1 Kilogram Berapa Ons

Diposting pada

1 kg berapa ons? 1 ons berapa kg? 1 ons berapa gram? Apa itu Ons? Ons adalah satuan massa yang memiliki berbagai macam definisi, hal ini tergantung dari sistem satuannya. Lebih lengkapnya langsung saja simak Materi Penjelasan 1 Kilogram Berapa Ons, ini beserta ulasan lengkapnya dibawah ini.

1 Kg Berapa Ons

Satuan berat dasar menurut sistem internasional (SI) adalah gram. Di mana unit lain seperti kilogram, hektogram, decagrams, dan unit lainnya berasal dari unit dasar ini.

Selain satuan berat berbasis gram, ada juga yang disebut satuan ons di Indonesia.

Apa itu kg? Kg (Kilogram), adalah satuan kilogram (kg) satuan massa / berat dalam sistem internasional (SI).

Baca Juga Energi dan Perubahannya

Apa itu Ons? Ons adalah Unit massa dengan definisi yang berbeda, ini tergantung pada sistem unit.

Kata ons itu sendiri berasal dari kata Latin uncia, unit pengukuran yang sesuai dengan dua belas dua belas pound. Oun, yang dikenal di Indonesia, diwarisi dari Belanda, yang setara dengan 100 gram.

Satuan ons yang biasa digunakan di Indonesia sesuai dengan satuan metrik karena tidak mengacu pada “ons” tetapi ke versi “metrik ons” dari avoirdupois internasional.

Seperti di atas, ons pertama kali diperkenalkan oleh Belanda ketika mereka masih berkuasa di Indonesia. Di Belanda, unit “ons” digunakan, yang ditulis tetapi diucapkan sebagai “ons”, yang sesuai dengan 100 gram.

Satuan ons yang awalnya diperkenalkan oleh Belanda sebagai satuan berat masih digunakan hari ini (di Indonesia). Namun, pada kenyataannya, dalam satuan sistem internasional (SI) ada satuan yang sama atau dengan kata lain nilai ekuivalen dalam ons, yaitu hektogram (hg).

Jadi, 1 ons = 1 hg, tetapi bahasa yang sering digunakan atau bahasa sehari-hari sangat sering digunakan untuk mengekspresikan berat benda, yaitu benda yang beratnya kurang dari 1 kg.

Sementara itu, satuan hektogram jarang atau tidak digunakan dalam bahasa sehari-hari, kecuali dalam pendidikan ilmiah dasar.

1 ons = 100 gram

Didefinisikan bahwa 1 ons setara dengan 100 gram. Dalam satuan sistem internasional (SI), 1 ons setara dengan 1 hektogram (hg).

1 kg = 10 ons
Karena 1 kilogram (kg) setara dengan 1.000 gram dan 1 ons = 100 gram, maka, 1 kilogram (kg) = 1.000/100 ons = 10 ons.

Konversi Satuan Ons

Sebelumnya telah dibahas bahwa nama satuan ons memiliki nama resmi pada sistem metrik yaitu hektogram. Di mana 1 ons = 1 hg = 100 gram. Tabel berikut menunjukkan kesetaraan satuan ons dengan satuan bobot sistem metrik lainnya.

Satuan Ons ke Satuan Berat Sistem Metrik Lainnya
1 Ons 0,1 kilogram (kg)
1 Ons 1 hectogram (hg)
1 Ons 10 decagram (dag)
1 Ons 100 gram (g)
1 Ons 1.000 decigram (dg)
1 Ons 10.000 centigram (cg)
1 Ons 100.000 milligram (mg)

Table 2

Satuan Berat Sistem Metrik Lainnya ke Satuan Ons
1 kilogram (kg) 10 Ons
1 hectogram (hg) 1 ons
1 decagram (dag) 0,1 ons
1 gram (g) 0,01 ons
1 decigram (dg) 0,001 ons
1 centigram (cg) 0,0001 ons
1 milligram (mg) 0,0001 ons

1 hg berapa ons?

1 hectogram (hg) = 1 ons

1 ml berapa ons?

1 milligram (mg) = 0,0001 ons

1 gram berapa ons?

1 gram (g) = 0,01 ons

Demikianlah artikel 1 Kilogram Berapa Ons diatas dari ruangbimbe.co.id. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih