Cara Analisa Lingkungan Bisnis dan Strategi Pemasaran

Diposting pada

Lingkungan Bisnis

Analisa Lingkungan Bisnis dan Strategi Pemasaran – Kondisi perekonomian Indonesia yang tumbuh positif menyebabkan banyak pesaing tumbuh pesat. Perusahaan dari negara luar mulai berdatangan untuk membuka outlet di kota kota besar yang ada di Indonesia.

Carrefour salah satu raksasa dari prancis yang begitu agresif. Pertumbuhan perekonomian positif ini juga dirasakan sampai kedaerah daerah kabupaten. Dampaknya, masyarakat semangkin memiliki daya beli yang culup.

Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi membawa dampak terhadap perubahan SOSIAL BUDAYA di kalangan masyarakat. Mereka lebih menyukai kemudahan karena memiliki kemampuan membeli.

Produk kopi 3 in 1 dan mobil matic adalah contoh nyata produk yang semangkin digemari oleh masyarakat.

Analisa Lingkungan Bisnis dan Strategi Pemasaran

Pesaing yang semangkin bertambah dan kuat menyebabkan pemasar harus penuh perhitungan sebelum menemukan strategi bersaing. Lawan yang ada bukan hanya dari dalam negri, tetapi juga datang dari luar negri. Pertamina sekarang harus bersaing dengan Shell dari Belanda dan Petronas dari malaysia. Pemasar hendaknya lebih memokuskan diri dengan memperhatikan PESAING AGRESIF dan PESAING TERDEKAT saja. Pemasar tidak perlu memelototi semua pesaing.

Pemasar hendaknya lebih fokus melayani pelanggan besar, tetapi bukan berarti pelanggan kecil diabaikan. Pemasar harus menghitung kemampuan sumber daya perusahaan untuk melayani pelanggan. Dengan berkonsentrasi melayani pelanggan besar, diharapkan laba yang diperoleh lebih meningkat. Pemasar tidakmungkin dapat melayani semua pelangan karena sumber daya yang dimiliki sangat terbatas.

Yang penting pemasar harus dapat memilih pelanggan potensial yang menguntungkan. Perhatikan frekuensi pembelian, jumlah pembelian, setiap transaksi dan pelunasan tepat waktu.

Perusahaan harus dikelola secarara profesional. Artinya antara PEMILIK-KARYAWAN-PELANGGAN harus saling menguntungkan. Pemilik harus memberikan kompensasi yang layak agar karyawan mau bekerja sepenuh hati. Kalau ini dapat diwujudkan maka karyawan diharapkan mau melayani pelanggan dengan baik.

Baca Juga Permainan Sepak Bola: Pengertian, Teknik, dan Peraturannya

Kesimpulan

Untuk melakukan analisis lingkungan bisnis, pemasar perlu memperhatikan hal hal berikut :

  1. Perekonomian yang semangkin bertumbuh dan menambah jumlah pesaing.
  2. Pelanggan semangkin menginginkan kemudahan terhadap penggunaan produk
  3. Pesaing semangkin agresif
  4. Pelanggan besar harus lebih diperhatikan
  5. Perusahaan harus bekerja secara profesional.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah ujud rencana yang terarah di bidang pemasaran, untuk memperoleh suatu hasil yang optimal. Strategi pemasaranmengandung dua faktor yang terpisah tetapi berhubungan dengan erat  yakni :

  • Pasar target/sasaran, yaitu suatu kelompok konsumen yang homogen yang merupakan sasaran perusahaan.
  • Bauran pemasaran, yaitu variabel variabel pemasaran yang dapat dikontrol, yang akan dokombinasikan oleh peusahaan untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Dalam menyusun Strategi pemasaran ada beberapa ruang lingkup yang luas di bidang pemasaran. Diantaranya adalah :

Strategi dalam persaingan

Dalam persaingan diperlukan suatu kejelasan apakah perusahan akan menempatkan dirinya sebagai pemimpin, sebagai penantang ataukan pengikut. Sangat dibutuhkan tindakan yang harus dilaksanakan sesuai dengan sifat dan bentuk pasar yang dihadapi, langkah yang dilakukan dalam menghadapi pasar yang bersifat monopoli, tentu berbeda dengan langkah yang diperlukan untuk pasar yang bersifat oligopoli. Berbeda pula untuk pasar yang bersifat persaingan sempurna.

Strategi Produk

Dalam strategi produk, terkadang banyak unsur yang berkaitan dengan produk yang dihasilkan. Mulai dari design warna, bentuk, pembungkusan, dan berbagai sifat fisik produk lainnya. Mencakup pula kebijakan penetapan harga produk yang akanmemberikan kepuasan baik kepada konsumen maupun kepada perusahaan sebagai produsen dan penjual. Perlu juga dipikirkan langkah yang akan ditempuh untuk menyampaikan produk ke tangan konsumen, perlu juga direncanakan langkah langkah promosi produk agar dibeli konsumen. Segala sesuatu yang berkenaan dengan produk merupakan salah satu dari bagian dari strategi pemasaran.  

Strategi “ Daur hidup Produk”

Strategi pemasaran mempertimbangkan apa yang disebut daur kehidupan produk, daur kehidupan produk adalah tahap tahap yang dilalui oleh suatu barang atau jasa sejak dimulai dikenalkan dipasar hingga habis dipasar tersebut. Dengan memperhatikan hal tersebut dapat dibuat langkah apa yang perlu dikerjakan untuk menghadapi setiap tahap dalam kehidupan produk. Dengan adanya rencana tersebut dapat dihindarkan kemungkinan kerugian atau kegagalan yang mungkin terjadi dikarenakan ketidak sesuaian tindakan dengan tahap dimana produk berbeda.

demikianlah artikel yang berjudul cara-analisa-lingkungan-bisnis-dan-strategi-pemasaran dari ruangbimbel.co.id semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan. terimakasih…