengkap? Simak artikel mengenai biodiversitas, pengertian, jenis serta manfaatnya ini sampai habis ya!

Biodiversitas : Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Pengertian

Berasal dari dua kata, yakni biological diversity dari bahasa Inggris yang berarti keanekaragaman hayati. Keanekaragaman sendiri berarti kondisi yang memiliki variasi bentuk, ukuran, warna dan tekstur pada sesuatu, baik itu tumbuhan, hewan, manusia bahkan ekosistem.

Sementara hayati merujuk pada sesuatu yang hidup. Secara umum, dapat diartikan bahwa biodiversitas adalah keanekaragaman hayati yang berada di bumi pada tingkatan terkecil hingga yang terbesar.

Mengutip dari American Museum of National History, biodiversitas adalah keragaman pada semua tingkatan yang ada di bumi, mulai dari gen hingga ekosistem, dan dapat mencakup proses evolusi, ekologi dan budaya yang menopang kehidupan.

Jenis-jenis Biodiversitas

Secara umum, biodiversitas atau keanekaragaman hayati dibedakan menjadi tiga jenis menurut tingkatannya. Ada biodiversitas tingkat gen, tingkat spesies hingga tingkat ekosistem.

Tingkat Gen

Disebut juga varietas, ciri-ciri yang dimiliki keanekaragaman hayati tingkatan gen ini cukup mudah dikenali, karena walaupun memiliki perbedaan morfologi, namun tidak cukup mencolok, serta nama ilmiah yang disematkan cenderung sama.

Tingkat Spesies

Hutan merupakan contoh yang tepat untuk keanekaragaman hayati pada tingkatan spesies ini. Karena di dalam hutan dapat kita temui keanekaragaman kelompok spesies dalam genus atau famili yang sama, baik tumbuhan maupun hewan.

Tingkat Ekosistem

Pada tingkatan ini, perbedaan yang terjadi pada flora atau fauna, bahkan manusia, di sebabkan oleh faktor geografis dan iklimnya, terutama pada perbedaan curah hujan, intensitas sinar matahari serta suhunya.

Manfaat Biodiversitas

Dalam berbagai aspek kehidupan, biodiversitas menunjang kehidupan umat manusia. Pada artikel ini, kami akan menjabarkan manfaatnya dalam tiga sub poin, yakni dalam bidang pangan, bidang ekologi, dan bidang farmasi.

Pangan

Biodiversitas memungkinkan kita memiliki pilihan makanan yang lebih bervariasi. Melansir gramedia.com, terdapat 400 spesies tumbuhan penghasil buah, 370 spesies penghasil sayuran dan 55 spesies rempah.

Ekologi

Keanekaragaman hayati membantu kita membuat iklim dan suhu di berbagai belahan dunia tetap stabil.

Selain itu, ini yang tetap lestari di hutan menjadikannya sebagai paru-paru dunia yang berfungsi mengurangi polusi udara dan efek rumah kaca.

Farmasi

Banyak sekali obat-obatan yang di produksi baik di pabrik maupun jamu herbal di hasilkan dari ekstraksi atau pengolahan berbagai macam tanaman. Daging atau bagian tubuh dan ekstraksi dari hewan tertentu juga dapat di jadikan obat.

Tentunya penjelasan di atas flora dan fauna memiliki peranan penting di dalam kebutuhan industri farmasi. Itulah biodiversitas: pengertian, jenis dan manfaatnya. Semoga bermanfaat!

Kami harap Anda menemukan artikel ini bermanfaat dan menghibur. Kami berharap artikel ini adalah pertanda baik dari hidup Anda dan kami berharap Anda menjauh dari hal-hal buruk dan menyakiti diri sendiri.

Ini adalah artikel dari ruangbimbel.co.id. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Terima kasih banyak