Alat Musik Tradisional Khas Maluku

Diposting pada

Daftar Isi

Definisi

Alat musik Maluku – gambar dan cara memainkannya sangat penting untuk diketahui oleh semua warga negara Indonesia, tidak hanya oleh mereka yang tinggal di wilayah Maluku atau oleh mereka yang mengkritik pendidikan di sekolah. Dari berbagai kalangan dituntut berkompetisi dalam mengetahuinya. Ini sangat berguna untuk menyimpan alat.

Alat musik Maluku dan penjelasannya akan disajikan dalam artikel ini. Sumber yang diambil dari berbagai sumber dapat ditinjau validitasnya. Memang, idealnya berasal dari buku atau bahan cetak daripada langsung dari sumber digital yang kini telah menjadi tren.

Alat musik daerah Maluku digunakan dalam berbagai kesempatan atau momen kegiatan tertentu oleh penduduk setempat, baik secara individu maupun kolektif. Dari segi individu terkadang mereka yang merumput binatang. Sementara mereka yang bersatu sedang mengorganisir acara-acara besar, seperti merayakan panen padi atau berterima kasih atas hal-hal yang telah dicapai bersama.

Baca Juga Alat Musik Tradisional Khas Bali

Leko Boko / Juk / Bijol

Leko Boko via Infobaru

Alat musik ini adalah alat musik yang memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh alat musik Maluku lainnya. Leko Boko adalah alat musik dawai yang memiliki 4 (empat) senar. Keunikan instrumen ini adalah terletak pada senarnya yang memiliki makna. Tali bawah atau tali disebut tain mone yang berarti tali jantan, tali kedua disebut tain ana yang berarti tali bayi, tali ketiga disebut tain fetus yang berarti tali betina dan tali keempat disebut tain ena atau tali induk.

Alat ini benar-benar asli dari wilayah Maluku. Biasanya alat musik ini dimainkan bersama Heo dan berfungsi sebagai donor harmoni. Alat ini dibuat dengan labu hutan, kayu dan kusus kusus sebagai busur.

Gong Totoboang

Gong Totoboang via Blogger

Alat musik tradisional Maluku ini hampir sama dengan alat musik Gong Jawa. Perbedaan yang paling jelas dari musik Latin adalah ukurannya. Gong totobang berukuran lebih kecil dari gong alat musik pada umumnya.

Nama Gong Totobang sendiri berasal dari terminologi Jawa yang berarti memainkan Gamelan. Totobang Gong dimainkan untuk dipukul dan biasanya dimainkan bersama dengan alat musik lainnya seperti alat musik Tifa.

Hawaiian / Ukulele

Hawaiian via Fajar.co.id

Alat musik Hawaii Hawaii adalah jenis gitar yang memiliki delapan senar. Alat ini terbuat dari kayu dan tembaga. Cara memainkan alat musik ini sama dengan memainkan gitar dengan memilihnya.

Arababu

Arababu via Indonesiakaya

Arababu adalah alat musik tradisional dari wilayah Maluku yang terbuat dari bambu dan batok kelapa sebagai tabung resonansi. Sebenarnya alat musik ini berasal dari bahasa Arab yang diperkenalkan oleh pedagang yang melakukan kegiatan komersial di wilayah Maluku. Instrumen ini pada pandangan pertama terlihat sama dengan instrumen Rebab dan cara memainkannya sama dengan tembakan.

Perbedaan mendasar antara kedua alat adalah jumlah string yang ditemukan dalam alat ini. Jika ada dua senar pada alat musik Rebab, hanya ada satu senar pada alat musik Arababu.

Baca Juga Alat Musik Tradisional Khas Jawa Timur

Idiokordo

Indiokordo via Budaya-Indonesia.org

Idiokardo adalah alat musik yang biasanya digunakan untuk mengiringi upacara adat di Maluku. Alat ini biasanya dilakukan secara individual. Idiokardo terlihat mirip dengan alat musik daerah Jawa. Alat musik ini terbuat dari kayu dengan 4 (empat) senar yang terukir di bagian atas sehingga terlihat indah dan menarik. Idiokardo dimainkan dengan memilih.

Rumba

Rumba via kamerabudaya

Alat musik Rumba juga merupakan salah satu alat musik yang masuk ke tanah Maluku melalui pedagang Spanyol yang datang ke Maluku. Menurut deklarasi sejumlah ahli alat musik Kuba ini, Rumba adalah alat musik berirama yang bertindak sebagai pendukung alat musik lain dalam sebuah pertunjukan.

Rumba terdiri dari tiga bahan utama, yaitu: batok kelapa, pasir dan kayu sebagai pegangan. Instrumen ini dimainkan dengan mengocoknya untuk menghasilkan ritme atau nada tertentu.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. smeoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih