Alat Musik Tradisional Jawa Barat

Diposting pada

Daftar Isi

Penjelasan

Alat Musik Jawa Barat – Berbicara tentang alat musik tradisional dari Jawa Barat, salah satu yang paling populer adalah Angklung. Popularitas alat musik Jawa Barat ini bahkan ada di seluruh dunia. Alat musik tradisional di Jawa Barat bukan hanya Anglung. Ada banyak alat musik tradisional Jawa Barat lainnya yang tidak kalah menarik dan unik.

Penasaran apa alat musik khas Jawa Barat lainnya. Pelajari tentang seni nusantara melalui berbagai alat musik tradisional di Jawa Barat.

Calung

Alat Musik Jawa Barat
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Alat musik khas Jawa Barat dikenal karena terbuat dari bambu. Selain Angklung, ada juga alat musik Calung, yang juga terbuat dari bambu. Meskipun keduanya terbuat dari batang bambu, allat musik Calung, yang unik di Jawa Barat, memiliki gaya bermain yang berbeda yang disebut menggunakan batsman khusus di kompartemen bambu untuk membuat suara melodi dengan nada yang berbeda.

Baca Juga Alat Musik Tradisional Jakarta

Celempung

Alat Musik Jawa Barat
Sumber gambarL: Info Budaya

Allat musik tradisional Jawa Barat, yang masih terbuat dari bambu, disebut Celembung sebagai berikut. Allat musik tradisional yang unik ini tidak diketahui asalnya dan sejak penciptaannya.

Instrumen ini terbuat dari kulit bambu dan menggunakan resonansi di segmen bambu untuk menghasilkan suara. Ini memainkan irama sementara salah satu tangan lainnya menyesuaikan pemrosesan suara Bampong Badang.

Suling

Alat Musik Jawa Barat
Sumber gambar: Dictio

Seruling bambu tidak kalah populer dari Angklung dan allat musik tradisional Jawa Barat berikutnya yang dikenal masyarakat. Sekarang seruling ini telah diubah menjadi allat musik yang lebih modern. Namun dalam budaya Sunda, seruling terbuat dari bambu dan memiliki empat hingga enam lubang sebagai melodi untuk mengendalikan apa yang dihasilkan oleh alat musik tiup ini.

Karinding

Alat Musik Jawa Barat
Sumber gambar: Merdeka

Allat musik tiup tradisional dari Jawa Barat tidak hanya suling, tetapi juga ornamen. Carinding Daapt terbuat dari bambu atau palem. Yang unik adalah produk perawatan bambu biasanya dibuat untuk pria dan daun kelapa untuk wanita.

Untuk memainkan allat musik tradisional di Jawa Barat, Anda harus membaginya menjadi tiga bagian, membelai tangan Anda di satu sisi untuk menciptakan resonansi harmonis suara harmonis.

Kecapi

Alat Musik Jawa Barat
Sumber gambar: Tribunnews

Alat musik tradisional terdekat sering digunakan sebagai salah satu alat musik dalam lagu Sunda. Kekapi adalah alaat musik tradisional khas Jawa Barat, yang terbagi menjadi dua bagian.

Kecapi Indung atau kecapi orang tua dengan ukuran besar dan string 18-20 digunakan sebagai alat untuk memandu musik, karena memberikan pengantar untuk menentukan tempo. Sementara Rincik atau Kecapi Anak bermain sebagai iringan musik, isi jeda antara not dengan frekuensi tinggi. Sangat unik, bukan?

Jentreng

Alat Musik Jawa Barat
Sumber gambar: Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat

Sepintas, Jentreng tidak jauh berbeda dengan alat musik Kecapi yang dibuat di Jawa Barat. Namun, Ghentreng sebenarnya sangat berbeda dengan Kekapi. Instrumen dawai Jawa tradisional ini lebih kecil dan hanya memiliki 7 dawai.

Rebab

Alat Musik Jawa Barat
Sumber gambar: Silontong

Dipercayai bahwa alat Rebab telah ada sejak abad ke-9 Masehi. Pada waktu itu, alat musik tradisional ini menghantam daratan Sundu melalui pedagang Timur Tengah yang mengunjungi Indonesia. Instrumen ini awalnya terbuat dari tembaga dengan dua hingga tiga senar. Sekarang trine terbuat dari sejumlah besar kayu.

Baca Juga Alat Musik Tradisional Banten

Cara memainkan alaat musik tradisional di Jawa Barat dicuri seperti biola. Secara umum, Rebab dimainkan dengan sejumlah instrumen Gamelan lainnya untuk mengiringi berbagai pertunjukan seni tradisional.

Tarawangsa

Alat Musik Jawa Barat
Sumber gambar: Jendela Informasi

Tarawangsa dimainkan sebagai alat musik tradisional Sunda dan merupakan salah satu instrumen Sunda lama. Instrumen ini sendiri direkam dalam naskah ke-18 Sevak Darma.

Ini memiliki dua senar, instrumen ini dimainkan dengan melakukan satu senar dan memeriksa senar lainnya untuk menjaga harmoni suara. Instrumen tradisional Jawa Barat ini sering memainkan instrumen Jawa.

Demikianlah artikel diatas dari ruangbimbel.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih